memilih kontraktor

6 Tips Jitu Memilih Kontraktor yang Tepat untuk Rumah Anda

Hal yang paling penting dan juga paling sulit ketika ingin membangun rumah adalah menemukan kontraktor yang tepat. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan kontraktor yang tidak hanya berkualitas, tapi juga tepat waktu dan sesuai budget. Tapi nyatanya, keberuntungan ini tidak sering terjadi, namun malah sebaliknya. Oleh karena itu, agar Anda tidak terlanjur memilih kontraktor yang salah, yuk simak 6 tips jitu memilih kontraktor yang tepat untuk rumah Anda di bawah ini!

1. Jangan terburu-buru

Pastikan jangan terburu-buru ketika memilih kontraktor. Ingat, Anda membangun rumah yang akan Anda tinggali untuk waktu yang lama. Banyak orang yang langsung memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan kontraktor pertama yang mereka temui. Tentu saja hal itu kurang bijak untuk dilakukan. Pelajari semua yang dapat Anda pelajari tentang membangun rumah, lakukan interview mendetail dengan lebih dari satu kontraktor, dan putuskan dengan bijak dan hati-hati.

2. Dapatkan referensi

Seperti yang disebutkan di poin pertama, carilah referensi kontraktor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak Anda memperoleh referensi, semakin mudah Anda membandingkan dari segi budget maupun portofolio hasil pengerjaan sebelumnya. Manfaatkan jaringan Anda, mintalah rekomendasi kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja Anda. Anda juga dapat dengan cepat mendapatkan referensi kontraktor yang sesuai kebutuhan Anda di sini.

3. Lakukan “penyelidikan”

Setelah mendapatkan referensi, tentu Anda perlu menyelidiki lebih dalam. Carilah testimonial dari pengguna jasa dan portofolio proyek pembangunan rumah yang telah dilakukan. Jangan sungkan untuk mewawancarai calon kontraktor rumah Anda. Pastikan mereka memiliki surat izin resmi dan berbadan hukum. Bila mereka sedang mengerjakan proyek di tempat lain, ada baiknya Anda melakukan survei dan mengamati proses pengerjaan proyek tersebut secara langsung. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih aktual.

4. Diskusikan biaya

Biaya atau budget adalah faktor yang cukup penting dalam mendirikan rumah, namun juga cukup tricky. Bagaimana supaya Anda mendapatkan harga yang wajar dan sesuai budget? Cara yang paling mudah, Anda dapat menggunakan fitur dari Sejasa.com untuk mencari kontraktor yang sesuai dengan budget yang Anda sediakan. Setelah mendapatkan kontraktor yang sesuai, Anda bisa meminta usulan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) untuk kemudian diperiksa dan diperbincangkan lebih lanjut.

5. Tanyakan ketersediaan garansi

Kontraktor yang baik menjamin kepuasan atas kualitas pekerjaannya. Apakah mereka akan memberikan after-service atau garansi jika terdapat kerusakan atau kondisi yang kurang memuaskan? Pastikan juga apakah mereka cukup cepat tanggap dalam menanggapi keluhan dari pelanggannya. Jika tidak ada tanda-tanda bahwa mereka akan memberikan garansi, mintalah! Coba bayangkan jika atap Anda bocor namun Anda baru mengetahuinya ketika musim hujan datang hanya karena semua tampak baik-baik saja saat rumah Anda selesai pada musim kemarau lalu.

6. Pastikan pihak kontraktor bersedia terikat kontrak

Hal ini sangat penting. Keberadaan Surat Perjanjian Kerja (SPK) akan membuat Anda merasa lebih aman dan terjamin karena Anda akan meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan. Usahakan untuk menyusun SPK sedetail mungkin, dengan rincian anggaran, jumlah jam kerja yang diharapkan, dan tahapan pembayaran. SPK harus ditanda tangani kedua belah pihan dan jangan lupa menggunakan materai untuk mengesahkan dokumen tersebut. Buatlah dua rangkap untuk dipegang masing-masing oleh Anda dan pihak kontraktor.

Nah, sudah paham bagaimana memilih kontraktor yang tepat? Semoga Anda dapat menemukan kontraktor terbaik dan mewujudkan rumah impian Anda dalam waktu dekat.

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Kontraktor

Di Sejasa.com, Anda dapat menemukan rekomendasi jasa kontraktor terpercaya untuk membangun atau merenovasi rumah. Bandingkan harga, review customer, portofolio, dan lihat halaman profil usaha penyedia jasa untuk lebih meyakinkan Anda dalam menggunakan jasa. Buat permintaan jasa kontraktor Anda sekarang!

Share This Article!

2 thoughts on “6 Tips Jitu Memilih Kontraktor yang Tepat untuk Rumah Anda”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *