mengatasi atap bocor

7 Tips Lengkap untuk Mengatasi Atap Bocor Saat Hujan

Atap bocor saat hujan adalah hal yang perlu diwaspadai bagi setiap pemilik rumah. Saat musim hujan mulai datang, biasanya berlangsung dalam waktu beberapa bulan, sehingga Anda harus mengantisipasi dan melakukan beberapa hal untuk mengatasi kebocoran atap.

Permasalahan atap bocor akan terasa saat air hujan turun dengan deras. Masuknya air hujan melalui atap bocor adalah masalah berbahaya dan sangat mengganggu penghuni rumah. Selain bisa merusak benda-benda di rumah, hal itu juga memicu berkembangbiaknya jamur beracun yang membahayakan.

Anda harus melakukan beberapa hal untuk mengatasi atap bocor. Dengan begitu, keadaan akan lebih terkendali dan meminimalkan kerusakan. Berikut 7 tipsnya untuk Anda:

1. Segera pindahkan barang-barang


Saat mengetahui atap bocor, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memindahkan barang-barang ke tempat yang aman. Jika terjadi kebocoran, barang-barang seperti furniture, tempat tidur, lemari, akan jadi objek pertama yang terkena imbasnya.

Kerusakan akibat air pasti akan menghancurkan barang berharga Anda. Apalagi jika menimbulkan bau jamur yang menyengat. Jadi, saat merasa atap rumah bocor pindahkan barang dengan segera.

2. Sediakan wadah penampung air


Sediakan ember, baskom, handuk, dan hal apapun yang bisa menampung air untuk mengurangi dampak dan kerusakan akibat atap bocor.
Permasalahan atap bocor juga mampu merusak lantai atau ubin keramik Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan wadah penampung air dan ganti secara teratur.

3. Buat lubang pada area bocor yang menonjol


Tonjolan kendur yang menggantung di langit-langit rumah memberi isyarat bahwa ada banyak air terjebak di area tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih serius pada plafon rumah Anda.

Buatlah lubang di area yang kendur tersebut menggunakan obeng. Tusuk titik terendah tonjolan dengan hati-hati, lalu letakkan ember dibawahnya untuk menampung air. Jika kondisi kebocoran cukup parah, Anda bisa membuat beberapa tusukan lubang.

4. Beri terpal atap

interstate roofing

Jika Anda memiliki alasan tertentu sehingga belum bisa segera memperbaiki dan mengatasi atap bocor, terpal adalah pilihan terbaik. Saat keadaan atap cukup aman untuk didaki, tutupi area yang bocor dengan terpal.Jika Anda mengalami masalah dalam menemukan area yang bocor, cobalah untuk menentukannya berdasarkan di mana kebocoran berada di dalam rumah.

Gunakan terpal yang memiliki ketebalan enam milimeter. Pasang terpal dengan minimal empat kaki melintasi area bocor yang bermasalah dan hingga puncak atap. Jika puncak terlalu jauh, selipkan di bawah sirap untuk mencegah air masuk ke bawah terpal. Dengan begitu, area sekelilingnya benar-benar tertutup.

5. Ambil foto untuk dokumentasi asuransi

roundhay roofing

Mendokumentasikan kerusakan rumah seperti atap bocor akan berguna saat Anda mengajukan klaim asuransi. Tidak hanya untuk menunjukkan keparahan kerusakan atap, tapi juga untuk barang-barang lainnya.

Televisi, komputer, kulkas, furniture, atau dapur yang rusak karena atap bocor juga perlu didokumentasikan. Asuransi berpotensi memperbaiki atap dan mengganti barang-barang yang rusak.

6. Panggil tukang atap profesional

mengatasi atap bocor
tlhomeimprove

Permasalahan atap bocor adalah pekerjaan besar yang sebaiknya diatasi oleh ahlinya. Jika makin lama menunggu, maka masalahnya akan makin parah. Untuk itu, panggil tukang untuk menangani permasalahan kebocoran pada atap. Anda bisa memanggil tukang Sejasa untuk membantu menyelesaikan masalah kerusakan atap maupun pemasangan atap baru.

7. Lakukan pemeliharaan atap secara rutinĀ  Ā 

pinterest

Setelah atap rumah Anda diperbaiki oleh tukang dan keadaannya kembali normal, masih ada yang harus dilakukan. Perawatan secara rutin adalah cara terbaik untuk mengontrol keadaan atap.

Berikut adalah beberapa perawatan atap yang bisa dilakukan secara rutin:

  • Memastikan atap dalam keadaan bersih dan terbebas dari genangan air.
  • Memeriksa kerusakan setelah cuaca buruk, seperti lapisan anti bocor dan membran atap.
  • Memastikan selokan dan saluran pembuangan tidak tersumbat oleh dedaunan atau kotoran lainnya. Air harus bisa mengalir dari rumah Anda seperti yang dirancang.
  • Memeriksa pohon yang mungkin tumbuh terlalu dekat dengan atap Anda. Jika ada, potong dahan pohon agar tidak beresiko dan menyebabkan dedaunan menyumbat saluran air.
masalah atap bocor
Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.