Desain Ruang Tamu

11 Desain Ruang Tamu Sekaligus Ruang TV Keluarga

Kami tanyakan kepada para desainer interior dan ahli renovasi profesional mengenai bagaimana cara membagi dan mengaplikasikan desain ruang tamu yang sempurna untuk relaksasi setelah Anda beraktivitas seharian.

Jadikan ruang tamu Anda ideal untuk menikmati acara favorit Anda!

Semua orang tentu saja akan membutuhkan ruang tamu yang nyaman untuk beristirahat dan menikmati waktu malam mereka. Apabila Anda sedang sendiri, Anda akan selalu bisa beristirahat sambil menonton acara kesayangan Anda seperti serial TV yang sedang in seperti Empire atau Grey’s Anatomy.

Namun untuk memiliki ruang tamu yang terbaik memang tidak semudah menghitung 1, 2, 3. Banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan seperti contohnya tinggi dan jarak lantai hingga atap, sinar matahari yang dapat masuk, jarak dari layar TV ke sofa, dan masih banyak lagi.

Untuk memberikan Anda beberapa ide terbaik untuk mendesain ruang tamu yang cocok untuk menikmati acara TV kesayangan Anda, kami telah mengkompilasikan beberapa contoh tips desain dari desainer interior dan kontraktor profesional yang terdafar di Sejasa.com.

Ruang tamu bergaya rapi dan minimalis

SeasonCity_Cam03
Foto: Ruang tamu minimalis oleh iCAD Interior Designer & Builder

Tempatkan TV Anda di dalam lemari kabinet minimalis untuk menciptakan suasana ruang tamu yang rapih. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat sekaligus menyembunyikan semua kabel dekoder, modem, dan peralatan elektronik lainnya. Letakkan sofa yang nyaman untuk bersantai dan pasang tirai untuk membantu meningkatkan cahaya agar lebih terang.

Panel dinding yang bertekstur akan menambah sentuhan mewah untuk desain ruang tamu Anda

livingroom1
Foto: Ruang tamu dengan panel di dinding oleh Artwork77 Interior Designer

Bagi Anda yang lebih menyukai nuansa mewah, pertimbangkanlah untuk mendesain dinding Anda dengan panel-panel dinding yang bertekstur untuk lebih membuat suasana ruang tamu menjadi lebih nyaman. Terlalu banyak tekstur? Seimbangkan dengan meja kaca dan sofa yang bersiku dengan bahan yang lembut.

Ruang tamu yang nyaman untuk seluruh keluarga

Desain ruang tamu
Foto: Ruang tamu oleh JR Design

Motif berwarna hitam akan menciptakan dinding yang indah dan seimbang apabila dicampur dengan perabotan berwarna putih. Ditambah dengan motif floral untuk tirai dan bantal sofa, hal tersebut semakin mempersatukan tema ruangan dan menciptakan ruang tamu yang nyaman dan indah.

Menggabungkan pola dan perabotan polos untuk ruang tamu yang unik

Desain ruang tamu
Foto: Ruang tamu oleh RIC Design

Padupadankan pola perabotan untuk menciptakan ruang tamu yangs sesuai dengan kepribadian Anda. Penuhi lemari, kabinet, dan dinding dengan dekorasi yang Anda beli saat traveling. Tetapi Anda harus berhati-hati karena ukuran perabotan akan berbeda-beda. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan warna yang sama.

Gunakan TV yang berlayar besar dan dinding kaca untuk memperluas ruang tamu

Dimas_House_-_Kitchen_Living
Foto: Ruang tamu dan dapur yang dipersatukan oleh LOMAF Architect and Interior Designer

Di dalam ruang tamu, TV yang berukuran lebih dari 60 inch akan kelihatan seperti jendela di dalam ruangan. Oleh karena itu, coba kombinasikan dengan jendela yang besar dan dinding kaca. Dengan melakukan hal ini, ruangan akan terlihat sangat besar dan akan mendatangkan banyak sinar matahari.

Dinding TV yang multi-fungsi sebagai ruang display

269454_231131946918282_5725352_n
Foto: Ruang tamu oleh KENT Interior and Architect Consultant

Dengan menggunakan lampu LED untuk dinding TV Anda, bagian dinding tersebut juga dapat digunakan sebagai ruang display untuk dekorasi ornamen dan tempat buku-buku. Pencahayaan yang sama juga dapat digunakan untuk menonjolkan tirai plafon gelap yang akan memberikan nuansa mewah pada desain ruang tamu Anda.

Ruang tamu bertema putih abu-abu yang menunjukkan modern dan trendy

01CMSC1Br_Final_Cam02
Foto: Ruang tamu oleh iCad Interior Designer

Apakah Anda menginginkan nuansa 50 Shades of Grey di ruang tamu Anda tanpa menggunakan bahan kulit? Gunakan sentuhan berbagai macam warna dan dekorasi seperti bantal kecil atau karpet bermotif. Walau interiornya memiliki nuansa modern dan trendi, sofa yang berukuran besar dapat mempertahankan suasana yang hangat.

Ruang tamu bergaya hipster untuk para pecinta seni

  1. IMG-20140707-WA004
    Foto: Ruang tamu artistik oleh Artisan Indo Artistika

Plafon, lantai dan dinding yang berwarna putih merupakan kanvas kosong yang sempurna untuk karya seni dan dekorasi yang indah. Bantal warna warni dan kursi bean bag yang besar juga akan menambahkan nuansa nyaman untuk desain ruang tamu Anda.

Perluas ruang tamu Anda dengan plafon tinggi dan lampu chandelier

69a031f63b04059
Foto: Ruang tamu berplafon tinggi dengan chandelier yang unik oleh KENT Interior and Architect Consultant

Nikmati keterbukaan sebuah ruangan dengan cahaya alami sepanjang hari. Lalu, gunakan lampu chandelier sebagai sumber pencahayaan di malam hari. Penempatan TV yang strategis di dinding akan menambah fokus mata Anda saat menonton TV.

Gunakan TV berputar sebagai pemisah ruangan

  1. IMG_2398

Untuk rumah yang memiliki layout terbuka, memisahkan area menjadi ruang masuk, ruang tamu, dan ruang makan dapat dilakukan dengan menambah dinding panel. Gantungkan TV pada panel yang dapat berputar di dinding untuk dapat menikmati acara kesayangan Anda di mana saja.

Temukan Rekomendasi Penyedia Jasa Interior Design di Sejasa.com!

Sejasa.com merupakan platform service marketplace yang akan membantu Anda menemukan rekomendasi penyedia jasa terpercaya seperti jasa catering, fotografer, videografer, event organizer untuk segala kebutuhan Anda. Sejasa.com juga memiliki penyedia jasa yang dapat diandalkan untuk proyek renovasi rumah Anda seperti kontraktor, desainer interior, dan jasa perbaikan rumah lainnya. Berikan permintaan jasa desain interior sekarang!

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.