perbedaan freon r32 dan r22

Harus Tahu! Ini Perbedaan Freon R22 dan R32

Freon atau refrigeran merupakan gas chlorofluorocarbon (CFC) yang digunakan sebagai gas pendingin. Salah satunya digunakan pada AC ruangan. Sebelum membeli AC, umumnya Anda akan dihadapkan dengan pilihan AC freon R22 atau R32. Namun, tahukah Anda apa yang menjadi perbedaan freon R22 dan R32? Tim Sejasa telah merangkum informasinya untuk Anda.

Freon R22

Gas pendingin dengan kode R22 merupakan kategori yang dulunya banyak digunakan pada tahun 1990-an. Namun, karena memiliki dampak terhadap kerusakan ozon, penggunaannya dilarang dan digantikan oleh jenis HCFC.

Inilah sifat atau karakteristik freon R22:

  • Memiliki tabung yang berwarna hijau muda atau light green
  • Memiliki kemampuan daya hantar arus yang sangat besar
  • Memiliki kemampuan bercampur dengan minyak pelumas pada tekanan rendah terutama di evaporator
  • Memiliki sifat tidak korosif terhadap logam seperti besi, tembaga, aluminium, kuningan, baja dan lain-lain
  • Tidak memiliki racun, tidak berbau dan mudah dideteksi apabila mengalami kebocoran
  • Memiliki ODP atau Ozone Depletion Potential sebesar 0.05, yang berarti merusak ozone
  • Memiliki GWP atau Global Warming Potential dengan poin 1.810
  • Memiliki indeks dingin atau cooling index poin 100.

Freon R32

Merupakan kelompok gas HFC yang ramah lingkungan untuk pendingin ruangan. Di Indonesia, freon jenis ini mulai digunakan sejak awal tahun 2015. Keberadaan freon R32 adalah untuk mengurangi pemanasan global.

service ac apartemen oleh teknisi Sejasa di sebuah unit apartemen di Jakarta

Inilah sifat atau karakteristik freon R32:

  • Memiliki tabung yang berwarna biru dan merah muda atau pink
  • Tidak beraroma
  • Jernih dan tidak berwarna 
  • Dapat terbakar
  • Memiliki ODP atau Ozone Depletion Potential sebesar 0, yang berarti tidak merusak ozone
  • Memiliki GWP atau Global Warming Potential  dengan poin 675, yang lebih rendah dibandingkan freon R22.Memiliki indeks dingin atau cooling index poin 160, lebih tinggi dibandingkan freon R22

Mungkin masih ada beberapa orang yang saling menggantikan jenis freon yang satu dengan lainnya. Padahal, itu akan membuat kinerja AC tidak maksimal dan mempercepat kerusakan pada unit AC.

Untuk itu, apabila freon AC Anda habis pastikan untuk mengisi ulangnya sesuai dengan tipe freon AC tersebut. Anda bisa memanggil jasa service AC Sejasa untuk melakukan isi ulang freon dan menambah tekanan freon. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengisi form permintaan jasa Service AC. 

Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan kondisi freon AC. Tersedia pilihan untuk isi dan tambah freon R22 0.5-1 PK, R22 1.5-2 PK, R32/R410 0.5-1 PK, R32/R410 1.5-2 PK. Pesan sekarang melalui website sejasa.com atau Aplikasi Sejasa.

Kemudahan Pesan Tambah Freon dan Isi Freon AC  Sejasa

Garansi Hingga 60 Hari

Dengan menggunakan layanan bongkar AC Sejasa, Anda akan mendapatkan garansi berupa pengerjaan jasa hingga 60 hari* dari tanggal pengisian freon (sesuai tanggal yang tertera di invoice/kuitansi).

*Pembayaran Online (Virtual Account, Transfer, kartu kredit, dll) : Garansi 60 hari
*Pembayaran Tunai : Garansi 30 hari

Harga Terstandarisasi

Dengan harga yang telah terstandarisasi, Anda tidak perlu lagi bingung mengenai harga jasa. Anda hanya perlu melakukan pembayaran layanan jasa sesuai dengan invoice yang tertera. Anda juga tidak perlu menambahkan biaya ongkos atau transportasi, karena biaya yang tertera sudah mencakup seluruh layanan.

Teknisi Terverifikasi dan Profesional

Teknisi yang akan membantu proses bongkar pasang AC Anda adalah mereka yang telah melalui proses seleksi ketat sehingga terverifikasi. Dengan begitu, mereka adalah penyedia jasa yang profesional dan berpengalaman dalam pengisian dan penambahan freon AC, serta perbaikan AC lainnya. Apabila ingin mengetahui kredibilitas penyedia jasa, Anda bisa melihat review dan portofolio pengerjaan jasa pada halaman profil bisnis penyedia jasa.

layanan service AC Sejasa dapat melayani kebutuhan isi freon r32 maupun r22

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *