Home » Latest » Daftar Harga Batu Bata Terbaru 2017

daftar harga batu bata terbaru

Daftar Harga Batu Bata Terbaru 2017

Batu bata merupakan salah satu material primer yang merupakan dasar berdirinya sebuah bangunan. Pemilihan bata bata untuk rumah Anda perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Karena, bila Anda salah memilih batu bata, rumah Anda beresiko mudah hancur. Selain kualitas, Anda juga perlu memperhatikan harga beli batu bata, jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah. Oleh karena itu, kali ini Sejasa.com menyediakan informasi daftar harga batu bata terbaru beserta beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika membeli batu bata, khusus untuk Anda!

Daftar Harga Batu Bata Terbaru

Berikut daftar harga batu bata terbaru yang telah dikumpulkan oleh tim kami yang dapat Anda gunakan untuk perbandingan harga ketika akan membeli batu bata.

Spesifikasi Batu Bata Satuan Harga
Batako buah 3.500
Batu Bata Merah (biasa) buah 600
Batu Bata Merah (oven) buah 850
Batu Kali Belah m3 185.000
Split pick up 270.000
Split truk 1.270.000
Batu Knecker m3 210.000
Batu Candi (30 x 30) m2 120.000
Batu Andesit (30 x 30) m2 160.000
Batu Bali 10 kg 70.000

Daftar Harga Bata Ringan Terbaru

Selain batu bata biasa, terdapat bata ringan yang sering juga disebut dengan bata hebel. Bata ringan pertama kali diproduksi di Indonesia pada tahun 1995. Bata ini dibuat dari campuran semen, pasir, kapur gypsum, air, dan busa organik atau aluminium pasta dengan kuantitas yang lebih ringan dari bata biasa. Bata ringan pertama kali ditemukan pada tahun 1943, oleh seseorang yang bernama Joseph Hebel. Oleh karena itulah bata ini dinamai hebel.

Spesifikasi Bata Ringan Satuan Harga (Rp)
Bata Ringan Hebel m3 730.000
Bata Ringan Voscon m3 650.000
Bata Ringan 10x20x60cm buah 10.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm buah 7.800
Bata Ringan 10x20x60cm m3 750.000
Bata Ringan 7,5x20x60cm m3 585.000

Bataton, Material Pengganti Bata Merah

Bata beton, atau bataton, adalah bahan bangunan pengganti bata merah. Komposisi utama bataton adalah semen, kerikil, pasir, air, dan beberapa bahan khusus lainnya yang dicetak dan dipress sehingga memiliki bentuk yang lebih konsisten dari pada batu bata biasa. Bataton memiliki beragam pilihan bentuk dan ukuran. Ukurannya pun lebih besar daripada batu bata biasa atau bata merah sehingga menghemat waktu pembangunan dan pengeluaran untuk membuat dinding pun jadi lebih murah. Bentuknya yang bermacam-macam juga membantu akurasi pengerjaan pemasangan dinding.

Struktur bataton ada dua, bataton dengan struktur berongga dan bataton tidak berongga. Bataton tidak berongga disebut juga dengan bata ringan, bata ini berbahan lain daripada bata beton berongga namun mempunyai kuat tekan yang tinggi dan lebih kokoh daripada bata merah dan batako. Dari segi bobot, bataton tidak berongga lebih ringan daripada bata beton berongga.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Batu Bata

Membeli material untuk bangunan atau rumah tentu tidak boleh sembarangan. Begitu pula ketika memilih batu bata, Anda harus memilih batu bata yang kokoh dan berkualitas agar bangunan Anda pun tidak rapuh dan mudah rusak. Selain membandingkan dengan daftar harga batu bata terbaru, perhatikan beberapa hal ini ketika Anda hendak membeli batu bata.

  • Amati tumpukan batu bata pada saat mengunjungi toko material ataupun ketika diturunkan dari truk pengangkut, bila banyak batu bata yang patah, pecah, dan seratnya keluar-keluar maka batu bata tersebut kurang berkualitas dan rapuh.
  • Gesek potongan besi pada batu bata! Bila muncul suara dentingan yang nyaring, maka batu bata tersebut berkualitas dan kokoh.
  • Coba membelah atau membagi dua sampel batu bata. Bila bagian dalam belahan batu bata tersebut berwarna merah merata maka bisa dipastikan batu bata tersebut baik, dengan alasan sudah matang pada saat pembakaran.
  • Ambil 1 batu bata dan timbang bata tersebut, setelah rendam dalam air selama 24 jam dan timbanglah kembali. Hitung selisih hasil timbangan setelah dan sebelum proses perendaman agar Anda mengetahui jumlah daya serap air. Bata merah atau batu bata dianggap berkualitas baik bila berat akhir tidak lebih dari 20% dari berat awal.
  • Uji kandungan garam batu bata dengan merendam sebagian bata ke dalam air, perlahan air akan terserap hingga ke bagian bata yang tidak tersentuh air. Selama proses penyerapan air ini, kandungan garam yang ada di dalam bata akan larut ke bagian yang awalnya kering tersebut. Kandungan garam tersebut berupa bercak putih. Bata dengan kandungan garam yang tinggi akan mempengaruhi daya lekat batu bata dengan plesteran bata. Semakin banyak kandungan garam, kelekatan akan semakin buruk. Pastikan daerah permukaan yang tertutup bercak putih kurang dari setengah bata.

Kini Anda telah memiliki pengetahuan yang cukup untuk bekal Anda ketika hendak membeli batu bata untuk proyek bangunan Anda. Jadilah pembeli yang bijak dengan membandingkan harga pasaran dengan informasi daftar harga batu bata terbaru dari kami dan juga tidak sembarangan memilah batu bata yang baik dan berkualitas untuk rumah impian Anda!

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?

daftar harga wiremesh terbaru

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.