Inspirasi Carport Unik untuk Segala Jenis Rumah

Kandang untuk mobil dan sepeda motor atau carport menjadi bagian penting jika pemiliknya punya kendaraan bermotor. Carport sering disebut dengan gudang padahal maknanya berbeda. Artikel ini akan fokus membahas desain carport yang pastinya unik dan inspiratif dan dapat Anda tiru.

Carport berbeda dengan garasi

Carport sifatnya agak terbuka. Biasanya ada atap berupa kanopi, pergola, atau kantilever yang melindungi kendaraan dari panas dan hujan. Letaknya di depan atau samping rumah. Beberapa rumah memiliki carport yang sengaja dibuat agak berjarak dari hunian utama. Garasi biasa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan seperti gudang. Garasi memiliki atap, dinding, serta lantai yang tak jarang menyatu dengan rumah.

Ukuran carport yang ideal adalah 10-15 m², sedangkan ukuran garasi bisa lebih dari itu mengingat konstruksinya lebih rumit dan fungsinya untuk menyimpan barang-barang. Carport cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Namun, inspirasi carport yang beragam membuatnya mudah untuk diaplikasikan pada segala jenis hunian.

Ide desain carport untuk segala jenis rumah

Carport plus balkon

inspirasi carport
Overhead Door Company of Texarkana ™

Jika Anda menginginkan desain rumah yang multifungsi, coba terapkan metode ini. Balkon yang cukup luas memungkinkan Anda menyimpan kendaraan di bawahnya. Anda pun tak perlu membangun kanopi atau pergola baru demi membuat caport.

Carport material kayu

carport
Mark Mahaney / Dwell

Mengikuti konsep rumah serba kayu, carport ini pun dibuat dengan konstruksi yang sama. Balok kayu ekspos dan material kanopi transparan membuat tampilannya sederhana namun kokoh. Desainnya menempel dengan bangunan utama dan disokong tiang di sisi yang lain.

Kandang mobil ukuran mungil

Next Luxury

Jika lahan rumah terbatas, carport ukuran kecil jadi solusinya. Pemilik rumah menyelaraskan tampilan carportnya dengan eksterior rumah yang serba abu-abu. Pada desain ini, pemilik membuat kanopi yang menyambung dari carport hingga pintu masuk rumah.

Tampilan modern nan futuristik

Inspirasi carport berikutnya adalah model yang semakin digemari masyarakat. Model ini mampu menampung beberapa mobil sekaligus dengan tampilan modern dan futuristik. Karakter ini terlihat dari kanopi yang sengaja dibuat agak miring ke samping, didukung dengan unsur kayu, dan lampu di beberapa titik.

Desain tegas dengan warna semen

inspirasi carport
Andyrahman Architect

Tidak seperti model kanopi lain yang menggunakan bahan seperti kayu, kaca, atau polikarbonat, carport ini menggunakan material konstruksi seperti semen atau beton. Pada bagian atapnya, ada kepingan kaca bentuk persegi untuk meneruskan cahaya matari ke bagian dalam carport.

Carport jadi jalur masuk rumah

Desain ini sangat unik karena carport ditutup dengan pintu garasi tapi justru terbuka di bagian dalamnya. Ditambah lagi dengan atapnya yang terdiri dari metal dan kaca. Mungkin dari luar terlihat seperti garasi pada umumnya, namun setelah dilihat dari dalam ternyata carport ini menyambung dengan taman. Menarik, ya?

Carport ramah lingkungan

Residential Solar Panels
Greener Ideal

Pengehematan energi dapat dipraktikkan di rumah salah satunya dengan memasangan panel energi matahari pada atap. Rumah yang satu ini mengaplikasikan panel ini pada kanopi carport. Selain mampu melindungi kendaraan dari terpaan cuaca, energi matahari yang terserap dapat diubah menjadi energi listrik.

Share This Article!

Leave a Reply

Your email address will not be published.