musim hujan di depan mata

7 Tips Rumah Anti Banjir dan Bocor Saat Musim Hujan

Musim hujan di depan mata! Cuaca sudah pasti jadi tak menentu; siang yang sangat panas, gerimis kecil, hingga hujan badai menunggu Anda. Tapi, apakah rumah Anda sudah siap?

Yuk, persiapkan rumah Anda menghadapi musim hujan dengan melakukan 7 hal ini!

1. Ganti Atap yang Rusak

Jangan sampai tidur nyenyak Anda sekeluarga terganggu karena air hujan masuk ke rumah. Sebaiknya, sebelum musim hujan semakin intens, pastikan tidak ada kerusakan pada atap Anda. Genteng atap rumah juga harus kokoh dan merekat kuat agar tidak lepas karena angin kencang.

Pesan Jasa Perbaikan Atap >>

 

2. Perbaiki Plafon Rumah

Langit-langit rumah yang sudah lapuk, lembap, bahkan rusak jangan sampai dibiarkan. Apalagi di ruang tidur dan ruang beraktivitas, tentu akan mengganggu bila terjadi kebocoran. Udara di rumah pun menjadi tidak sehat. Yuk, perbaiki sekarang juga!

Pesan Jasa Perbaikan Plafon >>

 

3. Gunakan Cat Weatherproof

Cat rumah Anda dengan cat dengan teknologi weatherproof. Tidak hanya anti rembes, cat ini juga tidak mudah rusak akibat pergantian cuaca yang ekstrem. Tidak perlu mengecat ulang bagian dalam rumah, Anda hanya perlu mengecat eksterior rumah sebelum cuaca menjadi semakin buruk.

Pesan Jasa Pengecatan Dinding >>

 

4. Pasang Kusen yang Pas

Pilih kusen pintu dan jendela dengan ukuran yang tepat. Sehingga ketika hujan turun dengan sangat deras, air hujan tidak akan menembus masuk lewat sela-sela pintu maupun jendela. Tentu Anda tidak menginginkan terpaan air hujan masuk ke dalam rumah, bukan?

Pesan Jasa Kusen Pintu Jendela >>

 

5. Tinggikan Lantai Rumah

Buat lantai rumah lebih tinggi paling tidak 5 cm dari lantai teras. Dengan demikian, air hujan yang dari luar tidak akan bisa mengalir ke dalam rumah dan menciptakan banjir lokal! Bila daerah rumah Anda rawan banjir, jangan ragu untuk menaikkan lantai rumah lebih tinggi lagi dan membuat tangga eksterior.

Pesan Jasa Pertukangan >>

 

6. Pangkas Pohon di Rumah

Jangan sampai ranting pohon yang runtuh akibat angin kencang membuat atap rumah Anda bocor atau merusak kendaraan Anda. Sebelum badai menerpa, lebih baik segera pangkas ranting-ranting pohon yang sudah terlalu panjang dan rawan patah.

Pesan Jasa Tukang Taman >>

 

7. Pasang Kanopi

Memasang kanopi di depan rumah menjelang musim hujan adalah keputusan yang tepat. Meskipun hujan turun sangat deras, keberadaan kanopi akan menjadikan rumah, teras, dan kendaraan lebih aman dari terpaan hujan. Anda pun jadi tak perlu repot-repot mengepel lantai atau mengeringkan kendaraan setelah hujan.

Pesan Jasa Pasang Kanopi >>

 

Nah, itu dia 8 hal yang perlu Anda lakukan saat musim hujan sudah di depan mata! Tunggu apa lagi, pesan jasa yang Anda perlukan di Sejasa.com untuk mendapatkan rekomendasi penyedia jasa terpercaya dan berpengalaman!

5/5 (8)

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.