Tinggal di Rumah Cluster? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

Rumah cluster adalah salah satu tipe rumah yang tinggi peminatnya di zaman modern ini. Secara umum, cluster adalah konsep perumahan tertutup yang di dalamnya terdapat banyak unit rumah dalam satu lingkungan dengan bentuk yang serasi satu sama lain. Pada tipe rumah cluster ini, tidak terdapat pagar penghalang antara satu rumah dan rumah lainnya, tetapi keseluruhan lingkungan dibatasi dengan sistem pengamanan yang baik.

Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan membeli rumah, Anda bisa mempertimbangkan opsi rumah cluster dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tipe rumah ini. Yuk, cari tahu lebih lanjut! 

Kelebihan Rumah Cluster

Apakah ada rumah cluster yang sedang Anda minati? Tentu ada berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh pihak developer. Berikut beberapa keuntungan bila Anda tinggal di rumah cluster!

Keamanan yang Lebih

(sumber: outsourcingsecurityperumahan-karawang.blogspot.com)

Kelebihan utama dari tipe rumah cluster adalah sistem keamanan yang maksimal. Perumahan cluster hanya memiliki satu pintu keluar-masuk yang dilengkapi dengan penjagaan satpam. Saat ini, sudah banyak pula cluster yang menerapkan sistem ID card bagi para penghuninya. Para tamu penghuni juga harus membuat janji atau meninggalkan KTP ketika hendak memasuki area cluster. Anda juga tidak perlu khawatir jika anak-anak Anda bermain di sekitar lingkungan rumah karena keamanannya terjaga. 

Lingkungan Mendukung Kegiatan Sosialisasi

(sumber: systempavers.com)

Rumah tipe cluster tidak memiliki pagar pembatas antara satu rumah dengan rumah lainnya. Oleh karena itu, para penghuni bisa saling bersosialisasi satu sama lain. Jumlah unit rumah cluster yang tidak terlalu banyak juga menciptakan keakraban dari seluruh penghuni lingkungan cluster.

Lingkungan yang Nyaman dan Asri

(sumber: koranyogya.com)

Jika Anda menginginkan lingkungan rumah yang nyaman dan tertib, Anda mungkin bisa mencoba tipe rumah cluster ini. Lingkungan cluster didesain dengan taman-taman kecil yang dipenuhi tanaman hijau yang refreshing. Desain perumahannya juga terlihat sangat homey dan cocok bagi Anda yang mempunyai anak kecil.

Nilai Investasi Tinggi

(sumber: koinworks.com)

Jika Anda sedang mencari properti untuk diinvestasikan, rumah cluster bisa menjadi opsi yang baik bagi Anda. Seiiring berjalannya waktu, rumah cluster semakin diminati banyak first jobber atau pasangan muda karena eksklusivitas dan tingkat keamanannya yang tinggi. Hal ini menjadikan rumah cluster bernilai jual tinggi.

Kekurangan Rumah Cluster

Anda sudah mengetahui keuntungan tinggal di rumah cluster. Namun, tentu saja terdapat beberapa kekurangan yang akan Anda alami bila membeli rumah jenis ini. Apa saja?

Desain Rumah dari Developer

(sumber: sinergyproperty.com)

Dari berbagai kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah tipe cluster juga di sisi lain memiliki kekurangan. Hal yang menjadi kelemahan rumah cluster adalah tidak ada kebebasan untuk mengubah bentuk dan desain rumah. Rumah cluster memang didesain untuk memiliki bentuk yang serasi satu sama lain. Para penghuni sangat dibatasi dalam hal mengubah bentuk, warna dan juga desain dari rumahnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memang menyukai desain yang sudah dibuat oleh developer dari rumah cluster yang Anda inginkan!

Perlu Biaya Tambahan untuk Keamanan

(sumber: retailmenot.com)

Keamanan yang tinggi membutuhkan bantuan sumber daya. Kelemahan lainnya dari rumah cluster adalah perlunya biaya untuk membayar para satpam yang bertugas untuk menjaga keamanan di lingkungan rumah. Namun sisi baiknya, keamanan Anda dan keluarga menjadi lebih terjamin tentunya.

Fleksibilitas Rendah

(sumber: seputarsemarang.com)

Sisi buruk dari fasilitas keamanan yang tinggi adalah fleksibilitas yang rendah dari lingkungan rumah cluster. Karena hanya ada satu pintu yang digunakan untuk keluar-masuk, Anda harus melewati pintu yang sama dalam situasi apapun, berbeda dengan komplek perumahan biasa yang mempunyai beberapa akses. Walau begitu, di lain sisi, keberadaan satu pintu ini meningkatkan keamanan rumah.

Harga yang Tinggi

(sumber: shutterstock.com)

Membeli rumah yang siap huni tentunya akan membuat harga jual menjadi semakin tinggi. Tipe rumah cluster dijual dengan harga yang relatif tinggi, terutama jika dibandingkan dengan membangun rumah secara pribadi di daerah pemukiman. Biasanya, developer dari rumah cluster ini akan menawarkan dua pilihan bagi calon pembelinya: rumah tanpa furnitur atau rumah yang sudah dilengkapi dengan furnitur.

Setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk rumah cluster. Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda tinggal mempertimbangkan apakah Anda dan keluarga menyukai tipe rumah cluster ini. Terlepas dari keputusan Anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu Anda mengambil keputusan 🙂 

Butuh Jasa Desainer Interior Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.