daftar harga semen terbaru

Daftar Harga Semen Terbaru Maret 2024, Semua Merek!

Semen merupakan material bangunan yang sangat menentukan kekokohan dan kepadatan fondasi rumah. Sebelum membeli semen, Anda tentu harus memastikan tidak salah membeli, entah kualitas semen yang buruk maupun harga semen yang terlalu mahal. Oleh karena itu, kini Sejasa.com akan menginfokan daftar harga semen 2024 terbaru diikuti dengan cara memilih semen yang berkualitas untuk rumah Anda, serta berbagai jenis semen dan fungsinya.

Daftar Harga Semen 2024

Membeli semen untuk proyek pembangunan Anda dapat sangat membingungkan, apalagi terdapat berbagai merek dan jenis yang ditawarkan. Sebelum membahas cara memilih semen yang berkualitas dan membahas secara detail mengenai jenis-jenis semen yang ada di pasaran, cek daftar harga semen terbaru tahun ini berdasarkan mereknya.

Daftar Harga Semen Gresik, Holcim, Padang, dan Tiga Roda

Merek Semen Spesifikasi Semen Satuan Harga 
Semen Gresik Portland Composite Cement 40 kg Rp57.000
Semen Gresik Portland Composite Cement 50 kg Rp70.000
Semen Holcim Portland Composite Cement 40kg Rp56.000
Semen Holcim Portland Composite Cement 50 kg Rp68.000
Semen Padang Portland Composite Cement 40 kg Rp50.000
Semen Padang Portland Composite Cement 50 kg Rp63.000
Semen Tiga Roda Portland Composite Cement 40 kg Rp58.000
Semen Tiga Roda Portland Composite Cement 50 kg Rp70.000

Daftar Harga Semen Mortar Utama

Spesifikasi Semen Satuan Harga 
MU-100 Plester Premium 40 kg Rp63.000
MU-200 Acian Plester dan Beton 5 kg Rp22.600
MU-200 Acian Plester dan Beton 40 kg Rp166.500
MU-270 Acian Putih 25 kg Rp163.800
MU-300 Pasangan Bata 40 kg Rp60.400
MU-301 Pas Bata dan Plester 10 kg Rp22.100
MU-301 Pas Bata dan Plester 40 kg Rp60.400
MU-380 Perekat Bata Ringan 5 kg Rp22.100
MU-380 Perekat Bata Ringan 40 kg Rp157.500
MU-400 Perekat Keramik Dinding 5 kg Rp36.800
MU-410 Self Leveling Floor 25 kg Rp267.800
MU-440 Perata Lantai 40 kg Rp57.800
Mu-445 Perata Lantai Premium 40 kg Rp110.300
MU-450 Perekat Keramik Lantai 5 kg Rp35.200
MU-450 Perekat Keramik Lantai 40 kg Rp215.300
MU-460 Perekat Keramik Daerah Basah 25 kg Rp460.500
MU-470 White Tile Addesive 25 kg Rp404.300
MU-480 Perekat Keramik Di Atas Keramik 5 kg Rp79.300
MU-500 Perekat Mortar dan Beton 2 kg Rp216.800
MU-600 Pelapis Kedap Air 3 kg Rp120.800
MU-600 Pelapis Kedap Air 30 kg Rp1.134.600
MU-700 Floor Hardener 25 kg Rp147.600
MU-800 Non-Shrink Grout 40 kg Rp164.900
MU-830 Perbaikan Permukaan Beton 40 kg Rp275.200
MU-840 Finish Coat Repair 25 kg Rp341.300

Tips Memilih Semen Terbaik untuk Rumah Anda

campuran semen dan air untuk mengaci
Sumber: Freepik

Setelah Anda mengetahui daftar harga semen terbaru, tentu Anda juga harus paham cara memilih semen terbaik untuk membuat rumah Anda kokoh. Berikut adalah tips ketika memilih semen:

  1. Tidak Menggumpal

Perhatikan tekstur semen dan hindari membeli semen yang terlihat menggumpal-gumpal. Bisa jadi, semen tersebut tidak disimpan dengan baik atau disimpan di tempat yang lembab dan dingin. Jika sudah terlanjur membeli semen yang menggumpal, Anda dapat meminta tukang bangunan untuk mengayak gumpalan sebelum digunakan. Bila tidak diayak terlebih dulu, bagian-bagian rumah yang menggunakan semen tersebut agak cenderung keropos dan mudah rusak.

  1. Tidak Langsung Tenggelam dalam Air

Anda bisa memeriksa kualitas semen dengan mengambil segenggam semen dan menaruhnya ke ember berisi air. Bila semen tidak langsung tenggelam, berarti semen tersebut memiliki kualitas yang superior. Sebaliknya bila semen langsung tenggelam, maka kualitas semen tidak terlalu baik.

  1. Kemasan Tertutup Sempurna

Kualitas Semen akan terjaga jika kemasannya juga terjaga, dalam artian tertutup rapat, tidak basah, dan tidak terdapat tambalan. Kondisi semen masih tersegel dengan baik.

  1. Tersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia)

Lihat apakah kemasan semen menampilkan logo SNI. Tanda ini akan menjamin bahwa semen karena telah teruji kelayakannya dan memenuhi kebutuhan untuk merekatkan bangunan.

Bagaimana Membedakan Jenis Semen Serta Fungsinya?

Mengetahui daftar harga semen terbaru belum berarti Anda sudah mendapatkan informasi yang cukup. Dalam mengerjakan setiap bagian rumah, Anda tidak boleh salah memilih semen. Berikut berbagai jenis semen yang beredar di Indonesia dengan fungsinya masing-masing.

Semen Portland Tipe 1: Ordinary Portland Cement

Semen ini digunakan untuk keperluan konstruksi secara umum. Cocok digunakan pada tanah dan air yang tingkat asamnya rendah dan dapat digunakan untuk bangunan rumah pemukiman, gedung bertingkat, pengerasan jalan, dan lain-lain.

Semen Portland Tipe 2: Moderate Sulfat Resistance

Fungsi semen portland type II digunakan untuk konstruksi bangunan dari beton massa yang memerlukan ketahanan akan asam (pada lokasi tanah dan air yang mengandung asam yang cukup tinggi) dan juga membutuhkan ketahanan akan panas agar beton yang dihasilkan tidak mudah memuai. Semen ini cocok untuk dipakai pada bangunan di pinggir laut, bangunan di bekas tanah rawa, saluran irigasi, beton massa untuk landasan jembatan, bendungan, dermaga dan landasan berat yang memiliki kolom-kolom.

Semen Portland Tipe 3: High Early Strength

Fungsi semen portland type III digunakan untuk konstruksi bangunan yang memerlukan kekokohan atau ketahanan akan beban berat sejak fase permulaan setelah pengikatan terjadi. Semen tipe III ini dibuat dengan kehalusan yang tinggi mencapai 5000 cm2/gr dan mengandung kadar kalsium silikat yang tinggi. Beton yang dibuat dengan menggunakan semen Portland tipe III ini dalam waktu 24 jam dapat mencapai kekuatan yang sama dengan kekuatan yang dicapai semen Portland tipe I pada umur 3 hari, dan dalam umur 7 hari, kekuatan semen ini menyamai beton yang menggunakan semen portland tipe I pada umur 28 hari. Semen ini biasa digunakan untuk pembuatan jalan beton, bangunan-bangunan tingkat tinggi, dan bangunan-bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan terhadap serangan asam.

Semen Portland Tipe 4: Low Heat Of Hydration

Seperti namanya, penggunaan semen ini memerlukan panas hidrasi rendah, atau dapat dibilang tidak boleh digunakan di suhu yang panas. Peningkatan kekuatan beton yang dibuat dari semen ini lebih lambat ketimbang Portland tipe I. Penggunaan semen ini banyak ditujukan untuk struktur beton yang besar dan dengan volume yang besar pula, seperti bendungan, dam, dan lapangan udara. Kenaikan temperatur dari panas yang dihasilkan selama periode pengerasan diusahakan seminimal mungkin sehingga tidak terjadi pengembangan volume beton yang bisa menimbulkan keretakan. Semen ini masih belum diproduksi di Indonesia.

Semen Portland Tipe 5: Sulfat Resistance Cement

Jenis semen Portland yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan tinggi terhadap sulfat. Semen jenis ini cocok digunakan untuk pembuatan beton pada daerah yang tanah dan airnya mempunyai kandungan garam sulfat tinggi seperti : air laut, daerah tambang, air payau dsb. Karena tahan akan asam, semen ini sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan, dan pembangkit tenaga nuklir.

Super Mansonry Cement

Semen masonry pertama kali diperkenalkan di USA dan kemudian berkembang kebeberapa negara. Semen ini dapat digunakan untuk konstruksi perumahan gedung, jalan dan irigasi, dan dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan genteng beton, hollow brick, paving block, dan bahan bangunan lainnya.

Portland Composite Cement (Semen Portland Komposit)

Jenis semen ini umumnya digunakan secara luas untuk konstruksi umum pada semua beton. Struktur bangunan bertingkat, struktur jembatan, struktur jalan beton, bahan bangunan, beton pra tekan dan pra cetak, pasangan bata, Plesteran dan acian, panel beton, paving block, hollow brick, batako, genteng, potongan ubin, lebih mudah dikerjakan, suhu beton lebih rendah sehingga tidak mudah retak, lebih tahan terhadap sulfat, lebih kedap air dan permukaan acian lebih halus.

Super Portland Pozzolan Cement (PPC)

Semen ini digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang, seperti: jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi, dan fondasi pelat penuh. Semen ini juga dapat digunakan secara luas seperti:

  • Konstruksi beton massa (bendungan dan irigasi)
  • Konstruksi Beton yang memerlukan ketahanan terhadap serangan sulfat.
  • Bangunan atau instalasi yang memerlukan kekedapan yang lebih tinggi.
  • Pekerjaan pasangan dan plesteran.

Oil Well Cement Class G-Hsr (High Sulfate Resistance)

Semen Khusus ini digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan konstruksi sumur minyak bawah permukaan laut dan bumi. Semen ini masih dibedakan lagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan API Spesification 10 1986, yaitu:

  • KELAS A: Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 1830 meter, apabila sifat-sifat khusus tidak dipersyaratkan
  • KELAS B : Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 1830 meter, apabila kondisi membutuhkan ketahanan terhadap sulfat sedang
  • KELAS C : Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 1830 meter, apabila kondisi membutuhkan sifat kekuatan tekan awal yang tinggi
  • KELAS D: Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 1830 sampai 3050 meter, dengan kondisi suhu dan tekanan  yang sedang
  • KELAS E: Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 3050 sampai 4270 meter, dengan kondisi suhu dan tekanan  yang tinggi
  • KELAS F: Digunakan untuk sumur sampai dengan kedalaman 3050 sampai 4880 meter, dengan kondisi suhu dan tekanan  yang tinggi
  • KELAS G: Digunakan untuk cementing mulai surface casing sampai dengan kedalaman 2440 meter, akan tetapi dengan penambahan accelerator atau retarder. Dapat digunakan untuk semua range pemakaian, mulai dari kelas A sampai kelas E

Blended Cement (Semen Campur)

Ini merupakan semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan megaproyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut dikemas. Semen campur dibuat karena dibutuhkannya sifat-sifat khusus yang tidak dimiliki oleh semen portland. Untuk mendapatkan sifat khusus tersebut diperlukan material lain sebagai pencampur.

Semen Portland Pozzolan (SPP)

Semen Portland Pozzolan (SPP) atau dikenal juga sebagai Portland Pozzolan Cement (PPC) adalah merupakan semen hidrolisis yang terdiri dari campuran antara semen Portland dengan bahan pozzolan (bahan yang mengandung senyawa silica dan Alumina) halus, yang diproduksi dengan menggilingnya bersama-sama.

Portland Blast Furnace Slag Cement

Portland Blast Furnace Slag Cement adalah semen Portland yang dicampur dengan kerak dapur tinggi secara homogen dengan cara mencampur bubuk halus semen Portland dengan bubuk halus. Kekokohannya dapat menyaingi semen portland, namun beton yang dihasilkan lebih stabil daripada semen portland.

Water Proofed Cement

Water proofed cement adalah campuran yang homogen antara semen Portland dengan water proofing agent, dalam jumlah yang kecil seperti: Calcium, Aluminium, atau logam stearat lainnya. Semen ini banyak dipakai untuk konstruksi beton yang berfungsi menahan tekanan hidrostatis, misalnya tangki penyimpanan cairan kimia.

White Cement (Semen Putih)

Semen putih dibuat umtuk tujuan dekoratif, bukan untuk tujuan konstruktif. Pembuatan semen ini membutuhkan persyaratan bahan baku dan proses pembuatan yang khusus, seperti misalnya bahan mentahnya mengandung oksida besi dan oksida manganese yang sangat rendah (dibawah 1 %).

High Alumina Cement

High Alumina cement dapat menghasilkan beton dengan kecepatan pengerasan yang cepat dan tahan terhadap serangan sulfat, asam akan tetapi tidak tahan terhadap serangan alkali. Semen tahan api juga dibuat dari High Alumina Cement, semen ini juga mempunyai kecepatan pengerasan awal yang lebih baik dari semen Portland tipe III. Bahan baku semen ini terbuat dari batu kapur. Pada saat ini, semen ini belum diproduksi di Indonesia

Semen Anti Bakteri

Semen anti bakteri adalah campuran yang homogen antara semen Portland dengan anti bacterial agent. Bahan tersebut ditambahkan pada semen Portland untuk Self Disinfectant beton terhadap serangan bakteri dan jamur yang tumbuh. Sedangkan sifat-sifat kimia dan fisiknya hampir sama dengan semen Portland tipe I. Semen anti bakteri digunakan untuk kamar mandi, kolam, dan lantai industri makanan.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui daftar harga semen terbaru, cara memilih semen yang berkualitas, dan juga jenis-jenis semen yang dapat Anda sesuaikan dengan proyek pembangunan Anda. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog Sejasa.com untuk informasi harga bahan bangunan yang Anda butuhkan!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

jasa bangun dan renovasi rumah oleh sejasa

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!