Ini 9 Tips Terpenting dalam Memilih Wedding Planner yang Tepat untuk Anda!

Berbicara tentang persiapan pernikahan: berbicara tentang wedding planner. Seperti yang kita ketahui, jasa wedding planning sedang laris manisnya di kalangan pasangan masa kini. Beberapa menggunakan wedding planner karena tidak mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan pernikahannya; beberapa menyewa wedding planner karena terlalu malas untuk berhubungan dengan vendor yang terlalu banyak; dan tidak sedikit juga pasangan yang menggunakan wedding planner sekedar untuk memberikan masukan konsep dan membantu dari persiapan hingga hari pernikahan.

Permasalahannya, pilihan untuk menggunakan wedding planner dapat berujung pada dua hal bagi pernikahan Anda: kesuksesan atau kegagalan. Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan wedding planner, sebaiknya Anda memilih wedding planner yang paling tepat yang dapat menyelamatkan dan memberikan kesan baik bagi pernikahan Anda. Tidak tahu bagaimana caranya? Tenang, future bride and groom! Sejasa sudah menyiapkan tips terbaik dalam memilih wedding planner! Yuk, simak lebih lanjut!

Ketahui Pengalaman dari Calon Wedding Planner

(sumber: ourweddingideas.com)

First thing first, sebelum Anda mengadakan meeting dengan calon wedding planner Anda, sebaiknya Anda melihat portofolio mereka terlebih dahulu dari sumber yang bisa Anda gunakan. Anda dapat mengobservasi website, akun media sosial atau sumber lainnya. Pastikan apakah calon wedding planner Anda ini sudah berpengalaman dalam bekerja dengan klien. Ini adalah PR pertama Anda sebelum menemui calon wedding planner!

Tanyakan Lingkup Jasa yang Ditawarkan Wedding Planner

(sumber: blog.qceventplanning.com)

Jika Anda sudah memiliki beberapa kandidat wedding planner, Anda bisa mencari tahu layanan yang disediakan mereka dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pernikahan Anda. Biasanya masing-masing wedding planner memiliki package tersendiri yang bisa Anda pilih, mulai dari perencanaan konsep, perencanaan anggaran, pengadaan kontak dengan vendor, hingga paket menyeluruh dari awal persiapan hingga hari pernikahan. Utamakan wedding planner yang menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan pernikahan Anda.

Lihat Review dari Pengguna Wedding Planner Sebelumnya

(sumber: startalentinc.com)

Di era digital yang serba online-based, Anda dapat melihat seluruh unggahan ulasan yang pernah diberikan oleh pengguna suatu brand, termasuk wedding planner! Pasangan yang puas dengan kinerja wedding plannernya biasanya akan membagi pengalaman positifnya kepada orang lain. Tentu saja Anda dapat menemukan banyak review untuk setiap wedding organizer di Sejasa.com.

Sesuaikan dengan Anggaran Anda

(sumber: warwickhouse.com)

Persoalan biaya seringkali menjadi persoalan yang tricky. Setiap wedding planner akan memberikan biaya charge yang bervariasi satu sama lain tergantung pengalaman dan layanan yang mereka berikan. Anda dan pasangan sebaiknya mencari wedding planner yang sesuai dengan anggaran, tapi tetap dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi Anda. Tips selanjutnya, Anda juga bisa membuat estimasi anggaran dari kebutuhan-kebutuhan acara pernikahan Anda dan mencapai kesepakatan dengan calon wedding planner Anda.

Pilih Wedding Planner yang Sesuai dengan Style Pernikahan Anda

(sumber: julietennis.com | pinterest.com)

Masing-masing pasangan tentunya memimpikan wujud pernikahan yang berbeda-beda. Jika Anda sudah memiliki beberapa kandidat wedding planner, pastikan mereka dapat mewujudkan style pernikahan yang Anda inginkan. Beberapa wedding planner terbiasa melayani pernikahan dengan tema glamor dan beberapa lebih terbiasa dengan tema fun dan chic. Anda dan pasangan lebih menyukai yang mana?

Bekerja dengan Tim yang Bekerja sebagai Full Timer Wedding Planner

(sumber: weddingplanningmasterclass.com)

Naiknya jasa wedding planning membuat banyak orang mencoba untuk mengikuti dan menyediakannya. Bahkan beberapa orang yang sudah memiliki pekerjaan juga mencoba menyediakan jasa ini sebagai pekerjaan sekunder. Ketika Anda sudah bertemu dengan calon wedding planner, pastikan mereka bekerja secara full-time di bidang wedding planning. Dengan demikian, Anda dapat selalu mengandalkan mereka untuk membantu menghandle masalah Anda kapanpun. Mereka akan siaga 24/7 untuk Anda!

Pilih Wedding Planner yang Mempunyai Banyak Koneksi

(sumber: blushweddingphotography.org)

Hal lain yang perlu Anda lihat dalam memilih wedding planner adalah seberapa banyak koneksi mereka dengan vendor yang dapat membantu di hari pernikahan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menghandle seluruh perlengkapan mulai dari catering, baju pengantin, dekorasi, desain undangan, venue, Anda butuh wedding planner yang memiliki kontak dan hubungan dengan berbagai vendor. All in one, Anda tidak perlu repot lagi!

Ketahui Berapa Banyak Job yang Akan Dipegang Calon Wedding Planner

(sumber: pinterest.com)

Jangan lupa, untuk menanyakan schedule dari calon wedding planner Anda! Jika kalendarnya sudah terisi banyak tanda, Anda sebaiknya mencari wedding planner yang lain. Utamakan wedding planner yang memiliki slot yang renggang beberapa waktu menjelang pernikahan Anda. Pastikan planner Anda hanya akan fokus membantu Anda dan memberikan performance yang maksimal untuk mewujudkan pernikahan impian Anda!

Gunakan Wedding Planner yang Suportif bagi Anda

(sumber: auxilia.pl)

Last but not least, ingat bahwa Anda akan bekerja dengan wedding planner selama berbulan-bulan lamanya untuk mempersiapkan pernikahan Anda. Hal ini mungkin terkesan sederhana, tapi mencari partner kerja yang suportif dan membuat nyaman adalah hal yang sangat penting. Anda akan merasa tidak nyaman jika meminta bantuan dari orang yang ternyata tidak klop dengan Anda. Pilihlah wedding planner yang suportif terhadap ide dan konsep Anda dan selalu memberikan yang terbaik untuk Anda dan pasangan!

Apakah saat ini Anda sudah mempunyai bayangan lebih jauh? Coba terapkan tips-tips ini jika Anda akan menyeleksi beberapa calon wedding planner, dan Sejasa berharap Anda akan menemukan partner wedding planner terbaik! Happy wedding and happy hunting! 

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.