5 Penyebab Wastafel Mampet yang Harus Diketahui

wastafel mampet

Kerusakan yang terjadi pada perabot rumah tangga adalah hal yang paling meresahkan bukan? Wastafel adalah salah satunya. Tidak hanya berhubungan dengan keran air yang tidak menyala, tapi berkaitan dengan saluran wastafel mampet atau tersumbat. Hal ini tentu sangat meresahkan sekali, melihat fungsi dari wastafel sendiri yang setiap hari digunakan. Jika terjadi penyumbatan, maka akan mengganggu aktivitas Anda saat mencuci piring dan mencuci tangan di dapur.

Salah satu tanda wastafel Anda akan segera mampet adalah mengeluarkan bau tidak enak yang sangat menyengat. Hal ini dikarenakan beberapa kotoran yang sudah mulai menumpuk di saluran wastafel yang tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya.

Berikut telah dirangkum beberapa hal yang menjadi  penyebab wastafel mampet yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Wastafel Mampet

Sampah Sayuran dan Makanan

Hal pertama yang menjadi penyebab wastafel mampet adalah sisa sayuran dan makanan yang jatuh ke saluran pembuangan. Biasanya, sayuran yang selesai dicuci akan meninggalkan potongan-potongan kecil, begitu pula dengan sisa makanan.

Sisa Minyak Goreng

Sisa dari minyak goreng yang dibuang di wastafel juga bisa menjadi penyebabnya. Meskipun bentuknya cair, namun minyak memiliki sifat yang lengket dan mudah menempel. Selain itu, minyak yang dibuang di wastafel juga akan menjadi gumpalan lemak yang jika dibiarkan terus menerus akan mempercepat proses mampetnya saluran wastafel Anda.

Serangga

Serangga seperti kecoa dan laba-laba pun dapat menjadi pemicunya tersumbatnya saluran air. Wastafel yang kotor akan mengundang kecoa berdatangan. Hal ini juga memungkinkan kecoa untuk tinggal di saluran pembuangannya. Jika hal ini berlangsung lama, maka akan terjadi penyumbatan di dalamnya.

Lumut dan Kerak Air

Saluran wastafel yang  tidak pernah dibersihkan tentu akan mengakibatkan pertumbuhan lumut. Selain itu, karena dialiri air setiap hari, maka akan menimbulkan kerak yang disebabkan oleh kandungan batu kapur pada air.

Ukuran Pipa Tidak Sesuai

Ukuran pipa yang digunakan untuk wastafel khusus cuci tangan dan wastafel cuci piring tentu berbeda. Jika pada wastafel cuci piring Anda menggunakan wastafel berukuran kecil, maka besar kemungkinan wastafel akan mudah tersumbat.

Dampak Buruk yang Terjadi Akibat Wastafel Mampet

Munculnya Penyakit Diare

Penyakit diare muncul karena tempat yang kotor. Jika tumpukan cucian piring dan sebagainya Anda biarkan begitu saja, maka akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit ini muncul.

Mengakibatkan Penyakit Hepatitis A

Penyakit hepatitis A terjadi karena hewan terutama kecoa. Maka dari itu pastikan wastafel Anda terjaga kebersihannya.

Terganggunya Kegiatan Masak

Tentu jika wastafel mampet akan mengganggu kegiatan memasak kita terutama dalam hal membersihkan sayuran dan mencuci piring serta perabot dapur lainnya.

Timbulnya Bau Menyengat

Timbulnya bau menyengat tentu memberi rasa tidak nyaman bagi kita ketika sedang memasak. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada selera masakan kita.

Cara Merawat Wastafel

Membersihkannya Dengan Rutin

Dengan membersihkan secara rutin setidaknya seminggu sekali, maka akan meminimalisir dampak buruk yang akan terjadi pada saluran wastafel Anda. Bersihkan saluran wastafel mampet menggunakan air panas. Dengan air panas, maka akan meluruhkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya.

Hindari Membuang Sisa Makanan ke Dalam Wastafel

Untuk mengantisipasi penyumbatan terjadi, alangkah baiknya, jika selesai makan atau memasak, segera buang sisa makanan ke tempat sampah. Jangan membiarkannya menumpuk di saringan wastafel, hal ini akan mengakibatkan sisa makanan jatuh kedalam saluran yang mengakibatan mampetnya wastafel Anda.

Pemeriksaan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin pada saluran wastafel Anda juga sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini dapat Anda lakukan sendiri atau dengan memanggil jasa tukang ledeng profesional untuk mengatasinya. Rawat wastafel rumah dengan baik, sehingga dampak buruk dari wastafel mampet tidak menimpa kita.

Perbaiki Wastafel Mampet Dengan Tukang Sejasa

Jika Anda bingung cara mengatasi wastafel yang mampet, maka Anda dapat mengunjungi Sejasa.com atau Aplikasi Sejasa. Di Sejasa, Anda dapat menemukan mitra tukang ledeng yang tepat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan saluran air di rumah. Penyedia jasa Sejasa adalah mereka yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, Selain itu, penyedia jasa yang akan mengerjakan permasalahan pipa adalah mereka yang telah terverifikasi oleh tim Sejasa.

Dalam hal perbaikan kloset Anda akan mendapatkan penawaran dari penyedia jasa. Semuanya akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan Anda dapat leluasa berkonsultasi mengenai permasalahan wastafel rumah yang dialami dengan penyedia jasa. Buat permintaan jasa sekarang, karena Sejasa siap melayani segala kebutuhan jasa Anda.  

wastafel mampet

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *