Perbedaan Jasa Kontraktor dengan Pemborong

Bingung dalam memilih penyedia jasa yang tepat untuk membangun atau merenovasi rumah Anda? Sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk mengerjakan proyek rumah. Anda bisa menggunakan jasa kontraktor ataupun pemborong bangunan untuk proyek bangun atau renovasi rumah. Nah, apa sebenarnya perbedaan yang signifikan dari kontraktor dengan pemborong dan apa saja pekerjaan yang mereka lakukan? Mari simak penjabaran berikut ini.

Ruang Lingkup Kontraktor

Membangun atau merenovasi rumah erat kaitannya dengan jasa kontraktor. Namun apa sebenarnya pengertian dari kontraktor itu sendiri? Kontraktor adalah orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang sudah disepakati oleh kontraktor dan pemilik proyek.

Jasa kontraktor memang lebih sering terdengar digunakan untuk proyek yang berskala besar, seperti pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan. Proyek-proyek bonafit tersebut seringkali dikerjakan oleh kontraktor karena berbagai alasan, salah satunya karena mereka merupakan badan usaha yang sudah memiliki sertifikasi atau lisensi resmi.  

Untuk pembangunan atau renovasi hunian rumah tinggal, jasa kontraktor pun selalu dapat diandalkan. Dalam mengerjakan proyek tersebut, jasa kontraktor menawarkan sesuatu yang lebih di luar pengalaman mereka yang malang melintang di dunia konstruksi. Kelebihannya, yaitu pekerja di dalam kontraktor itu sendiri sudah memiliki lisensi dan sertifikasi resmi atas keahliannya. Sebagai contoh, untuk mengerjakan proyek bangunan atau gedung di atas sepuluh miliar, kontraktor harus memiliki minimal 2 orang tenaga ahli profesional yang memiliki SKA (Sertifikat Keahlian) dengan kualifikasi Ahli Madya (gelar vokasi yang diberikan kepada lulusan diploma 3).

Dalam proses pengerjaan proyek rumah, kontraktor akan melakukan beberapa kali pertemuan dengan calon customer untuk membahas Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK) dan melakukan survey ke lokasi proyek rumah tersebut. Saat survey pun biasanya kontraktor akan melakukan pengukuran yang lebih detail, sehingga perhitungan untuk membuat SPK pun menjadi lebih akurat.

Proses pengerjaan proyek rumah yang menggunakan jasa kontraktor memang membutuhkan lebih banyak persiapan dari customer, hal inilah yang membuat pekerjaan jasa kontraktor lebih terstruktur. Sehingga jika terjadi kesalahpahaman pada saat proyek berlangsung, customer dapat merujuk kepada SPK yang telah dibuat bersama kontraktor.

Sistem Pembayaran Kontraktor

Lalu bagaimana dengan sistem pembayaran kontraktor? Pada umumnya, cara yang digunakan untuk membayar jasa kontraktor adalah sistem termin (bertahap). Namun, terdapat juga sistem pembayaran secara cost and fee.

Sistem Pembayaran Termin

Sistem termin ini biasanya dibagi menjadi empat tahap yang dibayar sesuai dengan progres proyek. Sebelum memulai proyek, umumnya Anda diharuskan untuk membayar uang muka atau down payment (DP) sebesar 20-30% dari nilai kontrak.

Setelah memberikan DP, kontraktor akan memulai pekerjaan proyek Anda. Pada saat pekerjaan sudah mencapai 50%, maka pembayaran kedua akan dilakukan. Begitupun pembayaran berikutnya, sesuai dengan sistem termin yang telah disepakati oleh Anda dan kontraktor. Setelah bangunan benar-benar selesai, sisa pembayaran dapat Anda bayarkan. Untuk memastikan pekerjaan sesuai dengan harapan, Anda dapat menahan 5-10% dari nilai kontrak sebagai garansi.

Sistem Pembayaran Cost and Fee

Dalam sistem pembayaran ini, kontraktor bertindak sebagai pengelola proyek. Kontraktor yang memakai sistem ini akan mengambil 10% dari nilai proyek sebagai upahnya.

Sebelum melakukan perjanjian dengan customer, kontraktor sudah harus menyiapkan anggaran dan jadwal sehingga cash flow proyek bisa terlihat dan customer dapat mengetahui berapa anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya. Jumlah biaya bisa berbeda-beda karena yang dikerjakan setiap bulannya berbeda.

Dengan sistem ini, biaya tiap bulannya bisa lebih kecil atau lebih besar dari yang dianggarkan. Jika ada sisa anggaran, maka sisanya akan digunakan untuk bulan depan, sedangkan bila kurang, akan ditagihkan di bulan berikutnya.

Ruang Lingkup Pemborong

Selain jasa kontraktor, ada satu lagi penyedia jasa yang dapat Anda gunakan untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda, yaitu jasa pemborong. Apa sebenarnya yang dikerjakan oleh pemborong dan apa perbedaannya dengan jasa kontraktor?

Jasa pemborong terdiri dari pekerja yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah tinggal. Perbedaan yang biasanya paling menonjol dibandingkan jasa kontraktor adalah pemborong tidak memiliki izin usaha resmi dan tidak berbadan hukum. Jasa pemborong umumnya dikelola secara individu dan seringkali tidak ada kesepakatan hitam di atas putih, perjanjian yang dibuat lebih ke dalam kesepakatan secara lisan.

Dibandingkan dengan jasa kontraktor yang lebih sering mengerjakan proyek berskala besar, jasa pemborong umumnya digunakan untuk membuat hunian rumah tinggal dengan budget yang tidak terlalu besar. Banyak orang di Indonesia yang menggunakan jasa pemborong karena biayanya lebih murah daripada jasa kontraktor. Selain itu, proses pelaksanaan proyek juga tidak terlalu membuat Anda pusing, karena memang biasanya mereka melewatkan pembuatan RAB ataupun SPK. Menggunakan jasa pemborong tentu memiliki risiko tersendiri. Karena tidak berbadan hukum, jika nantinya terjadi perselisihan, kecurangan, atau penipuan pada proyek rumah, Anda akan sulit memperkarakan permasalahan tersebut ke ranah hukum.

Sistem Pembayaran Per Hari

Jika Anda menggunakan jasa pemborong, Anda harus menetapkan kesepakatan atas besarnya upah pekerja setiap harinya sebelum proyek dimulai. Saat ini di wilayah Jakarta, besarnya upah pekerja berkisar Rp 80.000 – 175.000 per hari. Dalam pembuatan kesepakatan upah pekerja, Anda dapat menentukan frekuensi pembayaran, umumnya sekali setiap minggu.

Sebelum proyek bangun atau renovasi rumah Anda dimulai, Anda juga harus memastikan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan agar pekerjaan tidak terganggu.

Sistem Pembayaran Borongan

Jika Anda menggunakan jasa pemborong, Anda dapat memborongkan semua pekerjaan termasuk bahan secara total, atau Anda bisa menyediakan bahan sendiri dan hanya membayar upah pekerja saja, semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Keuntungan dalam menggunakan sistem borongan material bahan dan upah adalah Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai spesifikasi material bahan yang Anda inginkan. Anda tidak perlu memusingkan mengenai pembelian material bahan, karena pemborong akan melakukan pembelian material dan bahan bangunan serta melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, Anda harus tetap memonitor proses dan harga pembelian material bahan untuk mengurangi kecurangan.

Untuk sistem borongan upah saja, sebenarnya sama seperti sistem harian, hanya saja Anda perlu membeli material bahan bangunan tersebut sendiri. Pada umumnya, pemborong akan menghitung upah kerja berdasarkan gambar dan spesifikasi dengan nilai tertentu, misalnya Rp. 1.000.000,-/m2, yang dikalikan dengan luas bangunan.

Sistem pembayaran ini lebih memberikan kebebasan kepada Anda jika ingin mengganti desain rencana bangunan Anda. Pada dasarnya, sistem borongan upah lebih memberikan kepastian akan besarnya total biaya  dan lamanya proses pengerjaan jika dibandingkan dengan sistem harian. Umumnya, pengerjaan proyek dengan sistem borongan upah juga lebih cepat dari segi waktu. Pastikan juga untuk mempertimbangkan hal berikut dalam memilih jasa kontraktor dan pemborong:

Tips untuk memilih jasa kontraktor dan pemborong:

  1. Dapatkan referensi kontraktor dan pemborong berpengalaman dengan membaca review mereka tersebut dari customer yang telah menggunakan jasa mereka sebelumnya. Hal ini akan bermanfaat dalam menentukan kontraktor dan pemborong yang berkualitas.
  2. Cari kontraktor dan pemborong yang dapat diajak untuk bernegosiasi mengenai pemberian garansi setelah pekerjaan selesai.
  3. Diskusikan dan negosiasikan SPK agar penjanjian tersebut dapat menjelaskan dengan detail hak dan kewajiban customer dan penyedia jasa.
  4. Jika Anda belum memiliki desain yang tepat, Anda dapat mencari penyedia jasa profesional lainnya seperti arsitek.

Untuk lebih merangkum perbedaan jasa kontraktor dengan pemborong. Anda dapat melihat tabel berikut ini. 

Perbedaan Kontraktor dengan Pemborong

Baik jasa kontraktor ataupun pemborong, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya, jasa kontraktor memang lebih mahal daripada pemborong karena dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman dan memiliki berbadan hukum. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada jasa pemborong yang juga lebih profesional daripada kontraktor.

Jika Anda membutuhkan jasa yang lebih murah, efisien, untuk rumah tinggal yang tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakan jasa pemborong. Namun bagi Anda yang  membutuhkan jasa konstruksi yang lebih profesional, legal, dan berpengalaman, maka lebih baik Anda menggunakan jasa kontraktor. Untuk menjamin kepuasan dan kualitas hasil pekerjaan, Anda sebaiknya selalu mengawasi pekerjaan kontraktor dan pemborong. Jangan lupakan juga pentingnya menjaga komunikasi dalam menyatakan keinginan dan kebutuhan Anda agar tidak terjadi perselisihan.

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

KontraktorPemborong

Di Sejasa.com, Anda dapat menggunakan jasa kontraktor atau pemborong untuk membangun atau merenovasi rumah. Bandingkan harga, baca review, dan lihat halaman profil usaha penyedia jasa untuk lebih meyakinkan Anda dalam menggunakan jasa.

Buat permintaan jasa Anda sekarang! >>

Share This Article!

22 thoughts on “Perbedaan Jasa Kontraktor dengan Pemborong”

  1. sebenarnya kontraktor tingkat perizinannya memang menjamin, tapi kebanyakan orang lebih memakai jasa pemborong karna lebih murah biayanya, masalah perizinan dan tersetifikatnya kontraktor itu belakangan, yang terpenting dengan budget minim untuk membangun tercukupi. karna kontraktor jasanya cukup mahal.

  2. Salam hangat,

    Perkenalkan saya Herman dari PT. Internasional Isolasi Industri, yang bergerak di bidang isolasi atap yang terbuat dari Polyethelen ( PE ) dan paduan aluminium murni dengan proses laminating panas sehingga meredam panas 97%. Jika berkenan saya ingin mengajak rekanan kerjasama dan berkunjung ke lokasi bapak / ibu saat ini bila berwilayah Jabodetabek.

    Produk kami merupakan produk lokal, Made in Indonesia.

    Herman
    081295491012
    http://www.wonderflex.co.id

  3. memang sih jka pakai pemborong biayanya lebih murah, tetapi jangan karena murah hal lain diabaikan, sebaikanya pakai kontraktor lebih jelas badan hukum dan kontraknya. Kecuali untuk kerjaan-kerjaan yang berbiaya kecil, itu pendapat saya. thank informasinya, penejalasan yang detail.

    1. Bapak bisa mendaftar sebagai mitra kami pak.
      Untuk bergabung sebagai mitra sejasa.com ada 2 cara.
      Melalui website ke http://www.sejasa.com
      -Pilih “Menjadi Penyedia Jasa”
      -Buat Profil Usaha

      Melalui aplikasi Sejasa :
      -Pilih Mendaftar dengan Email
      -Pada menu Pro Dashboard pilih +Buat Profil Usaha

      Agar bisa aktif dan membuat penawaran harus melengkapi persyaratan & dokumen berikut:
      -Buat bisnis profil dengan memasukkan portofolio proyek sebanyak-sebanyaknya, Profesional & Menarik
      -Melakukan Verifikasi, dengan melampirkan dokumen ke bisnis profile atau ke email [email protected]

      Persyaratan verifikasi berdasarkan kategori jasa bisa dilihat di https://sejasa.zendesk.com/hc/en-us/articles/217149667-Apa-yang-harus-dilakukan-agar-profil-bisnis-saya-terverifikasi-

    1. Ya pak, makanya kami rasa perlu untuk membuat artikel seperti ini agar orang-orang lebih paham perbedaannya 🙂

  4. Pingback: Jasa Kontraktor Bangunan Rumah Bekasi | PT. Dwi Manggala Perkasa

    1. Kami memiliki beberapa mitra penyedia jasa di wilayah Bali. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan coba buat permintaan melalui laman https://sej.as/kontraktor Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

  5. min.mau tanya untuk bangun kontrakan kurang lebih luasnya 60m. mau buat kontrakan petakan dengan luas 30per meternya. dan juga rencana bikin dak dulu.untuk kedepannya bisa bangun atasnya.
    kira2 brp kisaran harganya jika full. tenaga +material

    1. Kisaran biaya yaitu 3 juta/m2 tergantung dari pilihan materialnya. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://pages.sejasa.com/kontraktor-bangunan/ Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

  6. min..mau tnya kl mau bikin rumah 2 lantai dgn luas tanah 66 m..kira2 biaya yg hrs dikeluarkan brp ya..biaya tukang plus material plus biaya desain gambarnya.Saya mau yg sistem borongan..

    1. Biayanya sekitar 3 juta/m2 tergantung material yang dipilih. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan buat permintaan melalui laman https://sej.as/kontraktor Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

  7. Min, harga borongan plus material brp per m2? Wil denpasar selatan
    ..
    Klu borongan tenaga saja brp?

    1. Jasa kontraktor/renovasi tanpa material sekitar 1,5 juta/m2 (standar SNI). Jasa kontraktor/renovasi termasuk material sekitar 3-3,5 juta/m2. Harga dapat berbeda saat penawaran dari vendor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *