modus penipuan kontaktor

Modus Penipuan Kontraktor dan Bagaimana Sejasa Menghindarinya

Memiliki hunian pribadi yang nyaman dan sesuai dengan selera serta keinginan kita adalah impian semua orang. Untuk dapat mewujudkannya rumah sesuai keinginan Anda, Anda tentu membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk mengerjakan proses pembangunan rumah dari awal. Anda perlu meminta bantuan dari arsitek untuk merancang bentuk rumah Anda yang selanjutnya akan dikerjakan oleh pihak lain, yaitu kontraktor. Kontraktor adalah orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang sudah disepakati oleh kontraktor dan pemilik proyek.

Dengan skala proyek yang besar seperti membangun rumah, sudah sepatutnya Anda memilih kontraktor yang dapat dipercaya bukan? Bagi Anda yang belum mempunyai kenalan kontraktor, Anda perlu berhati-hati memilihnya sebab penipuan kontraktor mulai marak terjadi!

Mengenali Modus Penipuan Kontraktor

Penipuan kontraktor juga sering dilakukan dengan beberapa modus tertentu untuk mendapatkan targetnya. Jika Anda tengah bingung mencari kontraktor, maka hal-hal ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu! Kenali tanda-tanda modus penipuan kontraktor di bawah ini:

Mendatangi Target-Target Potensial

Kontraktor dalam tanda kutip ini biasanya akan mendatangi target secara langsung maupun tidak langsung. Mereka juga memanfaatkan internet dan media sosial untuk mengejar targetnya. Untuk mengetahui targetnya secara tepat, biasanya mereka para kontraktor yang hendak menipu ini mengadakan survei target terlebih dahulu. Sangat terencana bukan?

Terkesan Ambisius

Ketika memberikan penawaran jasa kontraktor rumah kepada Anda, mereka biasanya terkesan dan terlihat sangat ambisius. Mereka akan sangat bersemangat menjanjikan hal ini dan hal itu kepada Anda. Bahkan tak jarang juga mereka terkesan agak memaksa Anda untuk menggunakan jasa kontraktor mereka.

Menawarkan Harga di Bawah Pasaran

Jangan terlena, kontraktor rumah gadungan akan berupaya menarik Anda dengan menawarkan harga yang jauh di bawah pasaran. Hal ini dilakukan agar targetnya tergiur dan akhirnya masuk ke dalam jebakan. Mereka juga menawarkan janji dan bonus kepada Anda, mulai dari pembuatan pagar gratis hingga diskon harga yang tidak masuk akal

Memperlihatkan Foto-Foto Proyek

Modus penipuan lain yang dapat dikenali adalah mereka akan selalu menunjukkan foto-foto proyek yang pernah mereka garap, namun proyek tersebut berada di luar kota tempat Anda tinggal. Dengan demikian, Anda tentunya tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan pengecekan hasil yang pernah mereka kerjakan.

Bertemu di Luar Kantor

Kontraktor gadungan juga selalu mengajak calon targetnya untuk membahas proyek di luar kantor, karena mereka memang tidak mempunyai kantor atau hanya memiliki kantor yang tidak tetap. Mereka akan selalu beralasan jika diajak bertemu di kantor mereka dan lebih memilih bertemu di luar.

Permintaan DP dalam Jumlah Besar

Ketika mereka berhasil mendapatkan target penipuan dan telah mencapai deal/kesepakatan, mereka akan meminta uang muka atau uang deposito dalam jumlah yang cukup besar, sekitar 50%. Mereka akan beralasan uang deposito ini akan digunakan untuk mempercepat proses pengerjaan, membeli produk dan materi atau alasan-alasan lainnya. Setelah mendapatkan uang muka sebesar 50% dari klien, mereka akan segera memutuskan kontak dan menghilang. Mereka hanya akan langsung mengganti nomor telepon dan kabur ke luar kota agar tidak dapat dicari oleh korban mereka. Di tempat yang baru, mereka akan melanjutkan aksinya untuk mencari “sasaran empuk” selanjutnya.

Lalu, Bagaimana Sejasa.com Melindungi Anda?

Pasti Anda tidak mau terjebak dalam modus penipuan di atas, kan? Sejasa.com menawarkan rasa aman untuk Anda yang ingin memulai proyek rumah Anda! Yuk, simak apa saja yang kami berikan untuk customer kami!

1. Penyedia Jasa yang Terverifikasi

Jika Anda mencari jasa kontraktor di internet secara umum, Anda tidak dapat memastikan apakah kontraktor yang Anda temui benar-benar dapat dipercaya. Berbeda dengan Sejasa.com di mana seluruh penyedia jasa yang menjadi mitra kerja Sejasa.com adalah penyedia jasa yang sudah lolos verifikasi. Ketika penyedia jasa ingin bergabung menjadi mitra, Sejasa.com akan terlebih dahulu memvalidasi dokumen-dokumen usaha penyedia jasa tersebut untuk menghindari risiko penipuan.

2. Adanya Review dan Portfolio Penyedia Jasa

Setiap pengerjaan jasa sudah selesai, penyedia jasa Sejasa.com akan mendapatkan review dari customer. Anda dapat melihat review yang diberikan oleh customer penyedia jasa Anda sebelumnya untuk memastikan pilihan Anda. Sejasa.com juga menyediakan fitur portfolio penyedia jasa. Anda dapat melihat hasil kerja sebelumnya dari penyedia jasa untuk memastikan kualitas ataupun mencari inspirasi.

3. Hingga Enam Penawaran dan Rekomendasi

Jika Anda menggunakan Sejasa.com untuk mencari penyedia jasa tertentu, Anda akan mendapatkan tiga hingga enam penawaran atas jasa yang Anda cari. Hal ini ditujukan agar Anda dapat melakukan perbandingan harga dan cakupan jasa yang dapat diberikan masing-masing penyedia jasa. Dengan banyaknya penawaran juga Anda dapat mengetahui harga pasaran yang lazim untuk terhindar dari penipuan yang mematok harga jauh di bawah harga pasaran biasanya.

4. Pembayaran Melalui SejasaPay

Dengan Sejasa.com, Anda dapat membayarkan pengerjaan jasa melalui SejasaPay, rekening bersama Sejasa.com. Ketika Anda menggunakan SejasaPay, Sejasa.com hanya memberikan sebagian (30-70%) dari total biaya jasa ke penyedia jasa untuk memulai pekerjaan. Sisa pembayaran akan diberikan dengan persetujuan dari Anda, setelah Anda puas dengan hasil kerja penyedia jasa. Dalam kasus langka dimana terjadi penipuan, apabila terjadi pada tahap pertama pembayaran, Sejasa.com akan menggantikan maksimum 30% dari pembayaran termin yang sedang berlangsung dan tidak melebihi Rp. 20.000.000, sesuai dengan fair value dari bukti yang berhasil dikumpulkan.

Setelah Anda membaca modus penipuan kontraktor, menyeramkan bukan penipuan semacam ini? Anda telah bersusah payah mengumpulkan uang untuk mewujudkan rumah impian Anda, tetapi harus berujung dengan menjadi korban penipuan kontraktor gadungan. Tapi jangan khawatir, skenario ini tidak akan terjadi kepada Anda! Bersama dengan Sejasa.com, Anda akan terbebas dari penipuan karena kami menjaminnya untuk Anda!

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *