daftar harga batu terbaru

Daftar Harga Batu Terbaru 2017

Batu bata dan batako, kedua material ini memang sangat penting dalam proses pembangunan rumah. Namun tak hanya kedua batu itu saja yang digunakan untuk membangun rumah. Batuan jenis lain juga ada yang digunakan baik untuk keperluan membuat pondasi ataupun sebagai bagian dari dekorasi rumah. Bagi Anda yang berencana membangun rumah atau sekedar ingin merenovasi rumah, Anda butuh lebih dari sekedar tahu batu apa yang dibutuhkan. Anda juga harus tahu daftar harga batu terbaru. Karena berangkat dari sinilah, Anda bisa tahu berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli material bangunan yang satu ini.

Daftar Harga Batu Terbaru

Sebenarnya ada banyak jenis batuan yang biasa digunakan dalam membangun rumah. Akan tetapi, secara umum material batu dalam bangunan ini bisa dikategorikan menjadi 2 kategori utama, yakni batu sebagai material struktur rumah dan batu alam yang umumnya digunakan untuk mempercantik rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga batu terbaru 2017.

Daftar Harga Batu Material untuk Struktur Bangunan

Batu yang satu ini lebih merujuk pada batuan yang digunakan secara langsung pada struktur bangunan seperti pondasi ataupun untuk pengecoran pada tiang-tiang penyangga dan tembok. Karena diaplikasikan pada struktur bangunan, jenis batuan yang digunakan di sini memiliki karakteristik yang kokoh dan solid. Berikut ini daftar harga batu terbaru untuk struktur bangunan tersebut.

Spesifikasi BatuSatuanHarga (Rp)
Batu Kali Belahm3185.000
Batu Splitpick up260.000
Batu Splittruk1.260.000
Batu Kneckerm3210.000

Daftar Harga Batu Alam Terbaru

Istilah batu alam mungkin sedikit rancu. Akan tetapi, istilah batu alam dalam bangunan ini biasanya mengacu pada jenis batuan alam yang biasa digunakan sebagai komponen dekorasi rumah. Kecantikan adalah salah satu karakteristik dari batu alam ini. Biasanya, batu alam ini digunakan untuk dekorasi dinding atau untuk dekorasi lantai. Bentuknya juga beragam. Ada yang sudah berbentuk pipih ada juga yang berbentuk kerikil. Bagi Anda yang ingin membeli batu alam, berikut daftar harga batu terbaru.

Spesifikasi BatuSatuanHarga (Rp)
Batu Candi (30 x 30)m2120.000
Batu Andesit (30 x 30)m2160.000
Batu Garutm285.000
Batu Alor50 kg280.000
Batu Ambon25 kg85.000
Batu Kupang25 kg75.000
Batu Pancawarna25 kg70.000
Batu Hijau25 kg80.000
Batu Italy15 kg80.000
Batu Bali10 kg70.000

Pengelompokan Batu Alam dalam Konstruksi Bangunan

Batu yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan juga bisa dibedakan berdasarkan cara pengaplikasiannya. Dari sinilah muncul istilah batu tempel, batu bentukan dan batu tabur. Bagi Anda yang ingin mendekorasi rumah agar terlihat lebih menarik, biasanya batu-batu inilah yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

1. Batu Tempel

Sesuai dengan namanya, batu jenis ini biasanya diaplikasikan dengan cara di tempel sesuai dengan keinginan. Karena itu, batu tempel ini berbentuk pipih. Aplikasinya sendiri tak terbatas pada bagian lantai. Selain dipasang di dinding, jenis batu tempel ini juga bisa diterapkan pada dinding.

2. Batu Tabur

Batu tabur atau yang juga dikenal dengan istilah batu sikat ini memiliki ukuran yang kecil. Diameternya antara 0.5 sampai 3 cm. Sesuai dengan namanya, batu tabur ini diaplikasikan dengan cara ditaburkan kemudian direkatkan di tempat-tempat yang diinginkan. Aplikasi dari batu tabur ini juga bisa digunakan sebagai terapi.

3. Batu Bentukan

Berbeda dengan kedua jenis batu sebelumnya, batu bentukan ini tidak diaplikasikan secara langsung pada salah satu bagian rumah. Batu bentukan ini biasa dibentuk dan digunakan sebagai furniture seperti meja atau kursi. Terkadang batu jenis ini juga digunakan untuk membuat patung.

Tips Memilih Material Batu Bangunan

Memilih batu untuk keperluan membangun rumah memang cukup rumit. Meski terlihat sederhana, sebenarnya ada beberapa pertimbangan dalam memilihnya. Tak hanya memilih jenis batu yang tepat, Anda juga harus memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jika batu yang Anda beli adalah jenis batu split yang biasa digunakan untuk pengecoran. Agar tidak salah pilih, berikut ada beberapa tips sederhana dalam memilih batu bangunan.

1. Pahami Kebutuhan Anda

Untuk apa Anda membeli batu bangunan? Apakah untuk pengecoran atau untuk hiasan? Bisa dibilang ini adalah pertimbangan awal dalam memilih batu. Karena berangkat dari sini, Anda bisa mengetahui jenis batu yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Pilih Ukuran yang Tepat

Entah itu batu untuk membangun pondasi atau untuk hiasan, Anda juga harus tahu ukuran batu yang dibutuhkan. Misalnya untuk kasus membangun pondasi. Ada beberapa ukuran batu split yang ada di pasaran mulai dari ukuran 0-5 mm sampai batu gajah. Begitu pula dengan ukuran batu alam yang biasa digunakan untuk hiasan rumah. Untuk mengetahui ukuran yang pas, Anda bisa berdiskusi dengan pihak yang merancang dan membangun rumah Anda.

3. Beli di Toko Bangunan yang Kredibel

Tempat Anda membeli batu bangunan juga perlu diperhatikan. Kredibilitas penjual harus menjadi prioritas. Bukan hanya karena kualitas layanan dan barang yang mereka berikan saja. Membeli di toko seperti ini biasanya juga mampu memberikan jaminan kenyamanan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu merasa was-was dengan barang ataupun daftar harga batu terbaru yang mereka tawarkan.

Sekian daftar harga batu terbaru beserta informasi-informasi berguna lainnya yang dapat membantu Anda dalam merealisasikan rumah idaman Anda. Sejasa.com akan selalu siap menyediakan informasi terkait yang Anda butuhkan!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.