banjir

10 Tips Penting Bersihkan Rumah Pasca Banjir 

Banjir awal tahun 2020 menggenangi sejumlah wilayah di Jabodetabek dan berbagai daerah lain di Indonesia. Kini, banjir perlahan surut dan menyisakan rumah yang kotor dan berlumpur. Saatnya bagi pemilik rumah yang terdampak untuk mulai membersihkannya. Apabila tidak segera dibersihkan, kesehatan penghuninya dapat terancam karena genangan airnya mengandung sumber penyakit. Sejasa punya tips dan trik bersihkan rumah pasca banjir sehingga hunian menjadi nyaman untuk ditempati kembali.  Simak artikel ini ya!

Periksa Semua Aliran Listrik

kelistrikan
Sumber: Pexels

Banjir membuat arus listrik rawan mengalami korslet.  Oleh sebab itu, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memastikan komponen listrik tetap aman digunakan. Untuk pengecekan dan perbaikan, serahkan pada tenaga profesional agar hasilnya lebih terjamin!

Pesan Jasa Kelistrikan

Pakai Perlengkapan Pelindung dan Siapkan Peralatan

persiapan sebelum membersihkan
Sumber: Freepik

Pastikan Anda menggunakan pakaian pelindung seperti baju lengan panjang, celana panjang, sepatu bot, sarung tangan, dan pelindung mata. Siapkan alat-alat kebersihan seperti ember, serok, pel, dan sebagainya, termasuk cairan desinfektan. 

Keluarkan Sisa Air

sisa air banjir
Sumber: CPR24 Restoration

Gunakan serok atau ember jika masih ada sisa air yang menggenang di dalam rumah Anda. Amankan barang-barang ke tempat yang kering agar sudut-sudut ruangan dapat dijangkau untuk dibersihkan. 

Bersihkan Hingga ke Sudut Ruangan

membersihkan lumpur
Sumber: PBS

Air bah mengandung banyak kotoran, kuman, dan berbagai sumber penyakit. Oleh karena itu, penting untuk dibersihkan secara menyeluruh. Proses membersihkan rumah bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Anda bisa menggunakan bantuan tenaga kebersihan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Bersihkan Dinding

bersihkan dinding
Sumber: DIY Network

Dinding rumah yang terendam banjir menjadi tempat yang memungkinkan jamur dan sumber penyakit lainnya berkembang biak. Singkirkan lapisan dinding yang rusak lalu lapisi dinding dengan pelapis anti air atau cat tembok. Apabila Anda menggunakan wallpaper, segera cabut secara menyeluruh agar jamur tidak berkembang biak.

Pilah dan Pilih Perabotan yang Masih Bisa Dipakai

pilih barang yang masih bisa digunakan
Sumber: Unsplash

Cek apakah semua barang yang sempat terendam banjir masih layak dipakai atau tidak. Apabila ada mebel, mainan anak, dan barang berpori-pori yang mengeluarkan bau tidak sedap, berjamur, dan terlalu kotor, jangan ragu untuk membuangnya. 

Bersihkan Furnitur dan Barang-barang

bersihkan barang-barang
Sumber: Unsplash

Perabot yang sudah Anda pilih untuk digunakan kembali, segera lap dengan campuran air panas dan desinfektan. Kemudian, bawa ke tempat yang tidak tergenang banjir dan diangin-anginkan. Anda bisa membuka semua jendela dan pintu, menggunakan kipas angin, atau AC agar terhindar dari lembab. 

Untuk barang-barang berbahan kain seperti, pakaian, sprei, selimut, handuk, dan sebagainya, cuci dengan air panas lalu jemur sampai kering.

Jika ada dokumen penting, keringkan pelan-pelan dan jemur di bawah sinar matahari. 

Sterilkan Peralatan Dapur 

bersihkan alat dapur
Sumber: Fox News

Periksa dapur Anda dan lihat apakah peralatan dapur masih bisa digunakan kembali atau tidak. Peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, garpu, dan sebagainya dapat disterilkan dengan merendamnya dalam sabun pembersih. Rendam peralatan memasak seperti panci, wajan, dan lain-lain dalam air panas selama 10 menit.

Periksa Atap Rumah

perbaikan atap
Sumber: Sinapu

Hujan deras belakangan ini berdampak pada ketahanan atap rumah. Waspada terhadap atap yang terlepas dari susunannya, rusak, atau pecah. Untuk menghindari kebocoran di kemudian hari, segera perbaiki atap dengan memanggil tenaga ahli yang bersangkutan.

Pesan Jasa Perbaikan Atap

Perbaiki Bagian yang Rusak

tukang perbaikan rumah
Sumber: Pixabay

Tak jarang terjangan banjir membuat beberapa bagian rumah rusak sehingga membutuhkan penanganan secepatnya. Tenaga tukang adalah solusi yang tepat agar rumah jadi nyaman kembali untuk dihuni.

Pesan Jasa Pertukangan

 

Demikian tips untuk membersihkan rumah pasca banjir. Jika Anda menginginkan jasa bersih-bersih yang profesional, percayakan pada Sejasa. Sejasa punya pertolongan pertama untuk rumah pasca kebanjiran sesuai kebutuhanmu!

 

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.