Makin Seru dan Produktif dengan Ide Desain Interior Kantor Ini!

Hasil survei menunjukkan bahwa 87 persen pekerja muda lebih sering berpindah perusahaan dibandingkan pekerja yang lebih dulu berkecimpung di dunia pekerjaan. Biasanya para pekerja muda (first jobber) yang berusia 18-24 tahun akan berpindah perusahaan sebanyak lima kali dalam kurun enam tahun (Kumparan, 2017). Dan seperti yang kita tahu, generasi muda memiliki beberapa karakteristik, yang salah satunya adalah menyukai kebaruan dan lingkungan yang menyenangkan untuk bekerja. Kepuasan kerja sangat berhubungan dengan produktivitas dalam melakukan pekerjaan. Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keduanya?

Salah satu solusinya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang menarik dan kreatif dengan desain interior! Ingin tahu desain interior apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan para pekerja? Yuk intip inspirasi di bawah ini!

Entertaining Room untuk Melepas Penat

(sumber: blog.iroda.hu)

Bekerja dalam kurun waktu 7-8 jam pastinya akan membuat para pekerja mencapai titik jenuh mereka. Sediakan entertaining room atau break room di mana para pekerja bisa berkumpul satu sama lain untuk melepas penatnya. Untuk desain ruangan, pilih warna-warna cerah yang menyegarkan, sentuhan warna hijau tanaman dan juga konsep open window agar pekerja tidak bosan dengan sekat dinding di sekitar mereka. Tambahan sport corner juga merupakan ide bagus! 

Open Pantries untuk Para Pekerja

(sumber: interiordesignideas.com)

Untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja, pekerja harus ditreat dengan baik secara fisik maupun psikologis. Dalam hal fisik, free food in pantries adalah salah satu solusinya! Dengan konsep desain open dan modular, para pekerja akan lebih terasa nyaman seperti di rumah. Perusahaan dapat menyediakan snack, buah-buahan, kopi dan juga makanan siang dalam bentuk packed meal. Charge energi mereka untuk kerja yang lebih produktif!

Ide Keren dari Ruangan Keren

(sumber: novakbirch.com | pinterest.com)

Para pekerja dituntut untuk berkolaborasi dengan rekannya dan menghasilkan ide-ide baru untuk memajukan perusahaan. Sebagai gantinya, perusahaan bisa menyediakan ruangan untuk brainstorming yang menyenangkan bagi para pekerja. Mulai dari ruangan yang penuh dengan corak dan warna untuk merangsang kreativitas hingga ruangan full white board sebagai tempat para pekerja menuangkan aspirasinya. Di ruang tersebut pekerja bisa saling berdiskusi dan menyampaikan ide-ide keren mereka!

Ruang Pertemuan yang ‘Next Level

(sumber: meetmrholland.wordpress.com)

Ruang meeting pada umumnya memberikan kesan serius dan monoton, yang membuat para pekerja sebenarnya enggan untuk mengikuti pertemuan apapun. Bagaimana dengan mencoba memuat ruang meeting yang lebih playful? Dengan ruangan yang lebih hidup dan lebih memberikan kesan nyaman, diskusi dan penyampaian pesan akan semakin lancar dan tidak membosankan.

Meja Kerja Kreatif

(sumber: livinator.com)

Meja kubikel yang membosankan dan monoton bisa diganti dengan meja kubikel baru yang lebih bervariasi dan menarik. Contohnya meja kubikel berbentuk huruf yang membuat setiap meja berbeda-beda bentuknya. Konsep ini paling sesuai digunakan untuk kantor yang memiliki konsep open space seperti startup. Kelilingi pekerja dengan hal-hal yang kreatif untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan kepuasan kerja mereka!

Ruangan dengan Sentuhan Hijau

(sumber: inhabitat.com)

Sudah pernahkah Anda mendengar istilah ‘sick building syndrome’? Ini adalah keadaan di mana penghuni suatu bangunan merasa tidak nyaman dan tidak sehat setelah beberapa waktu di dalam bangunan. Untuk mengatasi hal ini terjadi di kantor, ‘ruangan hijau’ bisa menjadi salah satu solusi jitu! Sentuhan hijau dari tanaman dan juga sinar matahari membuat pekerja menjadi lebih segar dan tidak merasa suntuk dengan tembok-tembok yang mengelilinginya. Dengan pikiran yang segar dan fit, pekerjaan selesai tepat waktu dengan maksimal!

Sudut Santai Kantor

(sumber: livemint.com)

Seringkali, sudut santai menjadi tempat favorit di beberapa kantor. Di tempat ini para pekerja bisa lebih rileks untuk bekerja dan berdiskusi dengan rekannya. Ornamen seperti swing chair, sofa, dan bean bag yang dilengkapi dengan karpet yang nyaman bisa jadi ide yang bagus untuk sudut santai! Para pekerja tentunya semakin menyukai kantor dan pekerjaannya!

Sticker dan Wallpaper Inspiratif

(sumber: adorablehome.com)

Motivasi dalam bekerja adalah hal yang sangat penting, bukan? Ide pemasangan sticker ataupun wallpaper tipografi bisa menjadi pendorong pekerja untuk lebih produktif. Kedua elemen ini bisa dipasang di dinding ruangan, di belakang pintu, di setiap anak tangga ataupun area transisi tangga. Tingkatkan kepuasan kerja dengan hal-hal kecil yang memberikan inspirasi bagi para pekerja!

Bagaimana? Menarik bukan ide-ide di atas? Manjakan para pekerja untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal dan loyalitas dari mereka! Semoga artikel ini bermanfaat! Oh ya, jangan lupa memesan jasa desain interior di Sejasa untuk desain-desain menarik dan kreatif, ya! 

Butuh Jasa Desainer Interior Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.