Kerokan, Terapi Pijat Dengan Beragam Manfaat Kesehatan

manfaat kerokan

Cuaca yang tidak menentu dapat membuat kondisi tubuh rentan dan mudah terserang penyakit. Masuk angin adalah salah satu yang membuat tubuh tidak nyaman untuk melakukan kegiatan apapun. Untuk itu, Anda membutuhkan perawatan dengan segera. Sebagai orang Indonesia, Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah ‘Kerokan’. Kebanyakan orang seringkali melakukannya untuk mengatasi gejala masuk angin. Apakah Anda salah satu diantaranya? Ternyata ada beragam manfaat kerokan lainnya. Temukan penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Kerokan?

Kerokan adalah sebuah terapi pengobatan alternatif yang bermanfaat untuk mengatasi gejala masuk angin. Umumnya, kerokan dilakukan dengan metode menggaruk sambil menekan bagian permukaan kulit menggunakan minyak dan benda tumpul sebagai alat pengerok.

Budaya Kerokan

Sebelum dikenal oleh masyarakat saat ini, budaya kerokan sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Konon, para raja dan petinggi kerajaan banyak yang melakukan kerokan sebagai terapi kesehatan. Karena dirasa cukup manjur dan murah, terapi yang satu ini sangat digemari oleh kalangan raja.

Tidak hanya populer di Indonesia, kerokan juga digemari orang-orang di negara Asia lainnya. Di Vietnam, mereka menyebutnya sebagai cao gio. Warga Tiongkok meniliki teknik serupa yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, yaitu gua shua. Sedangkan di Kamboja, mereka menyebutnya dengan goh kyol.

Manfaat Kerokan untuk Kesehatan

Mengutip dari GNFI, berdasarkan Jurnal Cermin Dunia Kedokteran oleh Didik Gunawan Tamtomo, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, disebutkan ada empat manfaat kerokan yaitu:

  1. Mampu meningkatkan sistem imunitas spesifik pada tubuh, sehingga bisa bertahan lebih baik terhadap infeksi.
  2. Meningkatkan hormon endorfin, sehingga menimbulkan efek segar, nyaman, dan rasa senang.
  3. Mengurangi rasa nyeri neuropatik akibat gangguan saraf dan nyeri yang terjadi dalam organ tubuh.
  4. Meningkatkan efek regenerasi sel dan menurunkan efek berlebih, seperti adanya cedera tambahan.
    Selain itu, kerokan juga memberikan manfaat yang telah diteliti oleh medis seperti:

    – Mengatasi sindrom perimenopause
    Perimenopause adalah beberapa waktu sebelum terjadinya menopause. Pada periode ini, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dalam darah, sehingga menyebabkan beberapa keluhan seperti mudah berkeringat, menstruasi tidak teratur, nyeri otot dan tulang, mudah lelah, hingga susah tidur.

Pesan Layanan Kerokan di Sejasa

Kini terdapat layanan tambahan kerokan pada layanan massage di Sejasa. Jadi, selain mendapatkan layanan body massage, reflexology, scrub, dan face acupressure, Anda juga bisa memesan layanan kerokan untuk menyegarkan tubuh.

Dengan memesan layanan massage Sejasa, Anda tidak perlu lagi keluar rumah. Cukup melakukan pemesanan melalui aplikasi Sejasa atau web sejasa.com, isi kebutuhan jasa, dan mitra kami akan datang ke alamat Anda. Sangat mudah, cepat, dan praktis.

Mitra yang akan melayani Anda adalah terapis yang berpengalaman dan profesional. Hanya terapis berjenis kelamin yang sama dengan customer lah yang bisa memberikan layanan massage di Sejasa. 

Apakah Anda sedang membutuhkan jasa pijat termasuk kerokan? Pesan layanan Massage Sejasa sekarang!

manfaat kerokan
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.