mengurus IMB

Tata Cara Mengurus IMB Bangunan Lama, Renovasi, dan IMB yang Hilang

 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah sertifikat persetujuan dan perizinan yang dikeluarkan oleh kepala daerah setempat yang wajib dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia ketika akan membangun, merenovasi, merobohkan, menambah atau mengurangi luas bangunan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia. IMB mengatur perizinan sebuah bangunan, baik itu berupa rumah, kantor, sekolah, restoran, dan lain-lain. Mengurus IMB bangunan memiliki peranan penting guna terciptanya tata letak bangunan yang aman dan teratur serta menjamin berjalannya proses transaksi jual beli bangunan secara legal dan benar.

Apabila Anda didapati tidak memiliki IMB atau data IMB Anda tidak sesuai dengan properti fisik dan data yang sebenarnya, Anda akan dikenakan denda sebesar 10% dari harga atau nilai bangunan yang Anda miliki. Merugikan sekali, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda mengurus IMB rumah tinggal Anda dengan tata cara yang benar.

Lalu, bagaimana jika IMB Anda hilang? Dan bagaimana mengurus IMB untuk bangunan lama atau IMB untuk bangunan yang ingin direnovasi? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengurus IMB yang Hilang

Jangan khawatir bila IMB yang Anda miliki hilang! Segera datangi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) di daerah di mana bangunan Anda berada. BPAD memiliki seluruh arsip atau salinan IMB milik masyarakat setempat. Jam operasionalnya adalah setiap hari kerja, yaitu dari hari Senin-Jumat, pukul 9 hingga pukul 3 sore.

Berkas yang harus Anda siapkan ketika mengurus IMB yang hilang adalah:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik IMB
  • Fotokopi Sertifikat Kepemilikan Tanah atau Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Fotokopi IMB atau nomor IMB yang hilang, yang dapat diakses dari PTSP Kecamatan
  • Surat permohonan untuk mendapatkan arsip, ditujukan untuk BPAD.

Jika seluruh berkas yang diperlukan sudah dilengkapi dan diserahkan pada BPAD, Anda hanya perlu menunggu pembuatan ulang IMB Anda. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada tahun pembuatan IMB Anda yang hilang. Semakin lama jarak penerbitan IMB yang lama dengan IMB yang akan dibuat, maka semakin lama pula pembuatan IMB baru Anda. Namun, waktu terlama IMB Anda selesai tidak lebih dari 7 hari. Perlu diketahui, dalam mengurus pengantian IMB yang hilang, Anda tidak dikenakan biaya apapun.

jasa pengurusan imb

Perlukah Mengurus IMB untuk Renovasi Rumah?

Tidak semua proses renovasi mewajibkan Anda untuk memperbaharui IMB. Lalu, renovasi seperti apa yang mengharuskan Anda untuk mengurus kembali IMB? Nah, Anda diwajibkan untuk memperbaharui IMB bila renovasi yang dikerjakan melibatkan perombakan denah rumah. Seperti yang diatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2010, mengurus IMB untuk renovasi rumah hanya meliputi proyek penambahan jumlah ruangan, pembongkaran dinding untuk memperluas ruangan, atau pembuatan bangunan baru di bagian atas maupun bagian samping bangunan rumah sebelumnya. Apabila Anda hanya membuat saluran air, mengecat dinding, atau mengganti genteng, Anda tidak perlu mengurus IMB untuk renovasi rumah.

Memperbaharui IMB ketika renovasi menjamin kemudahan dan keteraturan proses jual-beli rumah kelak serta menghindari sanksi yang tidak diinginkan. Jika di masa depan Anda berniat menjual rumah Anda, calon pembeli potensial sangat mungkin tidak jadi membeli rumah yang Anda jual karena adanya perbedaan IMB dengan keadaan fisik rumah Anda yang sebenarnya. Oleh karena itu, bila Anda tidak mengurus IMB ketika merenovasi rumah, rumah Anda menjadi tidak sah secara hukum.

Dokumen yang harus Anda lengkapi untuk mengurus IMB renovasi rumah adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Surat kuasa apabila penandatangan bukan dilakukan oleh pemohon sendiri.
  • Fotokopi pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir.
  • Fotokopi Bukti Kepemilikan Tanah yang disahkan oleh pejabat yang berwenang.
  • Fotokopi Gambar Rencana Bangunan berikut penjelasannya, dengan skala 1:100
  • Perhitungan Konstruksi bagi bangunan bertingkat.
  • Izin tetangga diketahui RT/RW (dengan materai sebesar 6000).
  • Denah bangunan dan foto tampak bangunan dalam ukuran Postcard (8,9 x 12,7 cm), khusus IMB pemutihan.
  • Pengantar/ Rekomendasi Lurah dan Camat tentang berdirinya bangunan.
  • Rekomendasi dinas/ instansi terkait.
  • Fotokopi Akte Jual Beli
  • Fotokopi IMB lama sebelum renovasi.Fotocopy izin pemanfaatan ruang.

Setelah semua dokumen yang diperlukan telah Anda lengkapi, segera datangi Dinas Tata Kota setempat dan serahkan dokumen-dokumen tersebut kepada petugas. Beberapa hari kemudian, Anda akan didatangi petugas yang akan memeriksa dan memastikan kesesuaian dokumen dengan fakta di lapangan. Setelah itu, bila dokumen Anda dinyatakan tidak bermasalah, Anda wajib melakukan pembayaran ke loket dan melakukan pembelian atas papan IMB untuk dipasang di depan rumah yang sedang direnovasi. Biasanya, IMB renovasi akan selesai dalam waktu kurang lebih 14 hari setelah Anda melakukan pembayaran.

Mengurus IMB Bangunan Lama atau Bangunan yang Telah Ditempati

Pengurusan IMB untuk bangunan lama atau bangunan yang telah ditempati diatur oleh UU Nomor 28 Tahun 2008 Pasal 48 Ayat 3, yang berbunyi:

“Bangunan gedung yang telah berdiri, tetapi belum memiliki izin mendirikan bangunan pada saat undang-undang ini diberlakukan, untuk memperoleh izin mendirikan bangunan harus mendapatkan sertifikat layak fungsi berdasarkan ketentuan undang-undang ini. Pengkajian kelayakan bangunan dilakukan oleh pengkaji teknis Pemerintah Daerah secara bertahap sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.”

Berdasarkan undang-undang tersebut, Anda wajib mengurus IMB untuk bangunan yang sudah berdiri lama, selagi kondisi bangunan masih layak dan berada di lingkungan pemukiman penduduk. Untuk membuktikan kelayakan kondisi bangunan, diperlukan sertifikat layak fungsi yang harus diserahkan ketika mengajukan pembuatan IMB bangunan lama. Selain itu, prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus IMB bangunan lama dan bangunan yang telah ditempati sama persis dengan tata cara membuat IMB baru yang dapat Anda lihat di sini.

Bagaimana Bila Berkas dan Dokumen Yang Dibutuhkan Hilang?

Masalahnya sekarang, bagaimana bila berkas dan dokumen yang menjadi persyaratan pengajuan IMB tidak Anda miliki? Dan bagaimana bila IMB atau berkas-berkas penting lainnya belum balik nama? Jangan khawatir! Segera urus ke Kantor Pertanahan wilayah Anda dan jelaskan permasalahan Anda kepada petugas yang berwenang.

Namun, agar ketidaklengkapan dokumen kepemilikan atas bangunan tidak terjadi pada diri Anda, tetap lakukan tindakan pencegahan dengan menyimpan dokumen Anda di tempat yang aman dan memastikan kelengkapan dokumen, berkas, dan sertifikat ketika Anda membeli bangunan atau tempat tinggal dengan seksama. Jangan lupa untuk selalu melakukkan balik nama terhadap berkas-berkas tersebut! Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.

Kini, Anda sudah memahami langkah-langkah beserta penjelasan untuk mengurus IMB renovasi rumah, IMB yang hilang, dan IMB bangunan lama. Semoga proses pengajuan IMB Anda berjalan dengan lancar, ya!

Butuh Jasa Pengurusan IMB Terpercaya?

jasa pengurusan IMB

Dapatkan jasa pembuatan IMB untukrumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa pembuatan IMB sekarang! >>

4.86/5 (7)

Rate this article!

Share This Article!

44 comments

  1. destiani says:

    Tanya :
    Ada teman yg akan membeli rumah lelang dari sebuah bank, informasi dari bank tersebut bahwa pemilik rumah sdh tidak bisa dihubungi kembali, dokumen rumah lengkap, namun IMB belum selesai,
    mohon informasinya langkah-langkah apakah yang harus teman saya lakukan jika teman saya masih berniat membeli rumah lelalng tersebut,

    Terima kasih

    • Ratna says:

      Saya ingin bertanya nih pak , bagaimana jika rumah yg saya beli ini Sdh d urus IMB nya namun IMB yg keluar ada jangka waktunya dikarenakan tdk sesuai dengan fisik. Apakah bs d buat untuk IMB tetap nya yg TDK ada jangka waktunya? Krn akan saya ajukan ke bank sedangkan bank tdk mau jika IMB nya ada jangka waktunya. Mohon pencerahannya dengan sangat. Terimkasih banyak.

  2. cepi says:

    mau bertanya : ketika mengecek surat2 rumah beberapa waktu lalu, ternyata ada lembaran yang tidak diketemukan hingga kini. Lembaran itu adalah gambar denah rumah. Apakah gambar denah rumah tsb dapat digunakan oleh pihak lain? apak perlu melapor ke polisi setempat? atau BPN? terima kasih sebelumnya…

  3. Lia says:

    Sore, bangunan rumah saya tidak ada yang diubah, mau tanya jika surat rumah saya status HGB dan mau diurus jadi SHM (status sudah punya IMB), perlu pembaharuan IMB atau tidak ? perlu urus PM1 ?
    Thank you

  4. Wahyuaji says:

    Ayah Saya beli rumah, tapi mau di bongkar ulang, bangun lagi di tanah tsb, Pakai jenis permohonan yg mana ya? Perizinan baru atau perubahan perjanjian? Dan utk Syarat perubahan perjanjian ko persyaratan tdk ada ya? Terimakasih.

    • Bila tipe bangunannya sama (misal dari rumah dibongkar jadi rumah), perubahan saja pak. Namun bila tipe bangunannya beda fungsi, misal dibangun jadi ruko atau jenis bangunan lainnya, harus ada perizinan baru. 🙂

  5. Andree says:

    Kami menyewa lahan dengan bangunan 2 lantai, untuk bangunan kami sudah robohkan
    dan berencana bikin bangunan untuk keperluan restoran, bangunan terdiri dari kanopi, bangku dan dapur

    apakah perlu mengurus IMB atau surat2 ijin lainnya?

    Terima kasih

  6. Hana says:

    Kalau untuk pembagian rumah tapi imb nya masih jadi satu, berapa biaya untuk pisah imb? Ataukah harus mengurus lagi sendiri untuk imb baru?.. Trimakasih.

  7. Ganda says:

    Apakah fungsi imb rumah bisa dirubah fungsi mjd cafe? Bagaimana caranya? Kemana harus lapor?
    Terimakasih

  8. Rosmawati, S.Pd says:

    Saya sudah punya sertifikat tanah atas nama suami saya dan sudah memiliki bangunan rumah tempat kami tinggal sekarang.rencananya pingin mengurus IMB,gimana caranya ya?

  9. Daniel says:

    Saya ada rencana mau renovasi rumah orang tua kebetulan posisinya di hook dengan luasan kurang lebih 200m. Kebetulan ada sisa lahan kosong sekitar 110m disamping rumah. Saya mau bangun lahan disamping sekaligus mau rubah posisi ruang kamar rumah saya biar bisa digabung dengan bangunan baru dan menjadi luas.
    Yang saya mau tanyakan.
    1. Saya urus imb jenis apa?
    2. apakah ada pengukuran ulang kembali karena saya belum ada konsep denah untuk baru dan perubahan tata ruang rumah yg sudah ada.
    3. Berapa lama proses perijinan imb seperti dan alur prosesnya seperti apa?
    4. Seteleah saya mengurus imb. Apakah saya juga merubah sertifikat shm rumah orang tua saya juga dan dimana pengurusannya?
    5. Kira – kira berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk pengurusan imb dan merubah sertifikat setelah dapat ijin imb nya?
    Mohon bantuan info dan solusinya. Terima kasih

    • Sasa dari Sejasa.com says:

      1. Pengurusan IMB nya nanti berupa IMB Renovasi (update luasan bangunan).
      2. Pengurusannya pada saat sudah ada gambar rancangan bangunan yang diinginkan
      3. Tergantung dari ketentuan dan peraturan daerah dan wilayah masing-masing
      4. Saat pengurusan IMB akan mengacu ke SHM. Sehingga apabila ingin mengubah/balik nama, yang perlu dilakukan adalah balik nama surat sertifikatnya terlebih dahulu
      5. Untuk biayanya tergantung dengan kompleksitas lingkup kerja. Untuk mendapatkan penawaran dan estimasi, Anda dapat membuat permintaan jasa IMB pada link berikut >> https://www.sejasa.com/searches?name=IMB

  10. Paisal says:

    Bang boleh tanya jika saya ngurus imb untuk rmh lama. Tapi pakai nama kakek saya udah meninggal apa bisa.. Kalo pakai nama saya sulit bang soalnya saya harus balik nama ..itu butuh uang banyak untuk balik nama sedangkan saya hanya ojek online..

Leave a Reply

Your email address will not be published.