tanaman pengusir nyamuk

Ampuh! 4 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Rumah Anda!

Musim hujan dan pancaroba adalah waktu yang tepat bagi nyamuk untuk berkembang biak. Selain mengganggu kenyamanan Anda saat berada di dalam rumah, nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, dan lain sebagainya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, misalnya dengan menggunakan obat pengusir nyamuk, melakukan pengasapan atau fogging dengan jasa pest control, dan menempatkan tanaman pengusir nyamuk di sekitaran rumah.

Dari beberapa pilihan yang telah disebutkan di atas, menggunakan tanaman pengusir nyamuk adalah solusi yang paling paling tepat. Selain ramah lingkungan dan tanpa efek samping, menggunakan bantuan dari tanaman alami juga dapat mempercantik rumah. Berikut kami uraikan 4 tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda tanam di luar maupun di dalam rumah.

1. Lavender

Salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk yang paling familiar dan banyak digunakan adalah Lavender. Ketenaran Bunga Lavender bukanlah tanpa alasan. Anda bisa menemukan tiga manfaat sekaligus jika menggunakan Lavender di ruangan rumah Anda. Pertama, bunga ini memiliki ciri khas berupa baunya yang wangi dan baik untuk aromaterapi. Kedua, Bunga Lavender memiliki warna ungu alami yang sangat cantik untuk dijadikan tanaman hias di ruangan rumah Anda. Dan terakhir, Bunga Lavender memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan linalool dan lynalyl acetate pada Lavender. Konon, bila nyamuk mencium bau bunga ini akan pusing dan memilih untuk menjauhi sumber bau.

Anda bisa memanfaatkan keuntungan dari Bunga Lavender dengan cara menanamnya di halaman rumah atau di tembok bagian luar rumah. Anda bisa juga menanamnya di dalam pot, lalu meletakkannya di dekat jendela kamar tidur. Dengan cara ini, Anda bisa memanfaatkan Lavender sebagai tanaman pengusir nyamuk sekaligus pengharum ruangan.

2. Rosemary

Memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Lavender, Rosemary juga menghasilkan aroma yang harum dan ditakuti oleh nyamuk. Bedanya, Rosemary memiliki bunga yang berwarna biru muda dan berukuran lebih kecil. Tetapi dari segi umur dan perawatan, Rosemary memiliki daya tahan lebih lama terhadap sinar matahari dan penyakit hama. Anda bisa menumbuhkan tanaman ini dengan mencangkoknya di tanah atau menggunakan pot.

Cara yang paling tepat untuk merawat rosemary adalah menempatkannya di dekat jendela agar terkena sinar matahari langsung. Dengan bantuan cahaya matahari, pertumbuhan Rosemari Anda bisa berjalan dengan baik.

Rosemary menghasilkan aroma seperti minyak kayu putih atau minyak telon. Aroma tersebut keluar dari daunnya yang berwarna hijau. Tetapi juga bisa memanfaatkan bunganya dengan cara digosokan ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk.

3. Bunga Geranium

Memiliki bentuk dan warna yang atraktif, tanaman yang lebih sering dikenal dengan nama lain Tapak Dara ini juga menghasilkan aroma yang harum. Kandungan zat geraniol dan sitronelol pada Bunga Geranium dipercaya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut mudah menyebar ketika terbawa angin, sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi wangi Geranium. Maka dari itu, tempatkan tanaman ini pada bagian luar yang aksesnya masih cukup dekat dengan ruangan rumah, seperti di dinding luar dekat pintu atau jendela rumah. Dengan demikian, kehadiran Bunga Geranium bisa mengubah tampilan luar rumah menjadi lebih cantik, sekaligus mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah Anda.

4. Lemon Balm

Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tumbuhan mint. Selain ditakuti oleh nyamuk, Lemon Balm juga mengeluarkan aroma lemon yang lembut dan berguna untuk kesehatan pernafasan kita. Tanamlah Lemon Balm di dalam pot daripada di kebun, karena proses pertumbuhan daunnya yang cepat bisa Anda atasi dengan memotongnya secara berkala. Tempatkan Lemon Balm di dalam ruangan dekat dengan jendela rumah Anda.

Keempat tanaman yang telah kami sebutkan di atas memiliki karakteristik yang hampir sama, yakni mengeluarkan aroma yang wangi dan tidak disukai nyamuk. Cobalah untuk menanam minimal satu dari empat tanaman tersebut, untuk membuat rumah Anda segar dan bebas dari serangan nyamuk.

Ingin memiliki taman asri & bermanfaat? Ayo pesan jasa tukang taman untuk membantu Anda!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.