token listrik prabayar pln

Keuntungan Pakai Token Listrik yang Perlu Anda Tahu

Token listrik merupakan bagian dari layanan Listrik Pintar PLN yang sistemnya prabayar. Layanan listrik prabayar ini memiliki banyak keuntungan yang perlu Anda pertimbangkan dalam penggunaan listrik pada rumah/bangunan.

Sebelum menggunakan listrik dari layanan ini, pelanggan perlu membeli voucher/pulsa dengan nominal tertentu. Nominal yang dapat dibeli beragam sesuai kebutuhan masyarakat mulai dari Rp20 ribu. Setelah itu, pelanggan mendapatkan 20 digit yang harus dimasukkan ke meter kWh Meter yang disebut Meter Prabayar (MPB).

Keuntungan menggunakan token listrik

Sesuai anggaran belanja

manfaat token listrik keuntungan
Freepik

Variasi nilai pulsa listrik memberikan keleluasaan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Mulai dari Rp20 ribu, pelanggan sudah bisa menikmati listrik.  Cocok untuk anak kos terutama saat budget terbatas!

Pemakaian listrik lebih terkendali

Seperti judul “Listrik Pintar”, pelanggan diajak untuk lebih pintar dan bijak dalam mengatur konsumsi listrik. Sistem prabayar ini memungkinkan pelanggan dapat mengatur dan memantau penggunaan listrik setiap saat sesuai kebutuhan.

Pada layar MPB, akan ditampilkan informasi seperti informasi jumlah energi listrik (kWH) yang dimasukkan, yang sudah terpakai selama ini, yang sedang terpakai, dan yang masih tersisa. Dengan mengetahui hal ini, pelanggan menjadi sadar seberapa banyak energi yang digunakan dalam kurun waktu tertentu. 

Selamat tinggal “lupa bayar tagihan listrik”

Salah satu fitur pada MPB adalah adanya pengingat berupa alarm kWh yang akan otomatis menyala sebagai tanda pulsa listrik akan habis. Dengan demikian, Anda tidak akan lupa untuk segera membeli voucher listrik.

Bebas denda keterlambatan

pakai token listrik hemat
Freepik

Terima kasih kepada sistem prabayar, Anda pun bisa membayar listrik tepat waktu. Sistem ini membuat Anda menjadi disiplin dan pada akhirnya mendukung Anda untuk berhemat. Tidak ada lagi denda tambahan akibat terlambat bayar listrik seperti pada listrik pascabayar. 

Privasi lebih terjaga

Segala aktivitas konsumsi listrik akan dicatat melalui MPB. Jangan khawatir, pencatatan lewat meteran listrik ini sifatnya otomatis, sangat akurat, dan tidak akan salah. Petugas pencatatan meter tidak perlu datang ke rumah. Terlebih dengan kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang, kita perlu berhati-hati jika menerima tamu dari luar rumah.

Jaringan pembelian luas 

Woman of happy smiling and holding smart phone beli token listrik
Freepik

Pembelian voucher listrik dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jaringannya luas dan mudah didapat. Salah satunya, di loket pembayaran listrik online. Sejasa melayani pembelian token di sini. Setiap pembelian pulsa di Sejasa, pelanggan berhak mendapatkan voucher diskon senilai Rp10 ribu yang akan dikirimkan melalui email dalam 1×24 jam.

Cocok untuk usaha rumah kontrakan atau (kos)

Kalau Anda memiliki usaha sewa tempat tinggal misalnya kontrakan atau kos, token listrik akan sangat menguntungkan. Penggunaan listrik menjadi tanggung jawab masing-masing penyewa kontrakan/kos. Nantinya, tagihan listrik akan dibebankan pada penyewa. Jadi, Anda tak perlu biaya untuk membayar listriknya. 

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.