sebelum mengecat dinding

Penting! Putuskan 10 Hal Ini Sebelum Mengecat Dinding!

Mengecat dinding adalah salah satu cara mudah untuk memberikan perubahan pada ruangan atau rumah Anda. Setiap warna akan memberikan aksen yang berbeda dan kesan tersendiri. Mengganti warna dinding juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa bosan dengan rumah, tapi tidak ingin melakukan renovasi. Pekerjaan mengecat dinding ini memang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan para tukang, tapi… adakah hal-hal yang harus diperhatikan sebelumnya?

Yuk, pahami dulu beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memoles dinding rumah berikut!

1. Tentukan Waktu yang Tepat

(sumber: winlintechno.com)

Meskipun terlihat sederhana dan sepele, mengecat dinding merupakan suatu kegiatan yang butuh banyak usaha dan tenaga. Oleh karena itu, tentukan waktu yang tepat untuk mengecat dinding rumah Anda. Biasanya, orang-orang cenderung memilih untuk mengecat di musim panas, agar cat lebih cepat kering. Anda juga perlu menentukan hari di mana Anda memiliki waktu luang untuk mengerjakan pengecatan ini. Coba lihat kalender Anda sekarang!

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

2. Persiapkan Dinding Ruangan

(sumber: regentrealtybelize.com)

Eits, jangan buru-buru menumpahkan cat ke dinding Anda! Persiapkan terlebih dahulu dinding yang ingin Anda cat. Pertama, Anda harus membersihkan bekas cat sebelumnya atau Anda bisa menggunakan cat primer, yaitu cat warna putih, agar warna cat selanjutnya lebih keluar. Jangan lupa juga untuk mendempul bagian-bagian dinding yang cacat agar permukaannya terlihat lebih mulus.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

3. Tentukan Palet Warna Ruangan

(sumber: onekingslane.com)

Salah satu hal yang cukup memusingkan adalah: memilih warna! Anda mungkin bosan dengan penampilan ruangan Anda sebelumnya, tapi Anda juga bingung dengan warna lain yang sesuai. Coba tentukan palet warna yang Anda inginkan dari ruangan Anda, apakah Anda ingin ruangan dengan tone yang vibrant? Warm? Atau mungkin monochrome? Sebaiknya Anda juga menyesuaikannya dengan tone furnitur yang sudah ada di rumah. Setelah Anda menentukannya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan warna yang Anda ingin gunakan.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

4. Hitung Kebutuhan Cat

(sumber: diy.com)

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui dahulu adalah jumlah cat yang dibutuhkan. Pastinya, Anda tidak ingin kekurangan ataupun kelebihan cat bukan? Anda bisa memulainya dengan menghitung permukaan yang akan dicat. Setelah Anda mengetahui jumlah meter perseginya, bagi dengan daya sebar cat yang Anda gunakan. Jangan lupa mengalikannya dengan jumlah lapis pengecatannya. Dengan demikian Anda tahu jumlah kebutuhan cat Anda!

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

5. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

(sumber: architecturaldigest.com)

Salah satu faktor penting dari ruangan adalah: cahaya. Masing-masing ruangan tentunya memiliki intensitas cahaya yang berbeda-beda tergantung keberadaannya di rumah. Sesuaikan warna cat yang akan Anda gunakan dengan pencahayaan di ruangan ingin dicat. Untuk ruangan-ruangan dengan jendela yang besar, Anda dapat menggunakan warna-warna yang terang untuk memberikan kesan luas pada ruangan Anda.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

6. Perhatikan Kondisi Ruangan

(sumber: apartmenttherapy.com)

Terkadang, Anda harus jeli dengan keadaan dan masalah yang ada pada dinding atau ruangan Anda. Terdapat situasi di mana warna dinding sebelumnya tidak bisa ditimpa atau kondisi ruangan memang gelap. Setelah Anda mengetahui situasi tersebut, Anda harus dapat mencari solusinya. Gunakan warna cat yang tetap memberikan aksen pada ruangan Anda tapi juga sekaligus menutupi kekurangannya.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

7. Lakukan Trial Terlebih Dahulu

(sumber: ksmithinterior.com)

Dalam hal mengecat dinding, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan metode “trial and error“! Anda bisa langsung mencobanya ke dinding yang ingin dicat atau di lembaran kertas. Setelah itu, Anda bisa melihat apakah warna tersebut selaras dengan warna interior ruangan. Anda juga bisa melihat warna yang dicoba dalam beberapa kondisi, misal: ketika terkena sinar lampu, ketika terkena cahaya matahari, atau ketika dalam kondisi normal.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

8. Tentukan Dinding Utama

(sumber: winduprocketapps.com)

Jika Anda mengecat dinding dengan tujuan untuk memberikan aksen yang berbeda pada ruangan Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih satu dinding yang ingin Anda tonjolkan. Pastikan di sekitar dinding utama tersebut diisi dengan ornamen-ornamen utama, seperti misalnya ranjang tidur. Seluruh perhatian akan terpusat pada dinding utama tersebut jika Anda memberikan warna yang berbeda dari sekitarnya.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

9. Jangan Lupakan “Dinding Kelima”

(sumber: architechturaldigest.com)

Bagian ini mungkin merupakan bagian yang sering terlupakan dalam hal pengecatan, yaitu “dinding kelima” atau langit-langit ruangan rumah Anda! Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan warna-warna yang kontras dengan warna interior lain jika Anda ingin orang lain memperhatikan ceiling rumah Anda. Namun, jika Anda mempunyai langit-langit yang tidak rapi, miring atau mungkin rendah, Anda bisa menggunakan warna yang sama dengan warna dinding agar langit-langit tidak terlihat lebih menonjol.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

10. Pilih Finishing yang Diinginkan

(sumber: archiexpo.com)

Yang terakhir, tentukan tipe finishing yang Anda inginkan sesuai dengan tema dekorasi di ruangan atau rumah Anda. Anda bisa menyelesaikan pengecatan dengan sentuhan matte yang membuat permukaan terlihat mulus atau Anda bisa menggunakan sentuhan concrete, yang membiarkan keadaan apa adanya dari dinding Anda.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

Bagaimana? Apakah kini Anda sudah memahami hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengecat dinding rumah Anda? Pastikan Anda menerapkan tips-tips ini untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Jangan lupa juga untuk membuat list dari warna yang Anda inginkan, ruangan yang ingin dicat dan jenis cat yang akan digunakan untuk mempermudah Anda. Finally…. Good luck on your painting!

5/5 (2)

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.