14 Kanopi Carport Rumah Unik & Biaya Pemasangannya

Menambah kanopi sebagai carport di rumah merupakan suatu kebutuhan bagi sebagian orang, terutama jika punya kendaraan bermotor. Carport sering disebut dengan gudang padahal maknanya berbeda. Artikel ini akan fokus membahas desain kanopi carport rumah yang pastinya unik dan inspiratif.

Perbedaan carport dengan garasi

Carport sifatnya agak terbuka. Biasanya ada atap berupa kanopi, pergola, atau kantilever yang melindungi kendaraan dari panas dan hujan. Letaknya di depan atau samping rumah. Beberapa rumah memiliki carport yang sengaja dibuat agak berjarak dari hunian utama.

Garasi biasa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan seperti gudang. Garasi memiliki atap, dinding, serta lantai yang tak jarang menyatu dengan rumah.

Ukuran carport minimalis dan ideal adalah 10-15 m², sedangkan ukuran garasi bisa lebih dari itu mengingat konstruksinya lebih rumit dan fungsinya untuk menyimpan barang-barang. Carport cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Inspirasi carport yang beragam membuatnya mudah untuk diaplikasikan pada segala jenis hunian.

Ide desain carport untuk segala jenis rumah

Carport plus balkon

inspirasi carport kanopi rumah biaya harga pasang
Overhead Door Company of Texarkana ™

Jika Anda menginginkan desain rumah yang multifungsi, coba terapkan metode ini. Balkon yang cukup luas memungkinkan Anda menyimpan kendaraan di bawahnya. Anda pun tak perlu membangun kanopi atau pergola baru demi membuat caport.

Carport material kayu

kanopi carport rumah biaya harga pasang
Mark Mahaney / Dwell

Mengikuti konsep rumah serba kayu, carport ini pun dibuat dengan konstruksi yang sama. Balok kayu ekspos dan material kanopi transparan membuat tampilannya sederhana namun kokoh. Desainnya menempel dengan bangunan utama dan disokong tiang di sisi yang lain.

Kandang mobil ukuran mungil

kanopi carport rumah biaya harga pasang
Next Luxury

Jika lahan rumah terbatas, carport ukuran kecil jadi solusinya. Pemilik rumah menyelaraskan tampilan carportnya dengan eksterior rumah yang serba abu-abu. Pada desain ini, pemilik membuat kanopi yang menyambung dari carport hingga pintu masuk rumah.

Tampilan modern nan futuristik

Inspirasi carport berikutnya adalah model yang semakin digemari masyarakat. Model ini mampu menampung beberapa mobil sekaligus dengan tampilan modern dan futuristik. Karakter ini terlihat dari kanopi yang sengaja dibuat agak miring ke samping, didukung dengan unsur kayu, dan lampu di beberapa titik.

Desain tegas dengan warna semen

inspirasi carport kanopi carport rumah biaya harga pasang
Andyrahman Architect

Tidak seperti model kanopi lain yang menggunakan bahan seperti kayu, kaca, atau polikarbonat, carport ini menggunakan material konstruksi seperti semen atau beton. Pada bagian atapnya, ada kepingan kaca bentuk persegi untuk meneruskan cahaya matari ke bagian dalam carport.

Carport jadi jalur masuk rumah

Desain ini sangat unik karena carport ditutup dengan pintu garasi tapi justru terbuka di bagian dalamnya. Ditambah lagi dengan atapnya yang terdiri dari metal dan kaca. Mungkin dari luar terlihat seperti garasi pada umumnya, namun setelah dilihat dari dalam ternyata carport ini menyambung dengan taman. Menarik, ya?

Carport ramah lingkungan

Residential Solar Panels kanopi carport rumah biaya harga pasang
Greener Ideal

Pengehematan energi dapat dipraktikkan di rumah salah satunya dengan memasangan panel energi matahari pada atap. Rumah yang satu ini mengaplikasikan panel ini pada kanopi carport. Selain mampu melindungi kendaraan dari terpaan cuaca, energi matahari yang terserap dapat diubah menjadi energi listrik.

Carport berpagar

Metal Looks

Melindungi kendaraan dari cuaca panas dan hujan saja tak cukup. Faktor yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan. Demi memaksimalkan faktor yang satu ini, pagar dipasang setidaknya setinggi mobil. Agar tampak lebih menyatu, warna pagar disesuaikan dengan warna kerangka carport.

Aksen kayu

kanopi carport rumah biaya harga pasang
Armin Hägele

Tampilan carport tidak harus kaku dan tegas. Buat jadi lebih fleksibel dan menarik dengan tambahan dinding kayu di salah satu sisinya. Selain demi kebutuhan dekorasi, keberadaan dinding kayu menambah privasi area parkir.

Carport rumah minimalis dan clean

kanopi carport rumah biaya harga pasang
Archdaily

Model ini cocok untuk penggemar konsep minimalis pada huniannya. Rangka kanopi tegas dan kokoh yang dilindungi oleh atap yang sederhana dan bersih. Apalagi desainnya sangat harmonis dengan tampilan rumah secara keseluruhan. Carport seperti ini cocok diterapkan untuk hampir segala desain rumah modern yang mengedepankan fungsi dan kesederhanaan.

Terinspirasi dari pergola

Banyak yang mengira pergola itu hanya cocok untuk di taman. Namun, pergola yang berukuran cukup besar dapat melindungi kendaraan di bawahnya.

Pergola fungsinya sebagai hiasan taman yang menjadi atap pelindung bagian jalan setapak atau menjadi spot bersantai jika dihias dengan kursi.

Adanya peralihan fungsi menjadi area parkir, tidak mengurangi esensi pergola. Ia dapat melindungi kendaraan Anda dari terpaan cuaca apapun dengan cara yang elegan. Carport rumah dengan bentuk pergola ini akan semakin cantik jika ditumbuhi tanaman bunga merambat.

Carport dari membran

carport kanopi membran
Tonislar

Jenis yang satu ini cocok untuk diterapkan pada area semi permanen. Sifatnya yang dapat dilepas-pasang akan memudahkan pemiliknya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya itu, kanopi membran yang dijadikan carport memperkuat suasana dekorasi rumah ala pantai karena bentuknya yang mirip dengan layar sebuah kapal.

Carport otomatis untuk lahan sempit

the gazebox is a garage and gazebo in one 024

kanopi carport rumah biaya harga pasang
Digital Trends

Ini merupakan salah satu teknologi yang mampu diterapkan pada lahan yang tak memiliki garasi. Kerangkanya berbahan besi dengan panel polikarbonat. Dioperasikan secara otomatis menggunakan remote, carport ini pun dilengkapi dengan sistem alarm, dan AC.

Selain bergungsi sebagai pelindung mobil dari terpaan cuaca, carport dengan bentuk menyerupai rumah siput ini dapat dijadikan gazebo untuk bersantai. Unik, bukan?

Pelindung mobil dilengkapi pancuran

Satu lagi carport berteknologi unik karena dilengkapi fitur pancuran air. Tekanan air yang cukup kuat akan membersihkan mobil dari segala kotoran dan debu jalanan yang menempel. Mobil dan kendaraan Anda bakal tampil bersih dan memukau setiap hari!

Berapa biaya pasang kanopi untuk carport?

Setelah mengetahui berbagai model kanopi yang inspiratif, mungkin Anda berpikir berapa harga jasa pasang kanopi untuk hunian Anda. Biaya pemasangan kanopi sekitar Rp150,000 per hari untuk satu tukang tergantung dari kuantitas dan kerumitan pemasangan kanopi. Untuk mengetahui harga material per meter persegi dapat dilihat selengkapnya di sini. Materialnya ada dari spandek, polikarbonat, alderon, dan onduline yang selalu update setiap bulannya.

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *