Tips Jaga Produktivitas Selama Kerja dari Rumah (2/2)

Melanjutkan artikel tentang tips jaga produktivitas selama kerja dari rumah, Sejasa masih punya beberapa tips lainnya. Tips ini bisa diterapkan oleh seluruh anggota keluarga. Simak tips berikut ini!

Perhatikan batasan kerja

person wearing brown and white watch
Brad Neathery / Unsplash

Layaknya kerja di kantor, kerja di rumah perlu dibatasi. Suasana rumah yang nyaman bisa membuat Anda lupa waktu untuk menghentikan pekerjaan di saat Anda perlu mengakhirinya. Sebisa mungkin Anda memulai dan mengakhiri jam kerja sesuai yang telah diterapkan di kantor. Disiplin waktu membuat produktivitas tetap terjaga meski harus bekerja di lingkungan yang berbeda.

Gunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik

Open window in bedroom : Stock Photo
ZenShui/Sigrid Olsson / Getty Images

Gunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik agar tidak mengganggu fokus Anda. Jika Anda menggunakan ruangan ber-AC sebagai tempat bekerja, pastikan gunakan AC dengan bijak. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, Anda dapat membuka jendela saat pagi hari, tutup kembali saat siang, dan gunakan AC pada saat diperlukan. Anda pun dapat menggunakan Dry Mode agar ruangan tidak terlalu lembap. Demi mendapatkan aliran udara yang lancar dan baik, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala.

Pesan Jasa Service AC >>

Ketika anak-anak di rumah

anak perempuan baca buku
Jerry Wang / Unsplash

Sekolah pun turut mengadakan kegiatan belajar di rumah, namun apa yang harus Anda lakukan untuk mengajak mereka tetap produktif? Buatlah jadwal belajar sama seperti di sekolah sekaligus jadwal istirahat. Anda bisa menyiapkan buku bacaan serta mainan dan berikan di waktu tertentu misalnya saat istirahat setelah belajar atau akhir pekan. Selain itu, film atau video edukatif sebagai materi belajar hal baru dengan cara yang lebih menyenangkan. 

Tidak apa untuk keluar sejenak

lari pagi
tirachardz / Freepik

Masa karantina mandiri adalah saatnya untuk lebih banyak di rumah. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah sama sekali. Anda boleh keluar membeli kebutuhan di rumah. Yang tidak dianjurkan adalah berkumpul atau datang ke keramaian. 

Selain belanja kebutuhan, Anda bisa menyempatkan waktu untuk olahraga di luar. Hirup udara sambil menikmati sinar matahari yang hangat di pagi hari. Jalan kaki atau lari pagi misalnya dua kali seminggu tak masalah. Ingat ya, jauhi kerumunan dan jangan asal menyentuh sesuatu yang Anda temukan.

Ambil manfaatnya, ciptakan hobi baru!

person knitting beige garment
Rebecca Grant / Unsplash

Dengan menerapkan sistem kerja dari rumah, berarti kita punya lebih banyak waktu di rumah. Tidak ada waktu yang dihabiskan untuk di jalan layaknya pergi ke kantor, bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain. Menyiapkan sarapan, merapikan kamar, dan masih banyak lagi. Pada akhir pekan, Anda bisa melakukan hobi baru contohnya mengambil kelas online untuk melukis, merajut, memasak, dan sebagainya.  

Sejasa memahami bahwa tidak semua pekerjaan punya porsi untuk dikerjakan di rumah. Jika Anda memang perlu pergi keluar untuk bekerja dan naik kendaraan umum, tetap waspada dan terapkan pola hidup sehat. Tak hanya itu, jaga kebersihan dan keselamatan bagi Anda, keluarga, serta orang-orang sekitar. Kesadaran diri penting demi mengurangi peningkatan wabah COVID-19 ini.

No ratings yet.

Rate this article!

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.