Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah Dengan 5 Cara Ini

Menghirup udara yang bersih sangat penting bagi kesehatan manusia, karena dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti sakit jantung dan stroke. Meningkatnya polusi udara belakangan ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan dapat menerapkan beberapa hal sebagai upaya meningkatkan kualitas udara di rumah.

Pada artikel kali ini, tim Sejasa akan memberikan informasi hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Cek dan bersihkan filter udara lainnya

Demi meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah, pastikan untuk memeriksa filter peralatan rumah tangga lainnya, seperti penyedot debu, pengering pakaian, dan ventilasi. Anda dapat membersihkannya atau mengganti setiap beberapa bulan sekali.

Jaga kebersihan rumah dan furnitur lainnya

Setiap area dan furnitur di dalam rumah penting untuk dibersihkan. Misalnya penggunaan karpet. Rutinlah lakukan pembersihan pada karpet karena ada banyak jenis debu dan partikel yang terjebak di dalam serat karpet Anda. Begitupula dengan furnitur besar seperti sofa, meja, lemari. Pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh agar berbagai partikel debu dan kotoran tidak mencemari udara di rumah.

Kontrol kelembaban area rumah

Area yang lembap berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan jamur, sehingga bisa memicu masalah pernapasan seperti alergi dan asma. Disaat beberapa bulan dengan kondisi kemarau, bisa menyebabkan kelembaban. Salah satu caranya adalah dengan bantuan dehumidifier di dalam rumah. Sedangkan untuk kamar mandi, Anda dapat menggunakan exhaust fan.

Meletakkan tanaman untuk menyegarkan udara

Dengan adanya tanaman di dalam ruangan, bisa meningkatkan kualitas udara sekaligus mempercantik rumah. Anda bisa menggunakan tanaman pakis dan lili sebagai tanaman hias di dalam ruangan di rumah.

Itulah 5 cara yang bisa Anda terapkan demi meningkatkan kualitas udara di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rutin cuci AC dan ganti filternya

Jika Anda menggunakan AC di rumah setiap hari, maka sistem AC tentu bekerja sangat ekstra. Saat mesin AC dinyalakan, maka akan menyaring beberapa polutan yang ada di usara dan menyaring udara. Semakin lama, maka filter AC akan penuh dan lebih berat untuk bekerja mendinginkan ruangan, sehingga mengeluarkan kualitas udara yang buruk. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk rutin melakukan cuci AC dan mengganti filter pada unit AC. Dengan melakukan pembersihan secara teratur, AC akan lebih awet dan kualitas udara yang dihasilkan jadi lebih baik.

kualitas udara di rumah

Jika butuh bantuan untuk berbagai jasa rumah, Sejasa siap membantu. Anda bisa membuat permintaan jasa melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa. Cukup isi form permintaan jasa sesuai kebutuhan Anda. Mitra Sejasa akan segera menghubungi Anda dan datang ke alamat. Praktis, cepat, dan dikerjakan oleh tenaga profesional!

Share This Article!