hiasan dinding

12 Ide Dekorasi Dinding Ini Bikin Rumah Unik dan Artistik

Dekorasi dinding merupakan salah satu elemen penting dalam interior rumah. Untuk menutupi dinding polos yang terlihat membosankan, Anda bisa memberikan sedikit dekorasi dinding atau hiasan lainnya sehingga ruangan terlihat lebih hidup dan menarik. Beberapa orang memberikan sentuhan artistik pada dinding rumahnya sesuai dengan kepribadian dan selera, seperti kolektor seni atau pecinta buku.

12 Ide Dekorasi Dinding Rumah

Untuk membantu Anda memilih dan menentukan hiasan dinding rumah terbaik, berikut Sejasa.com uraikan kumpulan ide dekorasi dinding rumah sebagai inspirasi untuk dinding rumah Anda.

1. Buat Dinding Galeri

hiasan dinding

champagnechaos.com

Manfaatkan dinding kosong di rumah Anda dengan menampilkan karya seni, foto,Ā  dan hal lainnya. Pilihlah bingkai yang sederhana dan kohesif, atau bisa juga mencampurkan beberapa jenis bingkai.
Tips: Perluas dinding galeri ke langit-langit untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

2. Tambahkan Aksen pada Dinding

hiasan dinding

Ashton Woods

Dekorasi dinding dengan mengecatnya menggunakan warna yang cerah dan berani. Hal ini bisa menghadirkan pola walpaper, stensil, atau teknik cat dekoratif lainnya. Aksen dekoratif ini berpengaruh lebih besar di ruang kecil.

3. Gantungkan Kain Vintage

hiasan dinding

Elle Decor

Hiasan dinding berupa kain bermotif, syal vintage, atau tekstil cantik lainnya. Menggantungkan kain di dinding cukup efektif dan efisien karena lebih mudah untuk dipindahkan daripada lukisan berbingkai.

4. Gunakan Cermin

dekorasi dinding luxcedoideas

Dengan menggantungkan cerminĀ  atau menata cermin di area dinding kosong, akan membantu ruang kecil terasa lebih besar dan lebih terang. Bentuk cerminpun saat ini sudah bervariasi, sehingga penghuni rumah bisa mengkreasikannya sesuai selera masing-masing.

5. Melukis Mural

dekorasi dinding

sianzeng.com

Menambahkan lukisan mural di dinding akan menambahkan kesan berbeda di ruangan tersebut. Anda seolah berada di tempat lain yang berbeda.

6. Pasang Rak Dinding

dekorasi dinding

allybethdesignco

Jika Anda kehabisan ruang untuk rak buku, pasanglah rak dinding lalu susun koleksi buku bersama dengan pajangan, dan hiasan lainnya.

7. Gantung Piring di Dinding

re-fabbed

Piring porselen cantik akan terlihat indah dan elegan saat dipajang di dinding kosong, dibandingkan hanya disimpan di dalam lemari. Anda bisa menggunakan gantungan piring kawat untuk menampilkan piring cantik di dinding.

8. Tambahkan Patung Lilin

dekorasi dinding

architecturaldigest.com

Tempat lilin akan memberikan sumber cahaya ekstra tanpa menghabiskan ruang di lantai atau meja. Menambahkan patung lilin di dinding polos akan membuat ruangan terlihat berbeda dan lebih menarik.

9. Tambahkan Panel Dinding Shiplap

homedepot

Panel Shiplap akan menjadikan ruangan seolah berada di pantai. Ini bisa berfungsi untuk ruangan manapun. Hal yang perlu dipertimbangkan ialah untuk menambahkan papan kayu yang biasanya digunakan sebagai pelapis eksterior.

10. Tambahkan Tanaman Gantung

dekorasi dinding

moveablehome

Tidak semua tanaman harus diletakkan di dalam pot dan dekat dengan jendela. Cobalah gunakan tanaman gantung yang bisa dipasang di dinding untuk mengisi dinding kosong. Dengan begitu, rumah akan terlihat asri dan indah.

11. Manfaatkan Dinding Kosong untuk Penyimpanan

architecturaldigest.com

Jika kekurangan ruang lemari, maka Anda tak perlu bingung lagi. Gunakanlah dinding kosong pada area ruangan untuk memamerkan aksesoris Anda. Pasang pengait atau pegboard, lalu gantung topi dalam satu kelompok.

12. Tambahkan Tekstur dengan Macrame

culturacolectiva.com

Hiasan dinding macrame pada tahun 70-an bisa diterapkan untuk mengisi kepolosan dinding. Tenunan dapat menambah tekstur dan menghangatkan dinding yang kokoh.

Itulah ide hiasan dinding yang bisa memberi sentuhan berbeda pada dinding polos ruangan di rumah. Masing-masingnya bisa diaplikasikan di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, serta kamar mandi. Tinggal disesuaikan dengan selera dan kebutuhan penghuni rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk menghias dinding polos ruangan Anda.

jasa bangun rumah

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published.