cara mengobati asam lambung

Ini Gejala dan Cara Mengobati Asam Lambung

Asam lambung terjadi ketika ada sekresi asam berlebih di kelenjar lambung perut, menghasilkan gas, bau mulut dan sakit perut. Biasanya ini terjadi karena terlalu panjang jarak antara waktu makan dengan perut kosong.  Apa saja yang menjadi gejala naiknya asam lambung dan bagaimana cara mengobati asam lambung?  Simak ulasan berikut ini.

Gejala Asam Lambung Naik

cara mengobati asam lambung
ilustrasi lambung

Mulut Terasa Asam

Gejala asam lambung yang pertama adalah mulut terasa asam. Jika asam lambung dari perut singgah ke belakang tenggorokan sampai mulut, biasanya mulut akan terasa asam atau pahit. Beberapa penderita terkadang juga merasakan rasa panas mirip terbakar pada tenggorokan dan mulut.

Heartburn

Heartburn merupakan gejala asam lambung kambuh yang paling sering dirasakan penderitanya. Perut kita secara alami telah terlindungi dari sifat korosif asam lambung. Namun apabila klep saluran pencernaan tidak berfungsi optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan dan menimbulkan heartburn.

Heartburn adalah rasa panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan yang dirasakan penderita heartburn yang dirasakan oleh penderita asam lambung mulai dari yang ringan sampai pada kondisi yang cukup menyakitkan.

Regurgitasi

Gejala asam lambung yang selanjutnya adalah regurgitasi, semacam perasaan ada cairan, makanan atau asam lambung yang bergerak ke atas kerongkongan. Beberapa penderita yang mengalami regurgitasi ini bisa sampai mengalami muntah. Bayi dan anak-anak yang terkena GERD bisa mengalami regurgitasi berulang.

Sakit Tenggorokan

Naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Penderitanya bisa mengalami radang tenggorokan, suara serak sampai sensasi timbul benjolan di tenggorokan.

Batuk Kering

Gejala asam lambung naik yang lainnya adalah batuk kering. Batuk kering karena iritasi tenggorokan yang disebabkan naiknya asam lambung ini sering dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Batuk berulang tersebut adalah sebagai reaksi alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari zat asing, termasuk asam lambung.

Cara Mengobati Asam Lambung

Cara mengobati asam lambung tidak selalu harus dengan obat kimia.  Sejumlah ramuan herbal memiliki manfaat untuk mengobati asam lambung dan sudah terbukti khasiatnya. Berikut cara mengobati asam lambung dengan ramuan herbal:

Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang dan secara alami dapat mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Cara penggunaan jahe untuk mengatasi gejala asam lambung adalah dengan menjadikannya minuman hangat. Selain jahe mentah yang digeprek atau diserut, Anda juga bisa menggunakan jahe bubuk yang banyak tersedia di pasaran.

Licorice atau Akar Manis

Licorice atau biasa juga disebut dengan akar manis, sudah lama dipakai untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan seperti nyeri ulu hati atau heartburn. Zat aktif yang terkandung di dalam tanaman ini disebut dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan peradangan atau luka dalam tubuh, termasuk karena asam lambung.

Teh Chamomile

Teh chamomile sudah lama digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual, muntah, serta secara tradisional dipercaya bisa mengatasi gangguan susah tidur.

Marshmallow

Daun serta akar tanaman marshmallow bisa digunakan untuk mengobati sakit maag, diare, konstipasi, peradangan pada lapisan lambung juga nyeri serta pembengkakan selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan. Marshmallow mengandung zat aktif yang dapat meredakan batuk dan membantu menyembuhkan luka, dengan mengurangi peradangan dan melawan mikroba tertentu. Selain itu, marshmallow juga membentuk lapisan pelindung pada kulit dan lapisan saluran pencernaan.

Itulah ulasan tentang gejala asam lambung naik dan cara mengobati asam lambung dengan ramuan herbal yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sering merasakan asam lambung naik. Jangan lupa terapkan cara-cara tersebut di rumah ya.

Temukan penyedia jasa rumah yang profesional dan berkualitas di Aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Penuhi kebutuhan jasa rumah Anda, mulai dari cleaning, servis AC dan elektronik lainnya, massage, pertukangan, renovasi rumah, dan banyak lagi hanya bersama Sejasa. Konfirmasi pemesanan cepat, mudah, dan praktis.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *