Hiasan 17 Agustus Atraktif di Rumah, Dijamin Unik!

Semangat merdeka! Sebentar lagi adalah hari ulang tahun Indonesia. Yuk, buat hiasan 17 Agustus di rumah dengan konsep merah putih. Tips ini bakal buat suasana meriah dengan tampilan unik, tidak sekadar pasang bendera saja. 

Fabric/paper bunting 

hiasan 17 agustus
Not on The High Street

Bunting adalah hiasan yang terbuat dari kain tipis, biasanya dari bahan kain bendera. Sifatnya ringan, mudah berikibar, tapi tahan terhadap tiupan angin. Bunting juga dapat ditemukan dari material kertas. 

Jika punya waktu lebih, Anda dapat membuatnya dari kertas atau kain. Kreasikan berbagai pola unik atau biarkan polos pun tak masalah. Kombinasikan warna putih dan merah saat pemasangan agar tampilan semakin semarak. 

Scrap fabric bunting 

scrap fabric bunting hiasan dekorasi
Etsy

Kalau sebelumnya berbentuk segitiga, yang ini berbentuk persegi panjang. Anda dapat memanfaatkan kain perca warna merah dan putih yang tidak terpakai. Potong ke dalam bentuk persegi panjang. Ikatkan pada seutas tali agar bisa digantung. 

Paper fan

dekorasi sambut hut ri
Table Cloths Factory

Hiasan dinding lainnya adalah kipas kertas. Pernak-pernik ini terbuat dari kertas yang dilipat seperti kipas dan dibentuk menjadi lingkaran. Selain atraktif karena campuran warna dan polanya, dekorasi ini mudah dibuat, dipasang, dan dilepas! Ajak anggota keluarga yang lain untuk membuat hiasan ini agar lebih semangat menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Hiasan meja makan

Hiasan sambut hut ri
Estilo escandinavo
alat makan merah putih
Sophistiplate

Meja makan Anda tidak luput untuk dipercantik. Gunakan taplak yang berwarna merah dan putih dengan susunan seperti yang Anda inginkan. Boleh juga memakai kain merah berpola polkadot seperti pada gambar dengan alas taplak berwarna putih.

Alat makan 

alat makan merah putih hiasan 17 agustus
Nellhills

Tak ada salahnya untuk menyiapkan alat makan dengan perpaduan putih dan merah pada hari perayaan 17 Agustus. Atur mangkuk, piring, gelas, sendok, garpu, serta pisau di meja makan sebelum menghidangkan makanan favorit keluarga.

Jika tidak memiliki peralatan makan dengan perpaduan warna tersebut, hias dengan pita, masking tape, atau warnai dengan cat tertentu agar semakin menarik!

Dessert corner

meja dessert hiasan 17 agustus
Hostess with The Mostess

Kalau Anda ingin dekorasi lebih ekstra, siapkan sudut khusus bertema merah putih seperti meja dessert ini. Meja putih, taplak merah, bunting dengan berbagai pola, hiasan kincir, dan tentu saja kudapan manis!

Boleh juga ditambahkan hiasan bertuliskan “Dirgahayu Republik Indonesia”, “HUT RI ke-75”, atau kutipan dari pahlawan Indonesia yang inspiratif.

Bunga tangkai merah putih

bunga merah putih
Main Florist

Kalau Anda penyuka bunga dan ingin memeriahkan perayaan ini dengan cara berbeda, maka bunga tangkai adalah solusinya. Pilihan bunga yang bisa Anda jadikan dekorasi tema  merah dan putih misalnya, mawar, Gerbera, Amarylis, Lily, dan sebagainya.

Dekorasi tempat tidur

kasur merah putih
Country Girl Home

Tempat tidur pun bisa didekorasi, lho! Gunakan sprei dan bed cover dengan dua warna itu, termasuk sarung bantal dan guling. Alternatif lainnya adalah dengan menggabungkan sarung bantal dan selimut warna merah pada sprei putih. 

Langit-langit 

dekorasi langit-langit 17an
Manda McGrath

Hias langit-langit rumah dengan model seperti pada gambar. Pakai pita atau kertas krep dengan warna merah putih yang terang. Langkah menghiasnya yaitu pertama, tempel ujung kertas/pita pada garis pertemuan tembok dengan plafon

Lalu, Tempel ujung lainnya pada titik lampu utama ruangan yang Anda hias. Dalam mendekor, buat agak kendor supaya muncul tampilan seperti atap tenda sirkus atau big top.

Lampion kertas

lampion kertas hiasan 17 agustus
Yahoo

Pernak-pernik lucu lainnya yang patut dijadikan dekorasi adalah lampion kertas. Anda dapat mengatur besar kecilnya ukuran lampion sesuai keinginan dan ruangan yang akan dihias. Tak hanya merah dan putih saja, Anda bisa menambahkan warna silver untuk kesan berkilau. Menarik bukan?

Makanan dan minuman

makanan minuman merah putih hiasan 17 agustus
Lemons and Lavender

Perayaan tak akan lengkap tanpa adanya kudapan. Anda dapat menyiapkan kudapan dengan tema warna merah-putih misalnya, cupcake, kue red velvet, kukis, puding, dan banyak lagi. 

Tak hanya makanan manis, Anda bisa juga memasak tumpeng dengan kombinasi warna merah putih. Hidangkan bersama lauk-pauknya seperti urap, telur, tempe tahu, perkedel, sambal, ayam goreng, dan lainnya. Tumpeng menjadi simbol ucapan syukur yang umum saat perayaan HUT RI. 

Untuk pendampingnya, sajikan minuman sehat dari buah naga dan sirsak. Tuang jus sirsak ke dalam gelas terlebih dulu, lalu tuang jus buah naga merah. Voila! Jus sehat merah-putih segarkan perayaan 17-an Anda!

Itu lah dekorasi bertema merah putih untuk memeriahkan HUT RI ke-75. Apa dekorasi favorit yang ingin Anda aplikasikan di rumah? Share ornamen yang Anda sukai lewat kolom komentar, ya!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *