Tips Bangun Rumah dengan Biaya Murah dan Berkualitas

Saat ini banyak sekali dijual rumah siap huni dengan harga yang bervariasi. Ada orang yang lebih memilih membeli rumah siap huni tersebut, namun ada pula yang menginginkan membangun rumah dari awal. Alasannya karena membangun rumah bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Namun tak bisa dipungkiri, membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sekarang ini, biaya rata-rata membangun rumah sudah mencapai Rp. 3.000.000 sampai dengan Rp. 4.000.000 per meter persegi di wilayah Jabodetabek. Semua orang ingin membangun rumah dengan biaya yang irit, namun jika perencanaan bangun rumah kurang matang, yang terjadi justru sebaliknya. Lalu, bagaimana caranya membangun rumah dengan biaya murah namun tetap berkualitas? Yuk, pahami tips-tips berikut di bawah ini!

Set Goal and Make Plan

Jika ingin sukses, Anda harus menetapkan tujuan Anda terlebih dahulu, kemudian menetapkan perencanaan yang matang agar Anda dapat mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Anda membangun rumah. Bukankah memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali adalah tujuan Anda dalam membangun rumah? Oleh karena itu, rumah yang nyaman untuk tempat tinggal Anda dan keluarga membutuhkan perencanaan yang matang. Mulailah perencanaan pembangunan rumah Anda dengan mempersiapkan dana, menetapkan ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Nah, gunakan perencanaan tersebut untuk menjadi pedoman Anda dalam membangun rumah. Jika pada pelaksanaannya pembangunan rumah Anda ‘ngaret’, biaya upah pekerja pun akan bertambah. Oleh karena itu, pilihlah penyedia jasa yang terpercaya dan bertanggungjawab.

Membuat RAB Bangun Rumah Itu Penting!

Mewujudkan sebuah rumah impian yang menjadi investasi masa depan membutuhkan perhitungan yang tepat. Cara tepat untuk melakukan perhitungan pembangunan rumah adalah dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Membuat RAB ibaratnya seperti membuat pembukuan, Anda dapat memasukkan jenis pekerjaan, volume pekerjaan, harga bahan bangunan, dan upah pekerja ke dalam RAB tersebut. Pembuatan RAB ini bertujuan untuk menekan biaya pembangunan rumah sehingga lebih efisien dan terukur sesuai dengan budget dan keinginan Anda.

Untuk pembahasan RAB lebih lanjut, baca di sini.

Peran yang Vital dari Jasa Arsitek

Tak banyak orang yang memahami apa sebenarnya peran arsitek dalam mendirikan sebuah bangunan. Banyak yang hanya mengetahui peran arsitek sebagai orang yang sekedar menggambar denah rumah. Hal ini tidak salah, namun peran arsitek sebenarnya jauh lebih besar dan bermakna, karena membangun rumah bukan hanya soal mendapatkan biaya yang murah, namun juga kualitas dari bangunan rumah itu sendiri.

Berbicara tentang kualitas, jasa arsitek justru menjadi juru kunci keberhasilan proyek bangun rumah Anda. Keahlian seorang arsitek di dalam proyek bangun rumah sangat bervariasi. Mulai dari membuat desain fasad (tampak luar) sebuah bangunan, membuat desain untuk setiap ruangan, membuat blueprint rumah, sampai membuat desain instalasi listrik di rumah, hal tersebut dapat ditangani oleh arsitek.

Alasan menggunakan jasa arsitek itu mahal sepertinya masih melekat di benak banyak orang. Padahal, keberadaan arsitek jelas sangat membantu, khususnya dalam proses pembangunan rumah dan pengurusan IMB yang membutuhkan gambar dari arsitek itu sendiri. Tanpa menggunakan jasa arsitek, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari ide desain di majalah atau internet. Selain itu, karena tidak memiliki gambar desain rumah, Anda hanya memiliki gambar seadanya yang tidak terencana. Hal ini akan mengakibatkan kemungkinan terjadinya kesalahan desain dan struktur yang sangat besar. Kesalahan tersebut tentu akan mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit dalam pembangunan rumah Anda. Oleh karena itu, gunakan jasa arsitek agar pembangunan rumah Anda lebih efektif dan terjamin.

Gunakan Desain Tipe Minimalis

Dari berbagai pilihan desain rumah, desain tipe minimalis tetap menjadi desain favorit, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Mengapa desain tipe minimalis ini masih sangat digemari? Hal ini karena desain tipe minimalis terbukti lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap terlihat mewah dan modern. Anda bisa memanfaatkan jasa arsitek untuk membuatkan desain tipe minimalis tersebut.

Membangun Rumah 2 Lantai dengan Cara 2 Tahap

Ingin membangun rumah 2 lantai tapi biaya tidak mencukupi? Anda bisa membangun rumah 2 lantai dengan cara bertahap, yaitu Anda dapat menyelesaikan pembangunan tahap 1 terlebih dahulu. Kemudian, jika biaya sudah terkumpul, Anda dapat melanjutkan ke tahap 2. Agar tidak mengeluarkan biaya lagi, saat mengerjakan tahap 2, pastikan untuk tidak membongkar bangunan yang sudah dikerjakan pada tahap 1, karena hal tersebut akan membuang biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pembuatan RAB dan perencanaan gambar rumah harus dibuat secara keseluruhan di awal.

Urus IMB dan SPPT-PBB? Wajib Hukumnya!

Sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum yang berlaku di negara Indonesia, maka ketika Anda ingin melakukan pembangunan rumah, Anda harus terlebih dahulu mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan membayar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB). Kedua dokumen tersebut merupakan penanda sahnya legalitas bangunan rumah Anda di mata hukum.

Masing-masing dokumen tersebut memiliki fungsi yang berbeda. IMB berfungsi sebagai landasan yang sah untuk mendirikan suatu bangunan. Untuk pengurusan IMB, Anda diwajibkan untuk melengkapi beberapa dokumen. Salah satu dokumen kelengkapan tersebut adalah fotokopi bukti pembayaran SPPT-PBB tahun berjalan. Jadi sebelum rumah dibangun, Anda memang harus taat membayar pajak untuk tanah yang Anda miliki. Jangan sampai Anda menerima sanksi penghentian pembangunan rumah karena Anda tidak memiliki IMB!

Untuk pengurusan IMB secara detail baca di sini.

Gunakan Sistem Upah Harian, Jangan Sistem Upah Borongan

Sistem upah harian memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan sistem upah borongan. Pada sistem upah harian, Anda akan membayar upah tukang yang dihitung berdasarkan satuan hari. Hal ini berarti tukang harus bekerja terus tanpa ada kesempatan menganggur. Kelebihan lainnya, jika pekerjaan tukang tidak memuaskan, Anda bisa langsung menghentikan pekerjaannya dan menggantinya dengan tukang yang lain. Hal ini bisa Anda lakukan tanpa harus menunggu pembangunan rumah Anda selesai. Sedangkan jika menggunakan sistem upah borongan, Anda harus membayar biaya sudah dipaketkan atau diborongkan. Hal ini berarti Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah upah yang harus dibayarkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu, jika terjadi salah perhitungan, pekerjaan tidak dapat diselesaikan dan terhenti di tengah jalan.

Belanja Bahan Bangunan Sendiri dan Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Anda akan menghemat lebih banyak biaya jika Anda membeli bahan bangunan sendiri. Lakukanlah riset bahan bangunan terlebih dahulu, jangan ragu untuk keluar masuk toko bangunan untuk menanyakan harga dan informasi yang lebih detail. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah. Selain itu, untuk lebih menghemat dalam belanja bahan bangunan, Anda dapat membeli bahan bangunan lokal. Merk lokal untuk bahan bangunan seperti besi, pasir, hebel (bata) pun tidak kalah kualitasnya dengan merk luar negeri.

Simak tips-tips membeli bahan bangunan di sini.

Selektif dalam Memilih Penyedia Jasa

Salah satu faktor yang paling menentukan sukses atau tidaknya proyek pembangunan rumah Anda adalah penyedia jasa itu sendiri. Mereka yang akan mengolah bahan bangunan tersebut sehingga akan tercipta bangunan rumah yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih siapa yang akan mengerjakan proyek bangun rumah Anda. Pilihlah penyedia jasa yang benar-benar ahli di bidang pembangunan rumah dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting untuk menjamin proyek bangun rumah Anda berjalan sesuai dengan rencana dan kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak.

Proyek pembangunan rumah tidak hanya mementingkan biaya yang murah, namun juga kualitas dari bangunan tersebut. Selain itu, aspek pengurusan izin mendirikan bangunan juga jangan Anda lupakan agar proses pembangunan rumah Anda berjalan aman dan lancar. Selamat membangun rumah yang nyaman dan indah untuk Anda dan keluarga!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Bangun Rumah Murah

Sedang merencanakan bangun atau renovasi rumah dalam waktu dekat ini? Dapatkan jasa kontraktor atau pemborong profesional untuk mengerjakan proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa. Yuk, kirimkan permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang!

5/5 (2)

Rate this article!

Share This Article!

4 comments

  1. Sri astuti says:

    Mohon bantuannya, saya mau bangun rumah tp budget minim.
    Kira2 untuk rumah minimalis yg cocok untuk budget sekitar 25-50jt itu type apa yah???
    Bisa dijelaskan???
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.