Yuk, Hitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Per Meter Persegi

biaya bangun rumah 2 lantai

Rumah 2 lantai merupakan solusi terbaik untuk pemilik rumah yang menginginkan hunian minimalis yang fungsional. Dalam perencanaan membangun rumah 2 lantai, Anda harus mempersiapkan biaya yang cukup. Pada artikel ini, Tim Sejasa akan menjelaskan rincian biaya bangun rumah 2 lantai sesuai harga bangun dan material di lapangan. Ada contoh RAB nyata juga untuk Anda.

Biaya Jasa Bangun Rumah 2 Lantai

Sudah pasti keberadaan jasa profesional yang sudah berpengalaman, kontraktor maupun tukang, merupakan hal yang paling penting saat membangun rumah. Keberadaan mereka akan membantu Anda, mulai dari proses perencanaan hingga proses pembangunan, secara detail dan menggunakan sudut pandang yang jauh lebih profesional.

Biaya tenaga kerja dapat dihitung per hari maupun borongan.  Bila dihitung harian, perhatikan untuk menjaga jadwal pembangunan agar tepat waktu dan sesuai perencanaan awal agar biaya tenaga kerja tidak melebihi budget awal. Sedangkan bila dihitung borongan, maka upah pekerja akan dihitung per meter persegi.

Untuk biaya sistem harian, harga tukang bangunan berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000 per tukang per harinya — berdasarkan strata dan keahlian tukang yang dapat dibagi menjadi mandor, tukang, dan asisten tukang. Sedangkan biaya bangun rumah dua lantai sistem borongan berkisar antara Rp 1.700.000 – Rp 2.000.000 per meter persegi — berdasarkan kompleksitas bangunan. Anda bebas memilih sistem upah untuk proyek bangun rumah Anda selama sistem upah yang Anda gunakan adalah yang paling efisien dalam hal biaya maupun kualitas pengerjaan.

biaya bangun rumah 2 lantai

Biaya Bangun Rumah 2 Lantai per Meter Persegi

Perhitungan biaya bangun rumah biasa dihitung per meter persegi. Maka, Anda wajib menentukan dahulu seberapa luas rumah yang Anda inginkan sesuai dengan luas tanah yang Anda miliki. Kemudian, tentukan budget per meter persegi luas rumah masa depan Anda. Untuk harga pasarannya, harga borongan rumah 2 tingkat berada di kisaran Rp 4.000.000 – Rp 15.000.000 per meter persegi, biaya ini bersifat sangat relatif di mana akan disesuaikan dengan kompleksitas bangunan dan jenis/merk material (cat, keramik, pintu, dll) yang Anda inginkan. Simak inspirasi rumah 2 tingkat material kaca di sini.

biaya bangun rumah 2 lantai

Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dalam membangun rumah, tentu keberadaan RAB yang lengkap dan jelas akan sangat membantu. Anda bukan hanya mengetahui kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, tapi juga membantu Anda dalam membeli bahan bangunan. Berikut contoh RAB yang dapat membantu Anda dalam mengetahui berapa kisaran biaya bangun rumah 2 lantai!

RAB di atas sudah cukup lengkap bukan? Bila  Anda mempercayakan proyek bangun rumah kepada Sejasa.com, Anda akan mendapatkan konsultasi dan survei lokasi gratis* serta RAB terstandarisasi yang disusun oleh tim ahli kami.

Formulir RAB tersebut kemudian akan diisi oleh beberapa penyedia jasa yang kami pilih untuk kemudian Anda bandingkan dan telaah lebih lanjut. Mudah, bukan? Setelah Anda memilih penyedia jasa bangun rumah terbaik, Anda dapat langsung mengeksekusi proyek bangun rumah Anda! Kunjungi sejasa.com atau unduh aplikasi Sejasa sekarang.

biaya bangun rumah 2 lantai
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.