furniture kayu

Ini 8 Cara Merawat Furniture Kayu di Musim Hujan

Datangnya musim hujan membuat pemilik rumah harus bersiap akan banyak hal. Tidak hanya kemungkinan kebocoran atap dan kerusakan dinding, tapi juga kerusakan furniture dan barang berharga lainnya. Untuk itu, merawat furniture kayu adalah salah satu hal yang harus dilakukan karena benda yang satu ini sangat rentan cuaca.

Tips Merawat Furniture Kayu di Musim Hujan

Beri Sedikit Jarak

Saat musim hujan, keadaan rumah akan cenderung lembab. Terutama pada area di sekitar dinding. Hal ini akan berdampak pada furniture kayu yang berada di dekat dinding dan jendela. Oleh karena itu, beri jarak antara posisi furniture kayu dengan dinding atau jendela sekitar 20 cm atau lebih. Cara ini mampu mengurangi jumlah kelembaban, membuat tekstur kayu pada perabotan rumah kering, dan tidak merusak interior rumah secara berlebihan.

Bersihkan dengan Kain Kering

merawat furniture kayu

Kebanyakan orang menggunakan selembar kain lembab untuk membersihkan barang-barang di rumah. Namun, hal itu tidak bisa diterapkan saat musim hujan mulai datang karena dapat merusak furniture. Selama musim hujan, gunakanlah kain kering dan bersih untuk menyeka permukaan furniture kayu.

Ventilasi

Interior rumah yang memiliki ventilasi adalah cara terbaik untuk mengatasi kelembapan dari ruangan. Tidak hanya itu, cara ini dapat membantu furniture kayu agar tetap terjaga karena pergerakan udara kering dari kayu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memiliki ruangan berventilasi silang dengan jendela terbuka, bila Anda ingin memastikan perawatan furniture kayu yang tepat.

Poles Ulang Furniture Kayu

merawat furniture kayu

Tergantung pada cat furniture, selalu aplikasikan pernis setidaknya setiap dua tahun sekali. Ini berguna untuk mengisi pori-pori dan meningkatkan usianya dengan mencegah pembengkakan kayu selama musim hujan. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan semprotan pernis yang tersedia di toko perabotan kayu terdekat.

Gunakan Kapur Barus

Kapur barus dapat digunakan untuk mengatasi kelembaban. Kandungan naphtalene pada kapur barus yang merupakan senyawa kimia memiliki bau khas dan terdeteksi oleh indra penciuman. Dengan begitu, kapur barus mampu menjauhkan hama. Sebagai upaya merawat furniture kayu, pastikan untuk memasukkan kapur barus ke dalam laci lemari Anda sebelum hujan tiba. Ini juga membantu menghilangkan bau lembab dalam lemari.

Gunakan Humidifiers atau Pelembab Udara

Bagi sebagian besar orang, furniture mampu merepresentasikan kenangan dan memori-memori indah. Kebanyakan furniture kayu yang Anda miliki pun sangat berharga dan harganya tidaklah murah. Untuk melindungi furniture kesayangan, pasanglah pelembab udara pada ruangan.

Keberadaan pelembab udara atau humidifiers berfungsi untuk mengatur suhu ruangan dan melindungi furniture dari kelembaban. Berinvestasi dengan humidifiers merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat furniture kayu di musim hujan.

Gunakan Teh dan Cuka

Jika Anda menemukan jamur yang mulai tumbuh di permukaan furniture, gunakanlah teh dan cuka untuk mengatasinya. Panaskan teh, kemudian beri sedikit cuka. Oleskan campuran ini pada permukaan yang terdapat jamur. Ini adalah salah satu cara menarik dalam perawatan furniture kayu di musim hujan.

Gunakan Daun dan Minyak Mimba

Kelembaban saat musim hujan membuat furniture kayu jadi lebih rentan terhadap keberadaan serangga. Untuk mengatasi masalah ini, campurkan minyak mimba, kapur barus, dan sedikit alkohol. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada area furniture yang dihinggapi serangga.

Itulah 8 cara merawat furniture kayu kesayangan Anda agar tidak rusak di musim hujan. Semoga bermanfaat!
Jika terjadi kerusakan pada area tertentu di rumah, Sejasa akan bantu atasi. Anda dapat membuat permintaan jasa melalui aplikasi Sejasa atau website sejasa.com.

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.