harga service pompa air

Biaya Service Pompa Air Lengkap Maret 2024

Air adalah sumber daya yang paling penting di rumah. Bukan hanya untuk aktivitas mencuci dan mandi, tapi juga memasak. Jika ada gangguan dengan pompa air di rumah Anda, tentu kebutuhan jasa service pompa air tidak dapat ditunda. Sebelum melakukan servis, tentu lebih bijak bila Anda menyelidiki kisaran biaya service pompa air di pasaran. Anda dapat melihat harga service pompa air yang dikenakan di Sejasa.com dan ragam layanannya di sini!

DAFTAR BIAYA SERVICE POMPA AIR
Jasa Harga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan (Tanpa Service)* Rp75.000
Jasa Service Ringan** Rp175.000
Jasa Service Besar *** Rp400.000
Jasa Angkat Pipa Per Meter (penghitungan berdasarkan dalam lubang)**** Rp55.000
Jasa Pemasangan Pompa***** Rp200.000 
Jasa Bongkar Pasang****** Rp250.000
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
**Perbaikan yang tidak memerlukan pembongkaran pompa secara menyeluruh, harga yang tercantum hanya harga jasa dan belum termasuk harga material.
***Perbaikan yang memerlukan pembongkaran pompa secara menyeluruh, harga yang tercantum hanya harga jasa dan belum termasuk harga material maupun jasa tambahan gulung dinamo jika diperlukan.
**** Biaya yang tercantum merupakan harga jasa pengangkatan pipa, pengecekan pompa submersible (jika ada), jasa perbaikan pipa ringan, dan belum termasuk harga material. Penghitungan berdasarkan dalam lubang walaupun pipa yang terpasang merupakan pipa double.
***** Biaya yang tercantum merupakan harga estimasi dimana harga dapat berubah sesuai dengan jenis pompa dan lokasi pemasangan pompa. Harga belum termasuk material pemasangan pompa.
****** Biaya yang tercantum merupakan harga estimasi pembongkaran dan pemasangan kembali dimana harga dapat berubah sesuai dengan jenis pompa dan lokasi pemasangan kembali pompa. Biaya belum termasuk material tambahan untuk pemasangan kembali pompa.
Biaya service pompa air di atas tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa.com siap membantu Anda. Garansi 30 hari!

teknisi sedang melakukan service pompa air

Apa Saja Cakupan Layanan Service Pompa Air?

Berikut rincian layanan service pompa air yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Pengecekan

Pengecekan pompa air harus dilakukan ketika pompa air bermasalah. Dengan begitu, teknisi bisa mengetahui bagian serta penyebab kerusakan tersebut. Misalnya ketika pompa air tidak bisa dinyalakan atau tidak bisa menyedot air.

Untuk mengetahui penyebab kedua masalah ini, dilakukan pengecekan pada bagian kabel listrik yang terdapat di pompa air. Bila kabel listrik rusak, perlu dilakukan pergantian agar pompa dapat dinyalakan kembali.

Contoh lainnya ialah ketika pompa air mengeluarkan suara mendengung. Untuk mengatasinya, harus dilakukan pengecekan pada bagian kumparan. Bila kumparannya putus, teknisi harus memperbaikinya.

Pengecekan penting dilakukan karena tidak semua pompa air yang bermasalah memerlukan service. Bisa saja masalah pada pompa air hanya disebabkan kesalahan instalasi atau kesalahan teknis lainnya.

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Jasa Service Ringan

Kerusakan yang dikategorikan sebagai service ringan ialah kerusakan yang dapat diperbaiki tanpa harus mengangkat pipa dari sumur.

Contoh kerusakan ringan ialah putaran mesin pompa air yang menjadi lambat. Kerusakan ini pada umumnya berhubungan dengan tegangan listrik serta kerusakan pada kapasitor.

Jenis kerusakan ringan lainnya ialah pompa air yang menyetrum. Biasanya, kerusakan ini disebabkan adanya gulungan yang lecet. Masalah yang juga tergolong sebagai service ringan ialah debit air yang menurun. Masalah ini dapat disebabkan oleh gangguan pada motor pompa air.

Selain debit air, kerusakan ringan dapat ditandai oleh pompa air yang sulit dinyalakan. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh putaran kipas motor yang tersangkut sesuatu atau dinamo yang terbakar.

Jasa Service Besar (Angkat Pipa dari Sumur)

Kerusakan yang tergolong kerusakan besar ialah kerusakan yang mengharuskan teknisi mengangkat pipa dari sumur. Salah satu contohnya ialah ketika terjadi kebocoran pada pipa atau yang juga disebut kerusakan tusen klep.

Tusen klep merupakan bagian pompa air yang berfungsi menjaga kestabilan air agar air tidak langsung turun ke bawah. Kebocoran pada tusen klep dapat disebabkan oleh per yang sudah longgar.

Selain itu, dapat juga disebabkan oleh sumbatan pasir atau seal tape. Apabila terjadi kebocoran, teknisi harus mengangkat pipa untuk memeriksa bagian tusen klep.

Selain kebocoran, kerusakan lain yang mengharuskan pipa diangkat ke atas ialah mata jet yang tersumbat oleh pasir atau kotoran lainnya. Mata jet sendiri berfungsi menghisap air dari tanah sehingga mungkin saja air tersebut juga tercampur oleh pasir.

Akibatnya, mata jet menjadi mampet dan tidak bisa menyedot air dengan maksimal. Untuk memperbaikinya, pipa haruslah diangkat ke atas sehingga mata jet dapat dibersihkan.

Jasa Pemasangan

Tidak semua orang dapat memasang pompa air. Diperlukan tenaga ahli yang mengerti prosedurnya. Sebelum memasang pompa air, teknisi harus mempersiapkan dahulu instalasi listriknya. Instalasi listrik yang dipasang secara benar dan aman akan melindungi pompa air dari resiko korsleting listrik.

Untuk memasang pompa air, diperlukan stop kontak (plug) yang tertanam atau menempel di dinding. Stop kontak dan kabel sebaiknya tidak dipasang terlalu dekat dengan pompa air. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting akibat tersiram air atau pipa yang pecah.

Jasa Bongkar Pasang

Bongkar pasang pompa air merupakan layanan untuk melepas pompa air yang sudah terpasang dan memasangnya lagi di tempat yang baru. Biasanya, bongkar pasang dilakukan ketika berpindah tempat tinggal atau tempat kerja.

Pembongkaran pompa air harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Teknisi akan membantu mengangkat unit pompa agar lebih mudah dipindah ke tempat yang baru.

Apabila Anda memang membutuhkan bantuan untuk pengangkatan pipa, maka Anda dapat mengonsultasikan biaya dan pengerjaannya dengan mitra yang bersangkutan.

Apa Penyebab Mesin Pompa Air Mati?

Umumnya, pompa air mati disebabkan oleh masalah kelistrikan.

  1. Kabel putus
  2. Keran air tertutup
  3. Kerusakan pada kapasitor
  4. Dinamon terbakar

Langkah Perawatan Pompa Air

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat pompa air agar berfungsi maksimal dan tahan lama.

  1. Memeriksa kondisi pompa air secara teratur
  2. Membersihkan pompa air
  3. Memeriksa level air
  4. Memeriksa keausan bagian tertenti
  5. Mengganti filter dan oli
  6. Memeriksa tegangan listrik dan koneksi kabel

Layanan service pompa air Sejasa lengkap, bukan? Apabila pompa air Anda bermasalah, jangan ragu untuk memesan jasa service pompa air melalui website sejasa.com atau aplikasi Sejasa.

teknisi service pompa air

Share This Article!