apartemen minimalis

Inspirasi dan Tips Desain Interior Apartemen Minimalis

Seiring dengan pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin pesat dan lahan pemukiman yang tentunya semakin berkurang, tinggal di apartemen menjadi pilihan terbaik yang paling tepat untuk dipilih oleh penduduk kota besar. Selain itu, memilih untuk tinggal di apartemen juga memiliki nilai plus tersendiri, misalnya nilai praktis yang ditawarkan di mana Anda tidak perlu membangun dari awal, fasilitas lengkap (kolam renang, gym, bahkan sauna!), serta keamanan 24 jam penuh. Nah, untuk desainnya, konsep desain interior apartemen minimalis adalah yang paling populer! Mengapa?

Desain Interior Apartemen Minimalis

Ukuran apartemen yang cenderung kecil membuat kebanyakan orang mendesain interior apartemen menggunakan konsep minimalis agar apartemen terlihat lebih luas, sederhana, tetapi tetap tampak mewah. Perhatikan beberapa inspirasi interior design apartemen minimalis berikut ini.

Interior Kamar Tidur Apartemen

Kamar tidur apartemen dengan tema minimalis dapat dikatakan hanya membutuhkan 3 furnitur, yaitu ranjang, lemari pakaian, serta laci penyimpanan. Ada baiknya dalam membeli perabotan, Anda memilih untuk membeli furnitur yang multifungsi. Misalnya, meja untuk lampu yang bisa untuk menyimpan koleksi buku, atau ranjang tempat tidur yang bagian kolongnya berguna sebagai lemari pakaian. Apabila jumlah kamar tidur yang ada tidak sebanding dengan jumlah anggota keluarga Anda, disarankan untuk membeli ranjang tingkat yang tidak membutuhkan space banyak. Hindari membeli dekorasi yang hanya memiliki nilai estetika tetapi malah menghabiskan banyak ruang gerak di kamar Anda.

Berikut inspirasi kamar tidur untuk apartemen minimalis Anda!

1. Pemandangan dari ketinggian apartemen di kamar menjadi keuntungan bagi Anda yang tinggal di apartemen. Dengan begini, Anda bisa menghabiskan tidur malam ditemani pemandangan gemerlap cahaya kota.

Pengerjaan oleh: AEDI Interior

2. Kamar kecil di apartemen dapat diakali dengan memasang lemari besar dengan desain full mirror. Pantulan dari lemari akan membuat kamar terlihat lebih luas.

Pengerjaan oleh: Graharupa Studio

3. Feminine and classy, kata siapa Anda tidak bisa memiliki kamar impian bila tinggal di apartemen! Wujudkan desain ruangan sesuai impian Anda dengan desainer interior handal!

Pengerjaan oleh: Decova Interior

4. Suasana kamar modern dan misterius dapat Anda ciptakan dengan menggunakan sisi tembok berwarna hitam. Untuk kesan modern, tambahkan pencahayaan di pinggir langit-langit dan tempat tidur minimalis modern!

Pengerjaan oleh: Interiores

Interior Dapur Apartemen

Dalam mendesain interior dapur, yang perlu Anda perhatikan agar dapur apartemen Anda tidak memberi kesan ‘berat’ adalah hindari pembelian peralatan dapur yang sekiranya takkan digunakan. Belilah peralatan dapur dan peralatan makan secukupnya dan sesuai dengan jumlah orang yang menempati apartemen. Sedangkan untuk furnitur dapur, cukup dengan 1 kulkas, 1 kompor, dan 1 tempat cucian saja. Tidak perlu membeli peralatan dan perlengkapan dapur berukuran besar karena akan menyulitkan Anda untuk bergerak secara leluasa.

Berikut inspirasi dapur untuk apartemen minimalis Anda!

1. Dapur minimalis bernuansa putih di apartemen jadi lebih menarik dengan menggunakan table top hitam dan dinding dapur bertekstur batu bata. Desain dapur ini dibuat simpel, tapi juga lengkap dan nyaman digunakan!

Pengerjaan oleh: Interiores

2. Dapur impian di apartemen? Tentu bisa! Berikan desain classy dan elegan dengan pencahayaan yang optimal dan sentuhan warna abu di dalam dapur putih Anda. Keberadaan meja makan ala bar juga membuat area dapur semakin cantik!

Pengerjaan oleh: Hierarchie Design Studio

3.  Dapur apartemen studio tentunya tidak berukuran besar. Namun, Anda bisa memiliki dapur mungil nan manis dengan desain yang tepat seperti di bawah ini!

Pengerjaan oleh: Communee Design & Build

4. Dapur apartemen nuansa kayu, kombinasi table top dan kabinet putih dengan warna kayu yang cerah akan memberikan keminimalisan tersendiri bagi dapur apartemen Anda.

Pengerjaan oleh: Intervisual

Interior Ruang Tamu Apartemen

Ruang tamu adalah ‘jantung’ dari apartemen Anda karena disanalah tamu-tamu Anda memberikan first impression mengenai tempat tinggal Anda. Memilih konsep minimalis bukan berarti ruang tamu Anda tidak memiliki nilai estetika sama sekali. Percantik ruang tamu Anda dengan menempatkan sofa dan meja yang sederhana tetapi tetap elegan seperti yang berbahan dasar kaca, dan tempatkan cermin besar di sepanjang dinding ruang tamu apartemen Anda agar memberi ilusi optik memperluas ruangan. Hindari penggunaan motif tabrak di ruang tamu seperti misalnya membeli sofa dengan motif tribal lalu membeli karpet ruang tamu bermotif polkadot yang justru memberi kesan ruangan terlalu sesak dan sempit.

Berikut inspirasi ruang tamu untuk apartemen minimalis Anda!

1. Ruang tamu apartemen hangat yang dicapai dengan mengangkat unsur kayu yang elegan serta penggunaan interior berwarna bumi. Memilih tekstur karpet yang tepat untuk ruang tamu juga akan memberi kenyamanan ekstra.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

2. Desain minimalis monokrom dengan sentuhan kayu membuat ruang tamu apartemen ini menjadi cantik dan berbeda. Karpet yang luas membebaskan tamu dan keluarga untuk banyak beraktivitas di ruang ini.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

3. Ruang tamu kecil jadi istimewa dengan pemilihan interior sederhana namun minimalis. Foto berfigura minimalis juga membuat apartemen pengantin baru semakin spesial!

Pengerjaan oleh: Aedi Interior

4. Ruang tamu multifungsi di apartemen di mana Anda bisa menonton TV dan menghabiskan waktu bersama keluarga tentu menyenangkan! Belum lagi, akses pemandangan dari ketinggian apartemen membuat ruang terasa lebih megah.

Pengerjaan oleh: Aedi Interior

Interior Kamar Mandi Apartemen

Untuk kamar mandi, pilihlah salah satu antara bak mandi atau shower saja. Memilih keduanya dalam kamar mandi menyebabkan kegiatan mandi Anda dan anggota keluarga menjadi tidak leluasa dan juga menyebabkan pemborosan air. Perlu Anda catat bahwa terkadang tagihan air untuk apartemen bisa lebih membludak dibanding dengan tagihan air untuk perumahan karena ditambah pajak dan biaya urus oleh pengurus apartemen. Sama dengan ruang tamu, pasang cermin berukuran besar di kamar mandi apartemen Anda untuk memberi kesan lapang.

Berikut inspirasi kamar mandi untuk apartemen minimalis Anda!

1. Kamar mandi full wallpaper untuk apartemen Anda? Mengapa tidak! Agar wallpaper yang penuh tidak membuat kamar mandi Anda tampak sempit, pasang cermin besar di dalamnya untuk memberi ilusi ruang yang lebih luas.

Pengerjaan oleh: MIVE Design

2. Kamar mandi apartemen mewah dengan bathtub kecil. Penggunaan keramik marmer untuk dinding juga memberikan kesan mahal dan elegan.

3. Kamar mandi apartemen minimalis monokrom dengan komposisi warna hitam pekat yang tepat pada kamar mandi putih menjadikan kamar mandi tampak sempurna. Bedakan warna keramik lantai di area kering dan area shower dan variasikan model keramik dinding di berbeda sisi.

Pengerjaan oleh: La Casa Interior

4. Kamar mandi apartemen bergaya skandinavian, menjadikan kamar mandi Anda tidak kalah dengan desain ruangan lainnya. Berikan sentuhan artistik dengan memajang figura. Karpet bulu juga menjadi dekorasi wajib bagi gaya desain skandinavian.

Pengerjaan oleh: Joen Design

Tips Interior untuk Memberi Kesan Luas pada Apartemen Kecil Anda

Apartemen sudah didesain sedemikian rupa oleh desainer interior dan pada umumnya telah dilengkapi dengan perabotan umum seperti wastafel, perabotan kamar mandi, dan kompor. Lain halnya bila apartemen yang kita miliki masih kosong melompong sehingga mau tidak mau harus mendekorasi ulang agar apartemen sesuai dengan selera kita. Tetapi yang tidak bisa dilakukan dengan apartemen adalah pembedahan total seperti rumah pada biasanya. Selain itu, alasan untuk mendekor ulang apartemen Anda adalah agar apartemen yang berukuran lebih kecil daripada rumah pada umumnya, tidak terasa sempit untuk Anda dan keluarga. Simak tips-tips berikut agar apartemen Anda yang tadinya terasa sempit bisa ‘disulap’ dan terasa lebih luas.

1. Pemilihan Warna yang Tepat

Penggunaan cat berwarna gelap seperti hitam, kelabu, atau biru tua akan memberi kesan ‘berat’ kepada ruangan yang mengakibatkan otak manusia berpresepsi bahwa ruangan semakin lama semakin menyempit. Pilih cat untuk dinding apartemen Anda dengan warna cerah dan ringan seperti warna putih, krem, kuning yang tidak terlalu mencolok, atau biru langit sehingga ruangan pun terasa lebih luas.

2. Furnitur Multifungsi

Galilah kreatifitas Anda sedalam mungkin. Membeli furnitur yang bersifat multifungsi, selain menghemat space yang digunakan, juga akan menghemat uang yang dikeluarkan bila dibanding dengan memberi dua furnitur sekaligus. Contoh furnitur multifungsi adalah ranjang yang bagian kolong-nya terdapat laci untuk menyimpan pakaian sebagai ganti dari lemari yang terlalu besar, lalu meja makan sederhana yang juga bisa digunakan sebagai meja untuk bekerja dan belajar, atau sofa ruang tamu yang bisa diubah menjadi tempat tidur.

3. Memaksimalkan Pencahayaan

Berkaitan dengan tips pertama, memaksimalkan pencahayaan dapat membuat otak kita melihat suatu ruangan menjadi lebih luas daripada kenyataannya. Pasang jendela berukuran besar dan cermin di apartemen Anda sehingga cahaya yang masuk semakin banyak.

4. Memanfaatkan Ruangan Semaksimal Mungkin

Memanfaatkan ruangan semaksimal mungkin bukan berarti menyesakkan ruangan dengan penempatan banyak barang, melainkan berarti memanfaatkan seluruh bagian ruangan baik itu bagian atas, bawah, dan samping dengan sebaik mungkin. Misalnya adalah menginstal rak buku di atas tempat tidur atau di atas sofa ruang tamu, memasang rak sepatu dibalik pintu, lalu menempatkan TV di dinding ruangan – bukan di atas meja yang memakan space seperti biasa.

5. Menyingkirkan Barang Tak Terpakai

Last but not least, Anda dapat menghemat banyak space begitu banyak dengan cara menyingkirkan barang yang sudah tidak dipakai oleh Anda dan keluarga. Bicarakan dengan seluruh anggota keluarga Anda barang mana yang sudah tidak digunakan tapi masih layak pakai sehingga bisa dijual atau lebih baik lagi – disumbangkan ke orang yang lebih membutuhkan. Dengan begini, apartemen tempat Anda tinggal menjadi lebih lapang dan Anda mendapat uang tambahan dari penjualan barang bekas layak pakai.

Sekian mengenai inspirasi dan tips dalam mendesain interior apartemen Anda dengan gaya minimalis. Semoga Anda menemukan definisi “rumah” yang sebenarnya di apartemen Anda!

Butuh Jasa Desainer Interior Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.