Harga Emas Bulan Ini serta Penyebab Kenaikan Harganya

harga emas

Emas merupakan salah satu investasi yang dianggap lebih aman dibanding jenis investasi lainnya. Ini dianggap aman bagi beberapa orang yang kurang mengerti tentang investasi dan tidak ingin mengambil banyak resiko. Namun bagi Anda yang ingin berinvestasi, tentu harus mengetahui pergerakan harga emas yang sangat dinamis.

Penyebab Harga Emas Naik

Meski dinilai aman untuk investasi, namun karena harganya selalu naik turun sehingga Anda harus selalu update mengenai harga dari emas.

Ketidakpastian Global

Alasan pertama yang mendasari mengapa harga dari emas selalu naik turun adalah situasi yang terjadi di sekeliling Anda. Mulai dari situasi politik, ekonomi hingga krisis atau peperangan bisa membuat naik turunnya pergerakan emas. Jika suatu kondisi politik dan ekonomi suatu negara sedang kacau, maka biasanya emas bisa menjadi penyelamat karena saat kondisi tersebut harganya justru naik.

Namun perlu diketahui bahwa emas jadi pilihan yang tepat dari para investor ketika terjadi ketidakpastian ekonomi global. Apalagi emas memiliki nilai yang tetap terjaga meski terjadi inflasi atau deflasi dan emas juga tetap terjaga ketika krisis ekonomi. Permintaan untuk emas juga tidak akan berkurang meski ketersediaannya terbatas dan sedang krisis.

Penawaran dan Permintaan

Permintaan emas yang lebih besar ketimbang penawarannya apalagi dikalangan para ibu. Namun, ketika penawaran lebih besar daripada permintaan, maka harga emas justru akan turun. Anda perlu mengetahui bahwa ketersediaan emas  di dunia ternyata cukup terbatas. Emas dihasilkan tidak hanya dari proses pertambangan tapi juga proses daur ulang.

Maka dari itu, saat ingin investasi emas sebaiknya lihat pasar terlebih dahulu apakah permintaan sedang tinggi atau justru sedang turun. Pastikan Anda harus memilih membeli emas ketika harganya sedang turun agar bisa membeli dengan harga yang terjangkau dan menjualnya saat mahal.

Kebijakan Moneter

Emas harganya tentu juga berpengaruh dari kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat. Kebijakan moneter merupakan sebuah kebijakan untuk menaikkan dan menurunkan suku bunga. Ketika suku bunga turun, maka emas harganya naik dan sebaliknya.

Adanya Inflasi

Ketika inflasi semakin tinggi maka harga emas juga ikut naik menjadi sangat mahal. Alasannya tentu, karena masyarakat tidak ingin menyimpan aset berupa uang karena nilainya mudah hilang jadi lebih suka berinvestasi dalam bentuk emas. Saat emas semakin diminati maka harganya tentu akan semakin tinggi. Jangan pernah membeli emas saat harganya tinggi.

Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sedang lemah, maka harga emas di negara Anda Indonesia akan semakin tinggi. Juga sebaliknya jika nilai tukar rupiah sedang menguat, maka harga emas jadi cenderung turun. Dengan begitu Anda harus menyikapi pembelian emas apalagi untuk aset investasi secara bijak.

Ketika memilih investasi dengan emas, baik batangan ataupun dalam bentuk perhiasan, sebaiknya cari informasi harga terkini. Apalagi untuk emas dengan bentuk perhiasan karena punya banyak bentuk dan ada tambahan bebatuan membuat harganya jauh lebih beragam.

Harga Emas di Bulan April 2022

Per April  2022, harga emas 24 karat ukuran 1 gram dijual senilai Rp.995.000, diperkirakan mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya. Untuk emas logam mulia Antam berada di kisaran Rp 1 jutaan per gramnya. Begitupun dengan harga emas logam mulia Pegadaian yang berada di Rp 1 juta 50 ribu per gramnya.

Penting juga untuk mengecek kadar emas untuk jenis perhiasan emas karena kadarnya mulai dari 9 karat sampai 24 karat yang merupakan emas paling murni. Jika kadarnya tinggi, maka semakin mahal pula harga  dari emas pertimbangkan pula kadar emas ini ketika perhiasan tersebut nantinya akan dijual kembali di masa depan.

Temukan penyedia jasa rumah yang profesional dan berkualitas di Aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Penuhi kebutuhan jasa rumah Anda, mulai dari cleaning, servis AC dan elektronik lainnya, massage, pertukangan, renovasi rumah, dan banyak lagi hanya bersama Sejasa. Konfirmasi pemesanan cepat, mudah, dan praktis.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.