Checklist Perawatan Rumah Lengkap (Bisa Dicetak)

Memelihara rumah bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan siapa saja. Dengan artikel ini, Anda bisa mulai melakukan perawatan rumah dengan lebih ringan dan rapi. Sejasa punya checklist yang bisa dicetak kapan saja. Daftar ini akan memandu Anda dalam menjadikan rumah semakin nyaman.

Bulanan

Dining room perawatan rumah
Midwest Living

Bersihkan filter AC 

Kotoran yang menyumbat filter membuat udara yang dihasilkan menjadi tidak sehat dan membuat mesin AC bekerja lebih keras. Lakukan pembersihan filter AC setidaknya sekali dalam 2-3 bulan.

Bersihkan pembuangan wastafel

Pembuangan wastafel yang tersumbat mampu mengganggu aliran air dan tak jarang mengeluarkan bau tak sedap. Atasi dengan es batu diserut ke saluran air, lalu aliri dengan air panas dan baking soda. 

Periksa sumber kebocoran

Untuk mencegah kerugian tagihan air melonjak, tak ada salahnya rutin mengecek pipa-pipa saluran air dalam rumah seperti di toilet dan wastafel.  

Bersihkan exhaust fan/cooker hood dapur

Bagi yang memiliki penghisap asap di dapur, lakukan pembersihan dengan bahan pembersih khusus agar asap masakan dapat dihisap secara maksimal.

Periksa saluran bathub dan wastafel

Saluran ini sering tersumbat rambut, kotoran, dan sisa sabun yang menyebabkan aliran air tidak lancar. Periksa sebulan sekali dan bersihkan sumbatan jika perlu.

Tes alarm/smoke detector dan alat pemadam kebakaran

Jika Anda memiliki alarm dan alat pemadam kebakaran maka perlu diperiksa apakah bisa berfungsi dengan semestinya atau tidak dan alat pemadam yang mudah dijangkau.

Inspeksi kabel listrik

Penggunaan kabel listrik yang dipakai hampir setiap hari bisa menyebabkan kabel terkikis, rusak, dan sebagainya karena gesekan. Inspeksi sebulan sekali menghindarkan kita dari kejadian tersengat listrik dan korslet.

Merapikan tanaman

Tanaman dengan pertumbuhan yang cepat butuh perawatan rutin seperti memotong semak-semak yang meninggi, merapikan pohon, dan tanaman hias. 

Bilas pemanas air

Endapan sedimen di mesin pemanas air perlu dikeluarkan setiap sebulan sekali demi menjaga kualitas air yang Anda gunakan.

6 Bulanan

perawatan rumah
Casa Abril

Cek kondisi atap

Selain cat eksterior, perubahan cuaca bisa berdampak pada atap. Tukang atap bakal memeriksa adanya atap yang geser, hilang, retak, dan keberadaan lumut yang mengganggu. 

Inspeksi fondasi rumah

Kalau kamu melihat tanda seperti retakan di dinding atau lantai serta macetnya jendela dan pintu, segera panggil kontraktor. Kenali tandanya sedini mungkin supaya bisa secepatnya diatasi. 

Deep cleaning

Banyaknya aktivitas dan mobilitas keluar-masuk rumah, mengakibatkan debu dan kotoran bersarang di tempat yang kurang bisa dijangkau. Luangkan waktu 6 bulan sekali untuk membersihkan rumah lebih ekstra dari biasanya. 

Beri pelumas pada pintu dan jendela

Pastikan engsel pintu dan jendela bekerja dengan baik sehingga nyaman digunakan. Pemberian pelumas pada pintu garasi juga sama pentingnya. 

Tahunan 

perawatan rumah
Gummergal

Perhatikan sistem kelistrikan 

Ketika tagihan listrik membengkak, colokan nggak berfungsi, dan lampu nggak bisa dinyalakan, saatnya lakukan pengecekan listrik. Segera perbaiki komponen yang rusak.

Periksa kebocoran pipa/saluran air 

Kulkas, mesin cuci, dan wastafel butuh pengecekan sekali dalam setahun demi melihat adanya kemungkinan kebocoran. Cek juga pipa, toilet, kran, dan shower.

Cari tanda-tanda serangan rayap

Rayap menjadi musuh yang hampir tak terlihat. Rayap membuat struktur kayu berlubang dan rapuh sehingga akan sangat merugikan jika tidak segera ditangani.

Bersihkan pengering pakaian

Serat pakaian yang menyumbat kipas pengering akan menyulitkannya dalam bekerja. Pengering pakaian yang tersumbat parah bisa menyebabkan kebakaran.

Kuras septic tank

Septic tank perlu dicek dan dibersihkan setahun sekali. 

Checklist bisa dicetak

Kami ingin memudahkan Anda dalam melakukan perawatan rumah. Oleh sebab itu, kami menyediakan checklist yang bisa Anda simpan dan print kapan saja. Yuk, mulai perawatan rumah hari ini!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.