rumah yang rapi dan bersih meskipun ada banyak perabotan

4 Manfaat Rumah Rapi dan Bersih untuk Kesehatan

Rumah bukan hanya menjadi tempat beristirahat, tetapi juga tempat berkumpulnya anggota keluarga untuk melakukan berbagai hal. Membersihkan dan merapikan rumah setiap hari penting dilakukan. Jika rumah kotor dan berantakan, maka anggota keluarga Anda tidak betah di rumah dan mungkin menghabiskan waktu di luar rumah.

Walaupun kadang melelahkan, membersihkan rumah secara rutin dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Kegiatan membersihkan rumah bisa menjadikan rumah rapi, bersih dan nyaman, sehingga membuat anggota keluarga merasa tenang dan nyaman ketika berada di rumah.

Manfaat Rumah Rapi dan Bersih

seseorang sedang memvakum karpet rumah untuk menjadikan rumah rapi dan bersih

Mencegah Penyebaran Penyakit

Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman, debu, tungau, jamur dan bakteri. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, wasthtafel dapur, lantai dan dinding rumah dapat dapat melindungi Anda dari kuman-kuman berbahaya.

Selain area tersebut, dapur juga merupakan sarang tumbuhnya penyakit. Oleh karena itu, selalu bersihkan dapur terutama sehabis memotong atau membersihkan bahan makanan mentah. Perlu diketahui daging mentah dapat menjadi sarana penyebaran kuman.

Mencegah Tikus dan Serangga Berkumpul di Dalam Rumah

Tikus dan serangga merupakan hewan yang senang berada di lingkungan yang kotor dan tidak rapi. Mereka dapat berkembang biak dan bersembunyi di rumah yang berantakan. Mereka juga bisa menyebarkan penyakit dan menjadi penyebab alergi. Dengan membersihkan rumah dan menutup makanan setiap habis makan serta membuang sampah setiap hari, akan menghindarkan dari adanya tikus dan serangga di rumah Anda.

Mengurangi Risiko Alergi dan Kambuhnya Asma

Pada area rumah yang berantakan, ditemukan banyak sekali tungau dan debu rumah yang dapat menimbulkan alergi pada penderita asma. Tungau dapat dijumpai di kasur, bantal, guling dan sofa. Bersihkan dan jemur peralatan tidur dan karpet rumah secara rutin setiap tiga minggu sekali.

Pastikan pula ruangan kamar mempunyai ventilasi yang baik, sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Makin banyak barang di dalam ruangan, makin sulit untuk membersihkannya dan makin menumpuk pula debunya. Oleh karena itu, sangat penting menjaga rumah rapi dan bersih.

Mengurangi Stres

Coba bayangkan jika Anda sedang terburu-buru dan kesulitan menemukan suatu barang karena kondisi rumah yang berantakan? Secara psikologis, maka hal itu akan membuat Anda bertambah stres. Selain itu, Anda akan merasa lelah karena banyak menghabiskan energi untuk mencari barang tersebut. Dengan kondisi rumah rapi dan bersih, maka hal tersebut dapat teratasi dengan segera.

Tips Menjaga Rumah Rapi dan Bersih

Susunlah jadwal yang rutin untuk membersihkan dan merapikan rumah. Seluruh area di dalam rumah jangan sampai ada yang terlewati. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, garasi sampai gudang. Tidak hanya lantai saja yang dibersihkan, dinding juga perlu dibersihkan supaya tidak menjadi tempat berkumpulnya kuman dan mikoorganisme jahat lainnya. Dengan membersihkan secara rutin dan terjadwal maka rumah rapi dan bersih tidak akan menjadi sulit untuk Anda wujudkan dalam hunian tempat tinggal Anda.

Ternyata banyak hal yang kita peroleh dari rumah rapi dan sehat untuk kesehatan kita. Mulai sekarang, jangan bermalas-malasan untuk membersihkan rumah. Ayo jaga kesehatan anggota keluarga dengan menciptakan rumah rapi dan bersih pada hunian kita.

Bagi Anda yang tidak mempunyai waktu luang untuk membersihkan rumah, maka Anda memanggil jasa layanan bersih rumah adalah solusi terbaik. Menggunakan jasa membersihkan rumah memiliki banyak manfaat, terutama bagi Anda yang punya banyak kesibukan di luar rumah.

Anda bisa mengunjungi website Sejasa.com dan download aplikasi Sejasa untuk menemukan penyedia jasa yang akan bantu bersih-bersih rumah. Pesan jasa daily cleaning sekarang untuk bikin rumah bersih, tertata rapi, dan nyaman.

layanan Daily Cleaning Sejasa dapat dipesan untuk menjadikan rumah rapi
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *