harga service mesin cuci

Harga Service Mesin Cuci Terbaru April 2024

Membiarkan mesin cuci rusak terlalu lama akan mengganggu produktivitas di rumah. Tentu Anda tidak mau menggosok dan memeras pakaian sendiri, sehingga akan mencari jasa service mesin cuci. Ada baiknya Anda mengetahui kisaran harga service mesin cuci terlebih dahulu. Pada artikel ini, terdapat rincian informasi harga service mesin cuci beserta cakupan layanannya.

DAFTAR HARGA SERVICE MESIN CUCI
Jasa Harga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan* Rp75.000,00
Service Minor (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu, dan Lainnya) Rp150.000,00
Sevice Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus) Rp200.000,00
Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi) Rp250.000,00
Pembersihan Unit Mesin Cuci Secara Menyeluruh Rp250.000,00
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait.
Akan ada tambahan biaya Rp20.000 untuk pemesanan di apartemen.

Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa siap membantu Anda. Garansi 30 hari!

layanan service mesin cuci Sejasa dapat melayani keperluan perbaikan mesin cuci

Apa Saja Cakupan Layanan Service Mesin Cuci?

Berikut rincian layanan service mesin cuci yang disediakan oleh penyedia jasa Sejasa.com:

Pengecekan

Seperti barang elektronik lainnya yang mengalami kerusakan, mesin cuci yang rusak juga perlu dilakukan pengecekan. Pengecekan mesin cuci juga dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tergantung jenis kerusakannya.

Pada mesin cuci yang mati total, teknisi akan memeriksa kabel listrik, sekering, timer, serta kabel yang terhubung ke timer dan dinamo. Bila mesin cuci menyetrum, bagian yang diperiksa ialah adanya kebocoran pada gear box pencuci.

Sementara ketika putaran mesin cuci melemah, bagian vanbeltnya  harus dilihat. Biasanya masalah ini disebabkan karena vanbelt melonggar. Mesin cuci yang tidak mau berputar harus dilihat pada bagian kapasitor dan lilitan dinamonya.

Untuk mesin cuci yang hanya mau berputar satu arah dan tidak mati secara otomatis, dilakukan pengecekan pada bagian timer dan kabelnya. Sementara ketika mesin cuci mengalami kebocoran, bagian yang dicek ialah karet penutup pada bagian pembuangannya.

Perlu diperhatikan, biaya pengecekan di atas hanya dikenakan bila Anda tidak jadi menggunakan layanan servis lainnya.

Service Minor (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu, dan Lainnya)

mesin cuci bukaan depan
Sumber: Freepik

Service minor pada mesin cuci merupakan servis yang dilakukan pada kerusakan-kerusakan kecil. Cara perbaikan service minor tidaklah terlalu rumit. Contoh perbaikan yang dikategorikan sebagai service minor ialah mesin cuci kotor. Sama seperti AC, mesin cuci juga dapat menjadi sarang tumpukan debu. Bila dibiarkan, tentu mesin cuci yang kotor dapat menimbulkan bau. Oleh karena itu, mesin cuci juga perlu dibersihkan.

Selain kotor, contoh service minor lainnya ialah kerusakan pada setting pintu. Masalah ini muncul ketika pintu mesin cuci tidak bisa dibuka atau terkunci secara otomatis. Ada dua hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada pintu mesin cuci. Yang pertama ialah karena kegagalan modul elektronik. Kemungkinan kedua ialah karena kegagalan akibat kerusakan kunci.

Service Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus)

Service major pada mesin cuci meliputi segala jenis perbaikan yang membutuhkan penanganan ekstra. Prosedur pengerjaan service ini lebih rumit dibandingkan dengan service minor. Salah satu contoh kerusakan yang tergolong service major adalah pergantian spare part.

Beberapa contoh spare part pada mesin cuci ialah kapasitor, motor wash, motor spin, serta water level sensor. Kapasitor berfungsi sebagai sumber tenaga mesin cuci ketika melakukan pencucian dan pengeringan. Motor wash berfungsi sebagai pemutar tabung saat proses pencucian.

Motor spin merupakan alat untuk menggerakkan tabung pada proses pengeringan. Water level sensor berfungsi mengatur sedikit banyaknya air yang masuk ke mesin cuci.

Apabila mengalami kerusakan, spare part harus diganti sehingga mesin cuci berfungsi seperti semula. Contoh service major lainnya ialah kabel putus. Biasanya, putusnya kabel mesin cuci disebabkan oleh gigitan tikus. Penanganan kabel yang putus dilakukan dengan cara menyambungkan kembali kabel sesuai warnanya.

Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi)

seseorang sedang mengeluarkan pakaian dari mesin cuci bukaan depan
Sumber: Freepik

Service special merupakan menanganan mesin cuci untuk kondisi-kondisi khusus. Salah satu contohnya ialah pembongkaran mesin cuci. Ketika mengalami korslet, bagian motor mesin cuci akan terbakar. Oleh sebab itu, mesin cuci harus dibongkar untuk mengetahui kondisi motor tersebut.

Contoh lainnya ialah modifikasi mesin cuci. Modifikasi yang biasanya dilakukan ialah mengubah modul mesin cuci otomatis menjadi manual. Mesin cuci otomatis memiliki modul berupa panel digital. Namun, mengganti panel digital yang rusak akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, satu-satunya alternatif termurah ialah mengubah panel digital menjadi manual. Modifikasi ini juga akan mengubah rangkaian listrik pada mesin cuci.

layanan service mesin cuci Sejasa dapat melayani keperluan perbaikan mesin cuci

Share This Article!