Ini Dia Solusi Jenius dan Ramah Kantong untuk Menghemat Ruangan!

Kekurangan tempat untuk menyimpan barang bisa jadi merupakan masalah kebanyakan pemilik rumah. Ruang yang tersedia tidak dapat menampung banyaknya barang-barang dan peralatan dari tiap-tiap anggota keluarga. Tentunya, semua orang akan mencari solusi untuk menghemat ruangan di rumahnya. Akan tetapi, jika solusi ini ternyata mendorong pengeluaran yang semakin tinggi, justru masalah baru yang akan muncul! 

Oleh karena itu, Sejasa telah menyiapkan beberapa solusi dan ide untuk menghemat ruangan yang tentunya budget friendly! Ingin tahu lebih rinci? Mari simak beberapa poin ide berikut!

Memasang Hook Hanger di Dinding

(sumber: freshome.com)

Menggunakan hook hanger mungkin sudah menjadi ide klasik bagi orang-orang yang mengalami masalah kekurangan space. Namun, kebanyakan menggunakannya hanya untuk menggantung pakaian atau aksesoris seperti topi. Padahal, hook hanger juga bisa dipasang di ruangan mana pun dan digunakan untuk menggantung banyak hal, mulai dari tas, kunci, sepatu hingga perabot dapur! Yuk, coba ide ini! 

Susun Barang-Barang di Lantai

(sumber: tuorganizas.com)

Belum tentu barang-barang yang diletakkan di lantai akan membuat ruangan terlihat berantakan. Jika disusun dengan rapi dan diletakkan dengan tepat, beberapa barang biasa seperti buku justru bisa menjadi ornamen unik bagi ruangan. Tidak perlu pusing memikirkan di mana harus menyimpan buku-buku ini, bukan?

Gunakan Warna Putih

(sumber: pinterest.com)

Jika ruangan terlihat sempit, terlalu ramai dan ‘tidak bernafas’, simply use white! Seperti yang sudah kita ketahui, warna putih akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas. Warna putih juga memberikan look yang clean dan tidak membuat pusing sekalipun ada banyak barang atau perabot di dalam ruangannya. 

Manfaatkan Setiap Space Kecil

(sumber: cleanline-ufa.ru)

Prinsip utama dalam space saving adalah: manfaatkan setiap space yang tersedia! Jika Anda cermat untuk menyadari ruangan-ruangan di sekitar Anda, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperluas rumah atau membuat tempat penyimpanan yang terlalu besar di rumah. Manfaatkan setiap sudut ruangan di rumah untuk dijadikan tempat penyimpanan barang-barang Anda. Anda hanya membutuhkan rak kayu kecil dengan harga terjangkau atau hook hanger.

Ciptakan Perabot Multifungsi

(sumber: celestialdelish.com)

Bagi Anda yang mempunyai cukup banyak waktu untuk mengutak-atik barang-barang di rumah, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat perabot multifungsi Anda sendiri. Contohnya yaitu meja yang dilekatkan ke dinding ini. Selain menghemat tempat, bisa dijadikan meja sekaligus rak, Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak biaya karena Anda dapat menggunakan material yang ada seperti papan triplek atau papan kayu sisa.

Kreasikan Partisi yang Unik

(sumber: bossandsons.com)

Terkadang, Anda akan menjadi kreatif ketika Anda dihadapkan dengan berbagai masalah. Coba uji kreativitas Anda dengan membuat partisi ruangan versi Anda dan keluarga! Tak perlu sekat dinding, Anda bisa menggunakan banyak hal untuk memisahkan ruangan dan menghemat banyak tempat. Kreasikan partisi dengan tirai, beads, bambu bekas atau material lain di sekitar Anda!

Ruang Keluarga Tanpa Sofa

(sumber: architecturaldigest.com)

No sofa, no problem! Anda tetap bisa bersantai dengan keluarga dengan furnitur ala-ala yang tentunya menghemat tempat dan biaya. Daripada menggunakan sofa, Anda bisa mencoba menggunakan matras bermotif, bantal-bantal kecil dan karpet yang nyaman. Suasana di ruang keluarga pun akan semakin terasa hangat dengan gaya Bohemian ini!

Buat Rak di Perimeter Dinding

(sumber: loreleimagazine.com)

Anda juga bisa memanfaatkan bagian perimeter dinding ruangan Anda dengan menambahkan rak panjang dari bahan yang Anda miliki. Selain menjadi tempat penyimpanan baru, rak ini justru membuat ruangan di rumah Anda lebih beraksen dan unik! 

See? Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyelesaikan masalah kekurangan ruang di rumah Anda. Anda hanya perlu menjadi kreatif dan menyadari ‘ruangan-ruangan’ di rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Butuh Jasa Desainer Interior Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.