RISHA

Modal 50 Juta Bisa Bangun Rumah? RISHA Jawabannya!

Seiring dengan harga rumah dan harga tanah yang terus menerus mengalami kenaikan, semakin timbul keresahan masyarakat mengenai mampu tidaknya mereka untuk memiliki sebuah rumah, khususnya bagi para kaum milenial. Apalagi kenaikan tersebut tidak disertai dengan kenaikan pendapatan yang signifikan.

Tapi ternyata, hanya dengan modal sekitar 50 juta rupiah, Anda sudah dapat membangun rumah! Benarkah? Rumah dengan budget murah tersebut adalah RISHA, yang merupakan singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Untuk tingkat kekokohan dan keamanan sudah tidak perlu diragukan lagi, karena rumah ini sudah mengantongi sertifikasi SNI.

Apa itu RISHA?

(sumber: JATENG POS)

RISHA adalah program pemerintah, tepatnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menghadirkan konsep rumah layak huni dengan harga yang sangat terjangkau. Program ini dibuat seiring dengan dicanangkannya Gerakan Nasional Pembangunan Sejuta Rumah (GNPSR) yang tentunya membutuhkan banyak proyek rumah dengan harga yang murah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Rumah ini menggunakan konsep bongkar pasang atau knock down seperti mainan lego anak-anak yang dapat dibangun secara bertahap hanya dengan menggunakan modul di mana satu modul dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 24 jam hanya dengan 3 tenaga kerja. Sebanyak 10.000 unit RISHA sudah digunakan pasca musibah Tsunami di Aceh lalu yang tentunya sangat membantu karena pemasangannya yang relatif cepat.

Apa beda RISHA dengan rumah lainnya?

Pada konsep RISHA, membangun rumah tidak memerlukan semen dan batu bata seperti pembangunan rumah secara konvensional. Dalam pembangunannya, tidak diperlukan alat-alat berat untuk membangun rumah ini, karena konstruksinya yang ringan, hanya sekitar 50 kilogram saja.

Rumah dapat dibangun hanya dengan memasang panel menggunakan baut dan mur. Karena itu, rumah ini juga dapat diselesaikan dengan cepat, hanya dalam hitungan hari saja asalkan tenaga kerja yang memadai dari segi jumlah. Selain itu, tidak perlu menggunakan kayu karena sistem konstruksinya yang sudah menggunakan beton bertulang, sehingga rumah ini menjadi rumah yang ramah lingkungan.

Struktur RISHA juga sudah diuji ketahanannya terhadap gempa sampai dengan zona 6 melalui beberapa penelitian dan pencobaan. Selain untuk rumah tempat tinggal, komponennya juga bisa dialihkan fungsinya untuk fasilitas lain seperti sekolah, kantor, toko, dan puskesmas.

Komponen RISHA ini juga memungkinkan untuk dapat disusun secara vertikal, sehingga dapat disusun sampai memiliki dua lantai. Namun harus diperhatikan juga untuk penggunaannya. Karena hanya memiliki beban hidup sampai 125kg/m2, jangan sampai terjadi perubahan fungsi tempat seperti untuk gudang, perpustakaan, atau tempat lain yang menyebabkan beban yang berat.

Pada lantai dua juga tidak direkomendasikan untuk penggunaan lantai dari bahan beton bertulang. Ukuran konstruksinya yang modular juga tidak menyisakan bahan-bahan bangunan, namun menyebabkan bentuk rumah yang cenderung menjadi kaku karena harus mengikuti kelipatan dari panjang konstruksi tersebut sehingga harus dirancang dengan baik dari segi ukuran.

Oleh karena ukuran komponen yang modular, maka diperlukan juga kreativitas dari arsitek dalam merancang RISHA ini agar rumah tersebut tampak lebih menarik. Sayangnya, dikarenakan jumlah aplikator yang masih sedikit dan belum tersebar luas dengan merata, menyebabkan tidak semua daerah dapat dijangkau dengan mudah untuk bisa mendapatkan RISHA.

Berapa harga komponennya?

(sumber: majalahproperti.com)

Berikut ini adalah daftar harga dari panel RISHA yang terdiri dari tiga komponen utama (per meter persegi).

Komponen P1: Rp110.000
Komponen P2: Rp100.000
Komponen P3: Rp90.000
Panel Dinding: Rp160.000
Panel Kusen: Rp50.000

Untuk membangun satu modul (ukuran 3 x 3 meter) diperlukan 24 buah Komponen P1 dan masing-masing 8 buah komponen P2 dan P3. Dengan rincian harga tersebut, rumah dengan tipe 33 dibanderol dengan kisaran harga 40 jutaan Rupiah. Bahkan, rumah tipe 36 lengkap dengan kamar mandi diklaim bisa diperoleh dengan harga 50 jutaan saja.

Jadi, apa saja kelebihan RISHA?

Bila disimpulkan, kelebihan menggunakan konsep RISHA untuk rumah masa depan Anda:

  1. Biaya yang terjangkau
  2. Sudah lulus uji SNI
  3. Pembangunan yang cepat/instan
  4. Tahan gempa
  5. Hanya butuh sedikit tenaga kerja
  6. Komponen ringan
  7. Dapat dibongkar pasang
  8. Fleksibilitas desain dan arsitektur

Menarik, bukan? Bila Anda tertarik membangun rumah dengan konsep RISHA, ayo konsultasikan proyek tersebut terlebih dahulu dengan tukang atau kontraktor dari Sejasa.com.

Butuh Jasa Bangun atau Renovasi Rumah Terpercaya?
Jasa Bangun Rumah

Dapatkan jasa kontraktor untuk proyek bangun atau renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Bandingkan harga, baca review, dan lihat profil usaha penyedia jasa.

Kirim permintaan jasa bangun atau renovasi rumah Anda sekarang! >>

Share This Article!

26 thoughts on “Modal 50 Juta Bisa Bangun Rumah? RISHA Jawabannya!”

  1. Antonius Catur H.SE

    Kalau utk renovasi rumah di lantai atas(lantai 2). Utk ukuran bangunan 7,5 x 10 m dengan methode dari RISHA diatas gmn ?. Dan sampai biaya brp ya?.

  2. Saya mau bangun lantai 2 dari rumah seluas kira2 luas 110m2, dengan metode RISHA, bisa? Saya butuh agak cepat krn struktur atap kayu di sebagian rumah sudah lapuk dan kondisinya memburuk. Selain itu, mohon maaf, dananya tidak banyak jadi mohon bantuan konsultasi yg lebih baik. Terimakasih.

    Aries (081584434848)

  3. hallo saya niat bangun rumah risha dengamnbudget 50 juta, apakah bisa dengan dapat rumah risha? untuk tipe berapa?apakah ada kontraktor rumah risha yamg dapat menghubungi saya?

  4. Selamat malam.team sejasa……mohon info dan budget jika kami ingon membuat rumah dg sistem risha+pondasi diatas tanah seluas 103 m, dengan bentuk tanah ngantong kedalam…..

  5. saya membutuhkan kontraktor yg paham aplikasi RISHA ini untuk dibangun di lantai 2 rumah saya, ada? saya sudah isi form, dan mendapat respon, tapi rasanya yg mereka tawarkan adalah proses renovasi konvensional yg biasa.

    1. Halo Pak Age, untuk mengetahui estimasi biaya membangun rumah, langsung saja isi form https://sej.as/kontraktor dan bapak akan mendapatkan beberapa penawaran yang bisa bapak pertimbangkan dan pilih sesuai keinginan bapak 🙂

      1. Silakan konsultasikan mengenai rencana pembangunan rumah dengan penyedia jasa kami dengan memesannya di https://sej.as/kontraktor bapak akan mendapatkan estimasi biaya serta kontak penyedia jasa agar bapak bisa berdiskusi lebih lanjut 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *