Cat Interior Masih Tersisa? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Mengecat merupakan salah satu cara termudah dan termurah menyulap rumah menjadi berbeda. Pastinya banyak juga pemilik rumah yang mencoba mengecat sendiri bila hanya mengecat bagian kecil rumah. Tinggal membeli cat berkualitas, kuas, dan memulai pengecatan! Ada beberapa jenis cat, yang paling umum adalah cat interior dan eksterior. Bila cat eksterior untuk tembok bagian luar rumah, cat interior digunakan khusus untuk di dalam rumah.

Nah, kali ini, kami akan membahas 5 hal yang jangan pernah Anda lakukan pada cat interior Anda!

1. Mengaplikasikannya pada Lantai

Menginginkan lantai dengan warna atau pattern yang unik dengan menggunakan cat interior? BIG NO NO! Ada cat yang diperuntukkan khusus untuk lantai, seperti cat epoxy. Sedangkan, dengan menggunakan cat interior, Anda akan menyesal di kemudian hari. Cat interior diperuntukkan untuk tembok ruangan, yang sangat jarang tersentuh atau tergesek. Bila digunakan untuk lantai, tentu tidak akan awet dan akan mengalami banyak masalah.

2. Mengecat Apapun di Luar Rumah

Sekali lagi, cat interior diperuntukkan untuk tembok dalam rumah. Mengecat bagian luar di rumah dengan cat interior bukanlah hal yang seharusnya dilakukan. Cat interior tidak dirancang kuat menghadapi berbagai paparan cahaya panas, hujan, dan cuaca ekstrem lainnya. Bila Anda benar-benar ingin mengecat bagian luar rumah, belilah cat eksterior seperti varian Taka Armor dari Taka Paints, yang sangat awet dan weather-proof.

3. Menyimpannya pada Suhu Ekstrim

Menyimpan cat interior sembarangan dapat menurunkan kualitas cat atau bahkan membuatnya tidak dapat digunakan lagi. Cat tidak boleh ditempatkan pada tempat yang dingin karena akan mengental dan menyatu, sedangkan tempat yang panas dan memiliki tingkat kelembapan yang tinggi juga tidak baik untuk kualitas cat. Oleh karena itu, tempatkanlah sisa cat pada suhu ruangan. Bila tempat cat terlalu besar, Anda bisa menuangkan cat ke dalam toples kaca kecil. Bonusnya, Anda akan mengetahui warna cat apa saja yang Anda miliki.

4. Membuangnya

Setelah proyek pengecatan Anda selesai, ternyata masih tersisa sedikit cat! Tentu Anda berpikir untuk langsung membuangnya. Tapi tunggu dulu! Tidak seperti cat Taka Paints, kebanyakan cat mengandung zat-zat berbahaya yang sangat tidak ramah lingkungan. Ada aturan pengelolaan sampah khusus seperti ini dan sebagai penghuni bumi yang bertanggung jawab, Anda harus mengikutinya. Anda harus mengeringkan cairan cat di dalamnya, Anda bisa mencampurkan pasir dan semacamnya hingga cat mengering, baru kemudian Anda boleh membuangnya.

5. Dituang ke Wastafel

Mungkin hal ini merupakan solusi paling mudah membuang cat Anda. Namun, seperti yang dikatakan di poin sebelumnya, cat memiliki kandungan yang berbahaya dan dapat merusak lingkungan. Bagaimana jika Anda menggunakan cat ramah lingkungan? Tetap saja, membuangnya ke wastafel dapat membuat cat mengendap, menggumpal, dan akhirnya menyumbat saluran air rumahmu. Pasti, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Nah, Anda telah mengetahui 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada sisa cat interior Anda. Jangan cuma baca saja, tapi pastikan Anda tidak melakukannya, ya!

 

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.