8 Variasi Pola Paving Block yang Bisa Anda Tiru

Tidak hanya bagian interior rumah yang perlu diperhatikan, bagian outdoor rumah juga cukup penting untuk mendapatkan perhatian Anda. Jika Anda membuat desain dan menambah ornamen pada bagian dalam rumah, Anda bisa melakukan hal ini pada bagian luar rumah juga salah satunya dengan menambah block paving!

Block paving digunakan sebagai aksen dekoratif yang bisa Anda temui di jalan masuk, trotoar, teras rumah, atau di permukaan jalan. Blok-blok ini kebanyakan terbuat dari beton dan ada juga yang terbuat dari beton atau tanah liat. Pemasangan block paving sangat bervariasi dan dapat memberikan efek tertentu! Apakah saat ini Anda sedang akan memasang block paving juga? Jika ya, Anda datang ke tempat yang tepat! Mari intip beberapa variasi pemasangan block paving yang bisa Anda gunakan!

Block Paving dengan Aksen Rumput

(sumber: indonusaconblock.com)

Jika Anda ingin memberikan kesan yang sedikit country, Anda bisa menggunakan block paving yang juga diselingi dengan rumput hijau. Dengan block paving seperti ini, Anda juga tidak perlu membuat taman karena sekeliling rumah Anda sudah terlihat sangat hijau dan asri! Berminat untuk mencoba?

Stretcher Bond Block Paving

(sumber: kingfisherpaving.com)

Variasi pemasangan ini adalah cara menyusun block paving yang paling mudah dan paling banyak digunakan biasanya. Meskipun sederhana, block paving seperti ini tetap memberikan efek dekoratif, terlebih ketika ada lebih dari satu warna yang digunakan.

Herringbone Block Paving

(sumber: tradescheck.com)

Variasi block paving ini juga tidak sulit untuk dilakukan sendiri! Anda hanya memerlukan tali atau balok kayu lurus untuk menjaga agar pemasangannya tetap linear dan membentuk persegi di area yang dipasang. Pola ini sering digunakan jika jalan lurus memiliki tepi lurus panjang ke salah satu atau kedua sisi. Dengan sudut pemasangan 90 derajat ini, Anda juga dapat menghemat batu bata yang digunakan karena satu batu bata dibagi menjadi dua.

Basket Weave Block Paving

(sumber: abcdepot.com)

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat pola ini? Terlihat seperti anyaman keranjang bukan? Pola ini sangat baik untuk Anda gunakan pada permukaan jalan yang lurus dan memanjang. Anda juga bisa gunakan beberapa warna agar polanya semakin terlihat.

Mixed Color Block Paving

(sumber: indiamart.com)

Bagi Anda yang merasa bosan dengan block paving berwarna abu-abu atau merah yang itu-itu saja, coba gunakan block paving dengan berbagai warna! Dengan menggunakan beberapa warna, Anda bisa menciptakan pola simetris tertentu yang terlihat seperti pembatasan jalur. Anda bisa gunakan ini di halaman rumah Anda atau sebagai tanda tempat parkir kendaraan. Jangan lupa untuk menyesuaikan warnanya dengan warna cat eksterior rumah Anda ya!

Round Block Paving

(sumber: marshalls.co.uk)

Anda juga bisa bereksperimen dengan bentuk block paving yang melingkar. Dengan pola ini, akan tercipta kesan ‘titik tengah’ yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat taman kecil dengan kursi taman di tengahnya. Jangan lupa gunakan beberapa warna agar lingkarannya terlihat semakin nyata!

Trihex Block Paving

(sumber: marshalls.co.uk)

Block paving dengan bentuk trihex terlihat seperti tiga bentuk segi enam yang digabung menjadi satu. Variasi ini adalah salah satu yang paling rumit, namun memberikan efek dekoratif yang menarik.

Hexagonal Block Paving

(sumber: acp.com.gh)

Variasi yang satu ini juga sering digunakan di depan rumah, di jalan atau di taman rekreasi. Pola ini terlihat lebih playful dan tidak sekaku pola-pola lainnya. Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan beberapa warna blok untuk memberikan look yang lebih menarik orang-orang yang melihatnya.

Kini Anda telah mengetahui beberapa variasi pemasangan block paving yang bisa Anda ikuti. Apakah Anda sudah memutuskan variasi mana yang paling Anda sukai? Beri komentar Anda dan selamat mencoba!

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.