Harga Ayam Broiler Sering Naik, Apa Penyebabnya?

harga ayam broiler

Harga ayam broiler terus naik melonjak terutama pada waktu-waktu tertentu. Ketika akan memasuki hari lebaran, maka harga ayam akan mengalami peningkatan di sejumlah daerah di Indonesia. Biasanya harga ayam yang melonjak tajam ini disebabkan karena permintaan masyarakat yang tinggi namun suplai dari peternak yang masih cukup terbatas.

Untuk harga  ayam broiler terkini  per April 2022 iniuntuk wilayah Jabodetabek berkisar di angka Rp 22.000. Sementara di beberapa wilayah di Jawa harganya mulai dari Rp21.000-Rp22.500. untuk wilayah di luar Jawa juga mengalami angka yang bervariasi mulai harga Rp.20.000-Rp25.000.

Penyebab Harga Ayam Broiler Meroket

Tingginya permintaan tentu saja seiring dengan aktivitas ekonomi yang kembali bergerak naik, di masa Pandemi di tahun 2022. Dimana seluruh cafe dan restoran sudah mulai buka jadi permintaan bisa saja naik. Sementara dari sisi penyuplai dari peternakan, menyesuaikan dengan kebutuhan ayam di masa pandemi sebelumnya di mana produksinya diperkecil.

Kenaikan harga ayam broiler ataupun jenis ayam lainnya merangkak naik juga bisa disebabkan karena naiknya harga pakan ternak. Harga pakan ternak yang naik membuat harga jualnya tidak sebanding sehingga kenaikan harga ayam tidak bisa terhindarkan.

Tips Memilih Ayam Broiler Untuk Dikonsumsi

Banyak pilihan ayam broiler yang bisa Anda beli baik di pasar ataupun supermarket. Namun perlu diketahui bahwa ayam broiler yang baik dikonsumsi memiliki ciri tertentu yang perlu diketahui secara bijak. Apalagi jika membelinya di pasar, harus benar-benar paham mana ayam yang memiliki kualitas baik dan mana yang punya kualitas rendah. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan.

Warna Ayam

Sebaiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan warna ayam utuh saat ingin dibeli. Warna ayam terbaik biasanya masih memiliki warna putih dengan semburat merah muda. Hindari pembelian ayam dengan warna yang sudah pucat sampai kebiruan. Jangan pula memilih ayam yang warnanya mengkilap karena punya potensi dengan kandungan formalin.

Tekstur Ayam

Selanjutnya juga untuk mengetahui bagaimana kualitas dari tekstur ayam. Perhatikan apakah teksturnya bertepung atau berpasir. Tekstur bertepung hingga berpasir ini menAndakan bahwa ayam tersebut sudah memiliki kandungan bahan kimia.

Karena tekstur tepung tersebut merupakan sisa-sisa bahan kimia yang tidak terbalas dengan baik. Tentu saja Anda tidak ingin memakan ayam broiler yang punya kandungan zat berbahaya untuk dikonsumsi.

Kebersihan Ayam

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebersihan ayam dan tempat menjualnya. Jangan pilih ayam yang banyak dihinggapi oleh lalat karena lalat membawa bibit penyakit. Namun lalat terkadang  bisa menjadi indikator untuk pemilihan ayam yang punya kualitas terbaik. Jika sama sekali tidak ada lalat yang hinggap di ayam tersebut, Anda harus curiga. Karena ini bisa saja jadi indikasi bahwa ayam tersebut punya kandungan bahan kimia.

Untuk itu Anda juga harus menghirup bau khas ayam. Ayam yang segar dan tidak menimbulkan bau anyir yang menyengat merupakan ayam yang masih punya kualitas baik. Hindari pembelian ayam dengan bau amis apalagi bau busuk karena mungkin saja merupakan stock ayam lama yang kualitasnya sudah menurun. Hindari juga pembelian ayam dengan bau bahan kimia karena berarti air tersebut sudah dicuci atau direndam dengan bahan kimia berbahaya.

Keluarnya Cairan

Yang terakhir, penting juga memperhatikan ayam apakah  ada keluar cairan atau darah dari tubuhnya. Biasanya ketika ayam mengeluarkan cairan atau darah dari tubuhnya berarti ayam tersebut sudah sering dibekukan dan merupakan stock ayam lama. Ayam stok lama ini tentu saja harus dihindari karena kualitasnya menurun bahkan bisa kualitasnya menjadi lebih buruk. Ayam dengan kualitas rendah tentu tidak cocok untuk dikonsumsi siapapun. Apalagi jika Anda ingin memberikan ayam untuk dikonsumsi oleh anak.

Itulah beberapa penyebab harga ayam broiler yang cenderung naik dan juga tips bagaimana cara memilih ayam broiler dengan kualitas terbaik. Konsumsi ayam tentu sangat baik karena bisa diolah menjadi makanan yang bervariasi dan rasanya juga nikmat. Baik bagi para pecinta ayam ataupun untuk orang-orang yang tidak mengkonsumsi ikan, jenis makanan ini menjadi penyelamat.

Temukan penyedia jasa rumah yang profesional dan berkualitas di Aplikasi Sejasa dan website sejasa.com. Penuhi kebutuhan jasa rumah Anda, mulai dari cleaning, servis AC dan elektronik lainnya, massage, pertukangan, renovasi rumah, dan banyak lagi hanya bersama Sejasa. Konfirmasi pemesanan cepat, mudah, dan praktis.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.