model desain rumah sederhana

20+ Inspirasi Model Desain Rumah Sederhana untuk Keluarga

Rumah kecil dengan desain rumah sederhana sangatlah cocok untuk pengantin baru, orang tua dengan anak yang masih kecil-kecil ataupun muda-mudi yang sedang meniti karir dan masih lajang. Meski tak berukuran besar dengan desain yang megah, rumah sederhanapun bisa didesain sedemikian rupa agar tampak menarik, nyaman, tapi tetap dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Inspirasi Gambar Model Desain Rumah Sederhana

Dalam mendesain rumah dengan model sederhana, Anda harus berhati-hati. Desain rumah sederhana bukan berarti hanya asal jadi saja. Meski sederhana, Andapun tetap harus memperhatikan nilai estetika yang bisa didapat dari desain yang simpel ini. Berikut 20 inspirasi model desain rumah sederhana yang telah dikumpulkan oleh Sejasa.com!

1. Rumah sederhana tipe 36 ini memanfaatkan tanah yang dimiliki dengan sebaik mungkin. Di tanah yang kecil ini lengkap dibangun garasi bahkan taman yang kecil tapi indah.

desain rumah sederhana
(Sumber : Fotorumahidam.com)

2. Rumah idaman sederhana di desa. Dikelilingi pohon rindang dan rerumputan hijau semakin lengkap dengan desain rumah sedehana yang menawan. Tak selamanya harus menghadap ke depan, pintu masuk yang mengarah ke samping ini tampak bagus dan rapi. Model ini bisa menjadi inspirasi untuk rumah milik Anda.

model desain rumah sederhana
(Sumber : ricoyfacil.my)

3. Rumah sederhana ukuran 6×9 dengan paduan warna oranye ‘salmon terang’ dengan traditional cream pada desain ini berhasil menambah keindahan pada rumah. Meski desainnya sederhana, warna yang sesuai mampu memperngaruhi keindahan rumah.

model desain rumah sederhana
(sumber: desaingambarrumahminimalis.com)

4. Tambahan railing kaca tepat di depan pintu utama yang bingkainya berwarna senada dengan bingkai jendela dapat menambah nilai estetika pada desain rumah ini.  Pot beton kecil yang menempel pada dinding dengan tumbuhan hijau di dalamya semakin memberi warna pada rumah.

model desain rumah sederhana
(Sumber : WarnaCat.Net)

5. Model rumah sederhana ini memanfaatkan batu kerikil kecil sebagai elemen yang menutupi pilar pada pagar dan setengah pilar rumah. Pemilihan jendela yang besarpun semakin mempermanis tampilan rumah ini.

model desain rumah sederhana
(sumber: konstruksirumah.com)

6. Pilar pada rumah bukan hanya berfungsi sebagai penyangga bangunan, tapi juga bisa menjadi pelengkap yang membuat rumah terlihat kokoh dan semakin megah.

model desain rumah sederhana
(Sumber : jadhomes.com)

7. Desain rapi dan luas. Rumah ini mengusung konsep rapi dan luas. Perpaduan warna putih dan abu-abu ditambah pemilihan pyramid hip roof untuk atap menjadikan rumah ini tampak semakin lapang.

model desain rumah sederhana
(sumber: malaysia1news.my)

8. Rumah sederhana tapi mewah. Perpaduan batu alam dengan warna cream pada bagian depan rumah ini mampu menjadikan rumah yang sederhana terkesan lebih mewah. Tambahan pilar kecil pada teras yang berwarna senada dengan pintu rumah, jendela serta pintu garasi menjadikan rumah terlihat rapi.

model desain rumah sederhana
(sumber: NdikHome.com)

9. Rumah minimalis dengan taman. Desain rumah yang satu ini memilih menyediakan 2 meter tanah di depannya untuk dijadikan taman yang indah dan asri. Bentuk rumah juga sangat simpel, tapi tetap bergaya dengan tembok yang dibentuk persegi layaknya bingkai pada jendela depan.

model desain rumah sederhana
(sumber: pinterest.com)

10. Rumah sederhana tapi indah. Tak selamanya harus menggunakan batu alam, desain rumah dengan batu bata merahpun mampu mencuri perhatian setiap orang yang melewati rumah sederhana yang artistik ini.

model desain rumah sederhana
(sumber: rumahminimalisoi.com)

11. Rumah panggung. Sedikit mengusung model rumah panggung, desain rumah sengaja dibuat agak tinggi, sehingga tangga kecil di depannya bisa mempermanis rumah sederhana ini. Tambahan tumbuhan hijau yang menjalar di sisi rumah membuat rumah semakin asri.

model desain rumah sederhana
(Sumber : 100rumahminimalis.com)

12. Model cross gabled roof pada rumah ini sengaja dibentuk supaya tembok yang kelihatan di depan atap bisa dibuat senada dengan pagar rumah yang dihiasi dengan batu alam berwarna hampir serupa dengan cat tembok rumah sederhana ini.

model desain rumah sederhana
(Sumber : pinterest.com)

13. Relief dinding minimalis. Tembok pada teras rumah sederhana ini dipasangi relief dinding bergaya minimalis. Ditambah batu adersit hitam menjadikan rumah ini menjadi salah satu model rumah sederhana di kampung yang sedap dipandang mata.

model desain rumah sederhana
(Sumber : pinterest.com)

14. Bentuk rumah sederhana tapi elegan. Model rumah sederhana tapi kelihatan mewah ini tampak asri karena dilengkapi dengan taman yang mini tapi hijau. Ditambah lagi dinding yang digunakan adalah batu alam semakin memperelok tampilan rumah.

model desain rumah sederhana
(Sumber : Desainrumahnya.com)

15. Dominasi warna abu-abu. Rumah sederhana ini didominasi oleh warna abu-abu yang dipadukan dengan warna oranye cerah. Di sisi kiri dan depannya ditambahkan batu alam menambah kesan menawan namun tetap sederhana.

model desain rumah sederhana
(Sumber : rumahminimalisbagus.com)

16. Rumah dengan genteng keramik. Desain rumah yang satu ini memilih jenis atap genteng keramik yang warnanya senada dengan dinding batu alam pada bagian depan rumah. Ditambah dengan tumbuhan hijau di depannya, rumah ini tampak semakin selaras.

model desain rumah sederhana
(Sumber : tiperumah.com)

17. Rumah dengan genteng beton. Atap sandar dengan bahan atap genteng beton ini tampak mentereng dengan warna merahnya. Perpaduan warna merah cocok dengan oranye pada cat rumah yang dipadukan dengan abu-abu gelap.

model desain rumah sederhana
(Sumber : bibeh.com)

18. Rumah dengan warna abu-abu yang mendominasi ini tambah menawan dengan jendela-jendela yang bervariasi. Selain menggunakan jendela yang panjang pada bagian kamar dan tembok paling depan, di sisi samping juga dibuat stationary window yang membuat tampilan rumah semakin manis.

model desain rumah sederhana
(Sumber : rumahminimalisbagus.com)

19. Tips rumah sederhana terlihat besar. Salah satu tips agar rumah sederhana terlihat mewah dan besar adalah dengan membangun rumah yang agak menanjak dan tinggi. Pemilihan batu alam dengan bahan yang sama pada tembok depan rumah dan pagar juga membuat rumah tampak rapi dan indah.

model desain rumah sederhana
(Sumber : rumahminimalisbagus.com)

20. Rumah sederhana di desa. Kata siapa rumah sederhana di desa tak bisa didesain dengan indah? Paduan warna coklat tua dan coklat tortilla ini sangat sesuai ditambah hiasan tumbuhan hiajau di depannya. Tambahan pilar yang besar berwarna coklat di sisi rumah semakin memberi kesan yang kokoh pada rumah ini.

model desain rumah sederhana
(Sumber : decorfacial.com)

jasa bangun rumah minimalis

7 Tips Desain Rumah Sederhana

Setelah menampilkan beberapa gambar model desain rumah sederhana, Anda tentu ingin benar-benar mengaplikasikannya pada rumah Anda.

1. Warna Warna Cerah

Dominasi warna cerah pada ruangan dapat menghadirkan ilusi ruangan yang lebih luas. Gunakan warna-warna cerah seperti putih, kuning, biru muda, oranye, atau hijau muda sebagai dominasi warna cat dinding Anda. Anda juga dapat menerapkan palet warna yang digunakan pada interior rumah minimalis.

2. Polos Lebih Baik

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan wallpaper sebagai penghias dinding, pilihlah wallpaper yang motifnya tidak terlalu ramai. Wallpaper dengan motif yang ramai dapat terlihat murah dan kontras dengan konsep kesederhanaan yang diinginkan. Pilihlah wallpaper dengan motif yang simpel dan berwarna netral untuk membuat rumah Anda terlihat sederhana dan tampak lebih luas.

3. Jangan Tabrak Motif

Bila wallpaper ruang tamu Anda sudah bermotif garis-garis, jangan meletakkan bantal warna-warni dengan motif heboh seperti tribal atau polkadot karena akan memberi kesan ‘nabrak’ yang kuat sehingga ruangan terasa murahan dan noraka. Selaraskan motif yang ada di setiap sisi ruangan dalam satu nada sehingga ruangan terasa elegan dan mewah.

4. Memilih Perabotan yang Tepat

Jangan impulsif saat berbelanja perabotan rumah jika Anda memiliki rumah dengan desain sederhana. Bila Anda salah atau terlalu banyak membeli, Anda hanya akan menambah kesan sempit pada ruangan. Belilah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan memiliki peranan penting untuk kehidupan rumah tangga Anda.

Pilihlah perabotan yang bisa memantulkan cahaya, seperti yang berbahan dasar kaca atau stainless steel. Dengan adanya perabotan yang memantulkan cahaya sehingga jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan cukup intens, ruangan terlihat lebih terang dan luas. Sehingga Anda tidak perlu menyalakan seluruh lampu di dalam rumah ketika matahari masih bersinar. Selain berfungsi untuk memantulkan cahaya ke dalam ruangan, perabotan berbahan kaca atau stainless steel juga mampu membuat ruangan di dalam rumah terlihat lebih ringan dan santai. Cermin juga memiliki peranan yang sama dalam memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas. Pasang cermin besar secara vertical di ruang tamu sehingga ruangan yang tadinya sempit terlihat lebih luas hingga dua kali lipat.

5. Pencahayaan yang Tepat

Memasang jendela-jendela besar serta pemilihan lampu yang tepat sangat diperlukan pada desain rumah sederhana untuk memberi kesan luas, segar, dan terbuka. Pilihlah jendela dengan bingkai sederhana yang berukuran besar dan lampu berwarna putih yang terang sebagai kombinasi sempurna untuk memberi kesan luas pada ruangan rumah Anda.

6. Fokus terhadap Satu Objek

Tentukan fokus utama pada suatu ruangan kepada satu objek saja, sehingga tamu yang datang akan terpaku kepada objek yang menjadi focus ruangan, bukan kepada kesederhanaan rumah. Sebagai contoh, pajang gambar lukisan yang sangat besar di satu dinding ruang tamu dan jangan meletakkan aksesoris dinding lain sehingga lukisan tersebutlah yang menjadi bintang utama dari ruang tamu Anda.

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.