Inspirasi Dekorasi Coastal yang Santai Ala Pantai 

Pandemi bikin kangen main ke pantai? Tak masalah! Yuk, bawa suasana pantai ke dalam rumah dengan dekorasi coastal/nautical. Gaya pantai yang hangat, terbuka, dan kombinasi warna terang nan segar mudah untuk diaplikasikan ke rumah. Apa saja pernak-pernik yang diperlukan?

Sebelum mulai mendekorasi, coba sesuaikan dengan dasar gaya rumahmu. Setelah itu, ketahui konsep dekorasinya agar kombinasinya pas. Kamu tetap bisa memadukan dekorasi ala pantai ke hunian minimalis, farmhouse, bohemian, dan lain-lain. 

Tentukan warna gaya pantai 

dekorasi coastal nautical
Life on Cedar Lane

Mungkin warna yang terbesit di kepala saat memikirkan dekorasi bertema pantai dan laut adalah biru dan hijau. Tidak salah, kok. Namun, kedua warna ini menjadi pemanis dari warna dasar netral. Warna netral yang dapat dipakai misalnya, putih, abu-abu, dan krem yang menyerupai warna pasir pantai. Aplikasikan warna netral pada perabot besar serta dinding. 

Kalau Anda termasuk orang penyuka sunset di pantai, tambahkan unsur warna oranye atau kuning untuk mengingatkan Anda pada indahnya langit sore di pantai.

dekorasi coastal nautical
House Beautiful on Completely Coastal

Warna biru gelap atau biru dongker jadi pilihan warna yang patut Anda pertimbangkan. Biru dongker bisa dipadukan dengan warna putih lalu beri sentuhan warna coklat dari perabot berbahan kayu.

dekorasi ruang tengah
Carolyn Thayer Interiors

Ruangan yang rapi dan terbuka

nautical coastal pantai
Harper’s Bazaar

Angin pantai yang berhembus lembut menyapu kulit membuat kita rindu akan suasana alam aslinya. Untuk mewujudkan kesan yang sama, penempatan interior perlu disiasati. Ini dilakukan agar ruangan tidak terasa sempit sehingga memungkinkan udara segar terus mengalir layaknya di pantai.

Furnitur dari kayu

furnitur kayu ayunan
Pure Salt Interiors

Bayangkan pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai lalu bayangkan bagaimana cara membawa elemen ini ke dalam rumah. Jawabannya adalah furnitur dari kayu. Mebel kayu cocok menjadi dekorasi gaya coastal. Oh ya, masukkan perabotan rotan dalam daftar furnitur Anda. Elemen kayu memberikan kesan sederhana, hangat, dan nyaman. 

jasa bangun rumah minimalis

Tekstur natural

Sisal Rug karpet
Decorpad

Sebagai tambahan dari furnitur kayu pada poin sebelumnya, Anda dapat menambahkan unsur alami lain untuk memperkuat kesan alami dalam ruangan. Benda-benda yang dibuat dari anyaman tumbuhan jadi aksesori cantik. Tekstur ini bisa didapat dari material kayu, rami/goni, dan sisal. Karpet atau keranjang anyaman dapat diletakkan dalam ruangan tema ini.

Pola garis-garis

pola dekorasi garis-garis
Completely Coastal

Stripes atau pola bergaris merupakan salah satu elemen pemanis dekorasi nautical. Meski hanya berupa garis sederhana, tampilan rumah menjadi lebih sempurna apalagi warna dari garis-garisnya yang mampu menarik perhatian. Selain mampu diaplikasikan pada perabot, pola ini kerap dijadikan teknik pengecatan.

Aksesori dari pantai

aksesori coastal nautical
French Country Cottage
dekorasi nautical coastal
Shades of Blue Interiors

Nah, ini elemen yang membuat suasana laut semakin kental. Pernak-pernik yang biasa dipakai seperti kulit kerang, kapal, bintang laut, botol kaca, dan sebagainya. Kalau Anda ingin dekorasi besar, gunakan papar surfing, dayung kayu, lukisan pantai yang besar, dan masih banyak lagi. Aksesori tersebut dapat menjadi pajangan di dinding, atas meja, atau dalam lemari/rak. 

jasa bangun rumah minimalis

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.