rumah bohemian

Bohemian Style: Gaya Interior Para Pencinta Kebebasan

Gaya Bohemian merupakan gaya khas kaum Hippie yang identik dengan hal-hal yang berbau gipsy, yaitu kaum nomaden yang tidak suka menetap di suatu tempat dalam waktu lama dan vintage. Lahir pada penghujung tahun 1960-an, Bohemian style hadir dari ketidakteraturan dan ketidakpastian, semua dibuat dengan spontan memanfaatkan benda-benda apa saja yang ada. Gaya ini cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian unik, mengutamakan kenyamanan, dan tidak suka hal-hal yang monoton atau konvensional. Untuk mendesain rumah dengan gaya Bohemian, Anda dituntut untuk memiliki pemikiran yang unik, anti mainstream dan out of the box.  Rumah bohemian juga mencerminkan jiwa bebas dan kesan artistik dari penghuninya. Walaupun terlihat berantakan dan tidak rapi, tetapi interiornya memiliki unsur kehangatan dan santai. Rumah Anda juga akan nampak terlihat menarik dan teduh.

Gaya Bohemian berkembang menjadi style dekorasi rumah yang menarik. Konsep ini pun sangat kaya akan penggunaan warna, tekstur, dan berlapis sehingga tiga aksen dasar tersebut memberikan rasa santai dan riang. Yuk, intip inspirasi gaya Bohemian yang bisa Anda tiru!

1. Pemanfaatan pola-pola, etnik, warna dan vintage yang rumit

rumah bohemian
(sumber: wall-stickers-shop.com)

Karakteristik utama dari dekorasi Bohemian Style adalah tidak mengikuti skema warna, atau menggabungkan semua warna. Pemilihan warna pun cenderung lembut, Anda bisa menggunakan satu warna saja atau Anda juga bisa menggunakan warna bertumpuk membentuk pola tertentu seperti motif tie dye yang menghasilkan warna yang abstrak, yang bisa Anda terapkan pada seprai, tirai, karpet ataupun taplak meja makan. Anda juga bisa menggunakan Corak suzani, yang merupakan salah satu motif khas wilayah Asia Tengah seperti Uzbekistan dan Kazakhstan, Sehingga  ruangan Anda dengan konsep ini akan terlihat menenangkan.

2. Gunakan kain, bantal dan karpet

rumah bohemian
(sumber: pinterest.com)

Bagian lantai hunian atau ruangan yang memiliki gaya Bohemian pada umumnya tertutup kain atau karpet. Pola, warna dan tekstur pada kain, bantal dan karpet merupakan hal penting dalam penerapan gaya bohemian. Biasanya kain sangat berwarna dan bermotif. Sebanyak dan seramai apapun bantal dan karpet yang Anda ingin aplikasikan, tak akan membuat gaya bohemian terlihat kacau. Justru dengan pengaplikasian bantal dan karpet yang bertumpuk-tumpuk, bisa jadi ruangan bergaya bohemian menjadi tampak lebih menarik dan menyenangkan.

3. Tambahkan pernak pernik unik

rumah bohemian
(sumber: pinterest.com)

Dinding merupakan peranan penting dalam style bohemian. Tempatkan dekorasi-dekorasi yang tidak biasa pada dinding misalkan piring-piring, baki, toples pada dinding atau tempelkan cover majalah yang unik. Anda juga bisa menggunakan barang-barang vintage seperti uang lama atau gambar. Menumpuk pola tertentu dengan pola lainnya mungkin akan terkesan tidak rapi, tetapi jika diperhatikan, penggabungan unsur artistik ini malah tampak harmonis pada rumah berkonsep bohemian.

Perabotan rumah dan aksesori tentunya juga harus mampu bercerita tentang orang-orang yang tinggal di dalamnya. Seperti pembatas ruangan yang dirangkai dari manik-manik, kotak hiasan, buku unik, dan suvenir wisata juga dapat memberikan sentuhan bergaya Bohemian. Anda juga dapat mengaplikasikan sentuhan gaya maroko pada bangku, cushion, lentera atau aksesoris lainnya.

4. Tanaman didalam rumah

rumah bohemian
(sumber: thealignedlife.co)

Gaya bohemian adalah gaya yang dekat dengan alam. Gaya bohemian kerap memasukkan unsur alam pada dekorasi ruangan. Hal ini bisa kita temui dari penggunaan tanaman hidup yang ditempatkan dalam pot-pot, dan dihadirkan di dalam ruangan. Tanaman hidup yang dipilih kebanyakan merupakan tanaman biasa yang berukuran kecil dan tidak butuh perawatan yang rumit. Sesekali, tanaman yang dipilih adalah tanaman dengan bunga, tetapi tanaman berdaun tanpa bunga cenderung lebih disukai.

Gaya bohemian merupakan gaya yang dekat dengan alam, oleh karena itu penggunaan tanaman hidup merupakan hal yang penting untuk memberikan kesan bohemian. Anda dapat menyimpan tanaman di berbagai sudut ruangan, umumnya tanaman yang dipilih merupakan tanaman biasa yang berukuran kecil dan tidak butuh perawatan yang rumit. Jika rumah Anda tidak begitu luas anda bisa membuat vertikal garden untuk mengatasinya.

Bagaimana? Apakah Anda merasa cocok dengan rumah bergaya bohemian? Bila iya, ayo realisasikan bersama jasa interior designer di Sejasa.com!

Butuh Jasa Desainer Interior Rumah Terpercaya?

Dapatkan jasa desainer interior untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Dapatkan rekomendasi jasa desainer interior sekarang! >>

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *