tempat penyimpanan

10+ Inspirasi Tempat Penyimpanan Kreatif untuk Atasi Ruangan Kecil

Memiliki ruangan yang kecil dan minim kadang membuat Anda bingung dan tidak punya pilihan untuk mengkreasikan tempat penyimpanan barang-barang kebutuhan. Apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga dan punya anak, tentu permasalahan minimnya ruang penyimpanan jadi hal yang memusingkan.

Pada artikel ini, tim Sejasa akan memberikan inspirasi dan trik tempat penyimpanan kreatif yang bisa diterapkan untuk mengatasi minimnya ruangan. Mulai dari area ruangan keluarga, kamar tidur, hingga dapur.

Inspirasi Tempat Penyimpanan di Area Keluarga

Memberi sekat antar ruangan dengan rak buku

tempat penyimpanan
trg
Anda bisa menggunakan rak buku atau rak penyimpanan untuk memberi batas antara ruangan satu dan ruangan lainnya. Supaya terlihat estetik dan fungsional, letakkan pajangan unik, frame foto keluarga atau pot-pot bunga pada rak tersebut.

Rak gantung di dinding sekitar TV

Untuk menghemat ruang, Anda bisa membuat rak gantung di sekitar dinding televisi. Ini akan membuat ruang tv lebih fungsional dan terlihat estetik.

Gunakan kursi dengan rak dan laci penyimpanan

tempat penyimpanan

Penataan sofa atau kursi dibawah jendela yang lebar bisa menjadi sebuah spot  menyenangkan untuk membaca buku. Anda bisa terapkan ide ini karena bisa menghemat ruang, dengan memanfaatkan bagian bawah kursi sebagai laci penyimpanan buku atau barang-barang penting lainnya.

Kursi sebagai wadah penyimpanan mainan

tempat penyimpanan
bhg

Desain yang menarik dengan warna atraktif pada ruang bermain pasti akan jadi daya tarik bagi anak. Namun, jika hunian Anda tidak memiliki ruang bermain tidak masalah. Anda bisa menerapkan desain yang menarik pada ruang tamu atau ruang keluarga. Anda dapat memilih tampilan kursi bermotif grafiti dan karya seni neon. Kemudian buatlah lemari dan rak built-in di bawah bangku sehingga akan menjaga mainan anak tetap rapi dan teratur.

Manfaatkan sudut ruangan

tempat penyimpanan
amazon

Sudut ruangan biasanya menjadi spot kosong dan tidak dihiraukan. Namun, Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan dengan menambahkan rak penyimpanan dan memeberikan beberapa sentuhan dekorasi agar terlihat cantik dan menarik.

Manfaatkan ruang di bawah tangga

Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, gunakanlah ruang di bawah tangga unuk penyimpanan barang-barang kebutuhan rumah tangga atau mainan anak. Anda bisa juga memodifikasi area bawah tangga menjadi rak buku atau lemari penyimpanan kebutuhan rumah.

Inspirasi Ruang Penyimpanan di Kamar Tidur

Manfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur

Manfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur dengan kotak penyimpanan. Atau Anda bisa meng-custom tempat tidur dengan laci-laci penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang.

Pasang rak bertingkat

Untuk menghemat ruang di kamar, Anda bisa memasang rak dinding yang membentang satu baris sekeliling kamar. Anda bisa meggunakannya dengan menyusun buku, aksesoris, dompet, atau pajangan-pajang lain yang terdapat di kamar.

Cermin multifungsi sebagai penyimpanan aksesoris

Untuk inspirasi yang satu ini, cermin tidak hanya berfungsi untuk bercermin, tapi juga menyimpan aksesoris. Cermin multifungsi seperti ini bisa diletakkan pada pintu lemari atau pada pintu masuk kamar Anda.

Pasang rak di sudut kamar

Daripada meletakkan kursi di sudut ruangan, lebih baik Anda memasang rak sudut. Pada rak ini, Anda bisa menggantungkan pakaian-pakaian favorit seperti scarf, topi, atau aksesoris lainnya yang sering dipakai agar mudah mengambilnya.

Inspirasi Ruang Penyimpanan di Dapur

Tempat penyimpanan talenan, alat baking

Ide yang satu ini sangat menarik untuk Anda yang memiliki beragam peralatan dapur yang berukuran serupa. Tempat penyimpanan ini dilengkapi dengan pemisahan slot vertikal untuk mencegah tumpukan talenan, cetakan, dan alat baking lain yang berantakan. Semua peralatan Anda akan tersimpan lebih teratur, rapi dan efisien.

Kompartemen untuk penyimpanan bumbu-bumbu masakan

pinterest

Wadah penyimpanan bumbu-bumbu, rempah-rempah masakan Anda bisa ditata dengan rapi dengan adanya kompartemen seperti gambar di atas. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengambilnya saat dibutuhkan untuk memasak.

Ruang tersembunyi untuk menggantung panci

Beberapa orang senang memajang panci dan wajan penggorengan di dapur agar mudah terlihat. Namun, jika Anda tidak senang akan hal itu, buatkan ruang tersembunyi pada bagian laci bawah dapur. 

Tambahkan tirai untuk menutupi bawah wastafel

bhg

Ketika ruang di bawah wastafel dapur terbuka dan Anda merasa tidak ingin mengeluarkan biaya untuk custom, maka gunakan tirai. Anda bisa menambahkan pengait untuk menggantung barang-barang lainnya. Atau Anda juga bisa memasang pengait ke rak apung untuk memanfaatkan bagian bawah dan menyelamatkan dinding dari kerusakan.

Penyimpanan untuk perlengkapan kebersihan

masterbrand.com

Memiliki tempat penyimpanan khusus alat kebersihan tentu hal yang menyenangkan. Anda bisa menatanya di satu tempat yang sama, dan menyusunnya sesuai jenis. Misal, untuk produk pembersih lantai di satu rak, begitupun dengan pembersih piring dan pembersih kaca. Jangan lupa, sapu dan kemoceng juga bisa digantung dengan rapi.

Itulah inspirasi untuk Anda mengenai tempat dan ruang penyimpanan di ruang keluarga atau ruang tamu, kamar tidur, serta dapur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung cara mengatasi minimnya area penyimpanan pada rumah yang tidak begitu luas. Terapkan inspirasi dari Sejasa dan lihat sendiri hasilnya!

Jika Anda sedang membutuhkan jasa pertukangan seperti jasa tukang pipa, tukang cat, tukang listrik, atau perbaikan area tertentu di rumah, serahkan pada Sejasa. Anda bisa buat pesanan melalui website Sejasa.com atau aplikasi mobile Sejasa.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.