Mezzanine: Solusi Cerdas Hemat Tempat

Bagi sebagian orang istilah mezzanine memang masih agak asing di telinga. Mezzanine adalah sebutan untuk ruang tambahan di antara lantai dan plafon. Ruang ini bisa dijadikan solusi untuk Anda yang ingin menambah sebuah tempat tapi tidak ingin menambah jumlah lantai. Selain biayanya lebih murah, rumah juga akan terlihat semakin unik dan stylish.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk pembuatan mezzanine atau yang sekedar penasaran bagaimana bentuk dan modelnya, ayo intip 4 gambar desain di bawah ini!

1. Mezzanine sebagai ruang belajar

Mezzanine
(Sumber: pu.bantulkab.go.id)

Belajar merupakan aktivitas yang memerlukan kosentrasi tinggi agar materi pelajaran mudah dipahami dan dimengerti. Untuk menciptakan konsentrasi yang maksimal, kondisi ruang belajar yang nyaman adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Bagaimana Anda menata ruangan, bagaimana penempatan posisi perabotan, serta bagaimana Anda membuat ruangan terlihat luas dan sedap dipandang mata.

Ruang belajar ini dapat Anda aplikasikan pada hunian Anda, terlebih apabila Anda termasuk orang yang memiliki banyak koleksi buku. Apabila tumpukan buku ditempatkan dalam satu tempat yang sama apalagi di ruangan terbuka, biasanya rak tersebut akan terlihat berantakan. Tapi jika Anda menempatkan sebagian rak di lantai bawah dan sebagian lagi di lantai atas, ruang belajar Anda akan tetap tampak tertata rapi, luas, dan nyaman untuk digunakan belajar.

2. Mezzanine di atas dapur

Mezzanine
(Sumber: sealhomes.co.uk)

Setelah lelah memasak makanan yang siap untuk disantap seluruh anggota keluarga tercinta, apakah Anda sering kesusahan memanggil mereka untuk makan karena semua sedang sibuk bermain denganย gadget,ย membaca buku, atau menonton TV? Anda wajib mengubah dekorasi hunian Anda menjadi seperti ini! Bangun sebuah mezzanine tepat di atas dapur lalu manfaatkan sebagai ruang menonton TV. Setelah masakan selesai, aroma yang sedap pasti membuat perut lapar dan secara otomatis seluruh anggota keluarga akan turun ke bawah untuk menyantap masakan Anda!

3. Ruang tambahan untuk bersantai

Mezzanine
(Sumber: homedesignlover.com)

Anda bisa membuat ruang tambahan yang ukurannya tidak terlalu luas untuk dimanfaatkan sebagai ruang bersantai. Bisa untuk tidur siang, membaca buku, dan sebagainya. Meski ukurannya kecil, Anda bisa memaksimalkan kenyamanan bersantai di sini dengan menempatkan kasur dan bantal ekstra lembut di atas mezzanine ini. Untuk meningkatkan nilai estetikanya, Anda bisa memilih tangga yang bentuk dan bahannya senada dengan dinding rumah Anda. Dari kejauhan, mezzanine ini akan terlihat seperti ruang private dan rahasia!

4. Inspirasi apartemen tipe studio

Mezzanine
(Sumber: rumahlia.com)

Jika Anda tinggal di sebuah apartemen bertipe studio dengan ukuran tidak terlalu lebar, Anda tetap bisa memiliki apartemen yang terkesan luas dengan membuat sebuah mezzanine. Lantai bawah bisa Anda maksimalkan untuk dapur, ruang makan, serta ruang tamu, lalu mezzaine bisa Anda manfaatkan sebagai ruang untuk beristirahat.

Karena mezzanine memiliki ukuran hanya setengah dari lantai bawah, Anda perlu menempatkan perabotan yang penting-penting saja seperti tempat tidur dan side table.ย Perabotan lain seperti lemari baju atau meja belajar bisa Anda tempatkan di lantai bawah. Untuk mempermanis tampilan apartemen, Anda bisa menghias dinding dengan pajangan-pajangan yang sederhana namun menawan, serta tumbuhan yang bisa membuat ruangan tampak lebih segar!

Nah, itulah tadi 4 contoh mezzanine yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk hunian Anda. Meski ukuran rumah Anda terbatas, bukan jadi alasan bagi Anda untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman dan luas, karena membuat mezzanine bisa menjadi solusi cerdas untuk memaksimalkan hunian yang sempit!

5/5 (2)

Rate this article!

Share This Article!

10 comments

  1. Maxie says:

    Saya ingin membuat mezzanine dengan ukuran:
    Tinggi 190 cm
    Panjang 200 cm
    Lebar 165 cm
    jika dari besi Berapa harganya?
    jika dari kyu berapa harganya?
    terima aksih

    • Sasa dari Sejasa.com says:

      Selamat pagi, untuk mengetahui estimasi biaya, silakan isi lokasi dan detail kebutuhan pada link berikut: https://sej.as/renovasi. Selanjutnya tim kami akan mengirimkan estimasi biaya yang dibutuhkan. Terima kasih. ๐Ÿ˜€

  2. Liza says:

    Berapa biaya u pembuatan mezzanine untuk kamar 2,5 x3 meter untuk kota medan. Atau bisa hub saya ke nomor hp 081362255668. Saya butuh info nya segera

  3. Anonymous says:

    Saya ada rumah subsidi belum ada dapur, rencana mau saya buat loteng diatasnya sebagai ruang serba guna/santai tapi bingung apakah harus menggunakan pondasi rumah 2 lantai, setelah melihat mezzanine ini sepertinya rumah berpondasi menerus ya

    • dilma says:

      Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa mengenai hal tersebut. Jika ingin membuat mezzanine, silakan buat permintaan jasa di laman https://sej.as/renovasi kami akan mengirimkan estimasi biaya dan kontak penyedia jasa agar Anda bisa berdiskusi lebih lanjut ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.